Pengertian Passive Voice dan Contoh Kalimatnya

Posted on

Pengertian Passive Voice dan Contoh Kalimatnya– Dalam artikel-artikel sebelumnya kita telah mempelajai berbagai jenis tenses (Simple Present Tense, Simple Past Tenses, Future Tense dll.), dan kita juga sudah belajar cara membuat kalimatnya juga. Dalam Bahasa Inggris ada dua jenis kalimat yaitu kalimat aktif (Active Voice) dan Kalimat pasif (Passive Voice), untuk contoh-contoh yang saya berikan pada artikel sebelumnya adalah kalimat-kalimat aktif. Pada kesempatan kali ini akan saya ulas juga tentang kalimat pasif (Passive Voice).

Pengertian Passive Voice dan Contoh Kalimatnya
Pengertian Passive Voice dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Passive Voice

Sebelumnya mungkin kamu pernah mendengar tentang passive voice ini, akan tetapi tidak semua orang akan mengerti apa yang dimaksud dengan kaliamt ini, dengan begitu saja. Maka dari itu penting untuk kamu, sebelum mengenal contohnya, untuk mengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kalimat passive voice ini. Sebenarnya ada banyak cara yang mudah, jika kamu ingin mempelajari kalimat ini.

Untuk pengertiannya, kalimat passive voice adalah kalimat yang merupakan salah satu jenis kalimat passive, atau dalam bahasa Indonesia sering diartikan sebagai kalimat yang tidak langsung. Bisa jadi bahwa kalimat ini, merupakan salah satu bentuk dimana subjeknya menerima aksi, bukan seseorang yang melakukan aksinya. Sehingga ketika kamu ingin menggunakannya, kamu harus tahu bahwa bukan kamulah yang akan melakukan aksi.

Fokus dari kalimat ini, terdapat pada pihak atau objek yang menerima hasil atau dampak dari aksi tersebut. Dalam passive voice ini, subjek pada kalimat adalah sebagai penerima aksi bukan yang melakukan aksi. Sedangkan dalam aktif voice, semuanya akan berbalik bahwa orang yang melakukan aksi adalah subjeknya. Yang menerima aksi dalam active voice, sering kali dikatakan sebagai recivier of action disini.

Mempelajari passive voice bukanlah suatu hal yang sulit, kamu bisa mempelajarinya dengan mudah melalui beberapa cara. Sehingga ada banyak sekali panduan mudah, yang bisa kamu gunakan ketika akan mempelajari passive voice ini. Sebenarnya semuanya hanya harus memperhatikan aturan utama, bahwa subjeknya bukanlah yang menerima aksi dari apa yang disebabkan, sebagai aturan utama dari hal ini.

Penting Mempelajari Passive Voice sejak saat ini

Ketika kamu berfikir bahwa mempelajari passive voice bukanlah hal penting untuk saat ini, tentunya semua itu merupakan hal yang salah. Pasalnya jika kamu ingin menguasai bahasa Inggris, meskipun passive voice bukanlah materi dasar yang mudah untuk dipelajari, maka kamu harus membutuhkan niat yang tinggi untuk menguasainya. Mau tidak mau, passive voice akan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa, mempelajari passive voice memang sering dimulai, ketika kamu memasuki jenjang SMP untuk memulai pembelajaran ini. Mungkin, untuk mengantisipasi ketertinggalan, kamu bisa memulai untuk mempelajari kalimat ini sejak dini, sehingga nantinya kamu bisa lebih menguasainya. Tidak ada salahnya jika kamu memang mempelajarinya, dengan mempelajari materinya.

Dalam mempelajari kalimat passive voice, kamu harus tahu bahwa ada beberapa cara untuk mempelajari kalimat ini, semuanya juga bergantung pada cara kamu untuk mempelajarinya. Jangan sampai kamu tertinggal untuk mempelajarinya, hanya karena kamu tidak menyukai tentang kