Thursday, November 23, 2017
Home / Lain-lain / 8 Tips sukses dan mudah menghadapi Ujian Nasional (UN)

8 Tips sukses dan mudah menghadapi Ujian Nasional (UN)

Tips Sukses Ujian Nasional

8 Tips sukses dan mudah menghadapi Ujian Nasional (UN)
8 Tips sukses dan mudah menghadapi Ujian Nasional (UN)

8 Tips sukses dan mudah menghadapi Ujian Nasional (UN) – Tidak lama lagi teman-teman kita khusunya kelas IX dan XII akan menghadapi Ujian Nasional 2016 yang akan dilaksanakan di bulan april untuk siswa siswi SMA/SMK/MA dan bulan Mei untuk siswa siswi SMP/MTs (Jika tidak ada perubahan jadwal dari informasi awal). Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Ujian Nasional adalah merupakan waktu yang tepat untuk mengetahui kemampuan diri seseorang karena saat itulah hasil belajar kalian dinilai dan dievaluasi, dan terkadang Ujian Nasional menjadi sebuah momok yang menakutkan untuk sebagian siswa siswi sekolah. Nah sebelum waktu itu benar-benar datang, Tips berikut mungkin akan membantu kalian dalam menghadapi Ujian Nasional.

1. Berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa dan jangan lupa minta doa restu kepada kedua orangtua kita.

Setiap keberhasilan pasti tidaklah luput dari keikutsertaan Sang Pencipta didalamnya. Maka berdoalah agar kalian diberi kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi UN nanti. Selain itu, jadikanlah UN sebagai pembuktian kepada orangtua kalian atas kerja keras kalian selama kurang lebih 3 tahun. Oleh karena itu, Jangan lupa minta doa restu orang tua.

2. Belajar Kelompok

Dengan belajar kelompok atau les kalian akan bertemu banyak teman pastinya, disitulah kalian dapat berdiskusi, berbagi informasi dengan teman kalian dalm memecahkan permasalahan soal-soal tertentu dan juga dapat menguatkan motivasi belajar antar sesama. Manfaatkanlah waktu kalian sebaik mungkin untuk belajar kelompok atau mengikuti Les.

3. Memperbanyak latihan soal

Sering- seringlah mengerjakan latihan soal agar dapat membuat kalian terbiasa dengan berbagai macam jenis soal. Dengan banyak latihan soal secara otomatis akan memantapkan materi yang sudah kalian terima sehingga kalian tidak perlu lagi takut untuk menghadapi UN. Manfaatkanlah waktumu sebaik mungkin.

4. Hindari belajar kebut semalam

Untuk mencapai sebuah keberhasilan dan kepuasan membutuhkan sebuah proses, tidak ada yang instan jikaupun ada hasilnya pun kurang memuaskan, begitu pun juga dengan UN. Maka dari itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal mulailah belajar dan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan UN jauh- jauh hari. Janganlah menggunakan sistem belajar kebut semalam karena itu justru akan membuat kalian jarang tidur, tertekan, dan stres. Karena untuk menghadapi UN yang dibutuhkan adalah kondisi badan yang fit dan rileks sehingga akan menghasilkan pemikiran yang jernih. Untuk menjaga kondisi tubuh jangan lupa juga makan makanan yang bergizi.

5. Hindari kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi belajar

Untuk sementara waktu kurangilah atau kalau bisa tinggalkanlah dulu segala kegiatan dan hobi kalian yang bisa mengganggu konsentrasi belajar kalian, diantaranya bermain playstation, bermain, interaksi di sosmed atau menonton televisi. Tapi sesekali bolehlah untuk sekedar menghilangkan kepenatan. Hehehe.

6. Luruskan Niat

Hal sederhana seperti inilah yang biasanya banyak luput dari kebanyakan siswa.Masih banyak diantara siswa yang tidak memiliki orentasi yang jelas. Sekolah hanya asal sekolah saja. Yang penting masuk sekolah,tiga tahun kemudian mendapat ijazah.

Yang seharusnya itu adalah, niatkanlah sekolah ini untuk mencaridan menerima ilmu yang bermanfaat. Sehingga Ujian Nasional bisa kamu anggap sebagai ajang evaluasi diri yang akan menunjukkan seberapa banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa kamu terima selama ini.

Yang pasti mantapkan niat dan kuatkan dulu mental !!!
Gak perlu takut dengan UN dan ingat bahwa:
“Ujian Untuk Menuntut Ilmu Bukan Menuntut Ilmu Untuk Ujian”

7. Memahami SKL atau Kisi-kisi UN

Perlu dingat bahwa waktu kalian tidak banyak lagi. Kurang efektif rasanya jika kamu harus membaca semua materi- materi yang pernah dipelajari dari semester awal pertama masuk ke sekolah.

Fokus saja dengan SKL atau kisi-kisi yang sudah diterbitkan oleh BSNP. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa membuat rangkuman materi dari kisi-kisi tersebut. Ya paling tidak kamu bisa foto copy rangkuman milik teman, download dari internet atau membelinya di toko buku

8. Serahkan Semuanya Pada Tuhan Yang Maha Esa

Manusia hanya bisa berusaha sekaligus berdo’a. Adapun ketetapan semuanya ada ditangan Tuhan Yang Maha Kuasa. Maka bertawakal dan banyak mendekatlah kepada-Nya dengan berbagai ibadah dan kebajikan.

Selain mengulas tips sukses menghadapi UN tang telah tertera diatas di sisni saya juga menulis beberapa hal non tekhnis yang perlu kalian sikapi dan persiapkan untuk menghadapi ujian nasional. Karena hal – hal kecil/sepele seperti ini yang biasanya malah terabaikan dan berakibat fatal yang menyebabkan peserta gagal. Adapun hal- hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan pensil 2B-mu Bermutu dan Staandar UN

Pilihlah pensil 2B yang telah lulus uji scan. Mengapa demikian? Karena banyak pensil yang berlabel 2B yang beredar dipasaran ternyata isinya bukan 2B. Ada yang isinya telalu keras dan ada yang terlalu lunak. Pensil yang terlalu keras menjadikan isian pada LJUN kurang hitam sehingga pemindai (scanner) tidak bisa membacanya. Sebaliknya pensil yang terlalu lunak, sering menghasilkan residu. Residu ini akan mengotori lembar jawab ujian nasional (LJUN) yang memungkinkan terbaca ganda oleh scanner. Yang tidak kalah penting dari itu, pilihlah pensil yang nyaman dipakai. Menurut penelitian, pensil berpenampang segitiga lebih nyaman dipakai daripada yang berpenampang segi enam.

2. Pilihlah karet penghapus yang bermutu

Menghapus pengisian secara tidak sempurna akan meninggalkan bekas. Bekas ini yang terkadang tidak terbaca oleh scanner sehingga oleh scanner dianggap ada dua jawaban. Menghapus terlalu sering , apalagi dengan penghapus yang tidak berkualitas, bisa mengakibatkan LJUN sobek. Jika ini terjadi,berakibat scanner tidak akan bisa membacanya. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan penghapus karet khusus UN yang berkualitas baik yang bisa dicari di toko- toko perlengkapan sekolah dan kantor di sekitar tempat kalian yang terdekat.

3. Pakailah penggaris UN yang Bermal

Usahakan mengisi setebal mungkin pada LJUN, tetapi jangan sampai keluar batas. Isian yang tidak tebal mengakibatkan tidak terbaca oleh scanner. Sementara itu, walaupun isian sudah tebal, tetapi keluar batas, akan terbaca ganda. Akibatnya sama, jawaban dianggap salah. Untuk itu, gunakan penggaris khusus UN yang memiliki mal untuk mengisi LJUN.

4. Gunakan Alas LJUN

Tidak bisa dipungkiri bahwa fasilitas di beberapa sekolah terkadang tidak semuanya baik salah satu fasilitas penunjang proses pembelajaran dikelas diantaranya meja. Perlu kalian ketahui meja yang tidak rata menyebabkan rasa tidak nyaman saat mengisi bulatan pada LJUN. Yang lebih fatal lagi, LJUN bisa berlubang. LJUN yang berlubang berakibat rusaknya LJUN dan secara otomatis tidak terbaca oleh scanner. Untuk mengantisipasi hal tersebut, gunakan alas LJUN yang berkualitas baik.

Nah itulah Tips sukses dan faktor- faktor non teknis dalam Menghadapi Ujian Nasional 2016. Semoga tips- tips diatas ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda dirumah atau di sekolahan . dan tidak lupa juga kritik dan saran kalian. Terimakasih suadah mampir di blog saya 

Pencarian Terkait:

  • Faktor yang bisa mendorong seseorang niat belajar dalam menghadapi un
  • teks pidato sukses un

Check Also

Belajar Dialog Expressing Surprise and Amazement

Belajar Dialog Expressing Surprise and Amazement

Expressing surprise and amazement -Belajar Dialog Expressing Surprise and Amazement-Expressing surprise and amazement adalah pola …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!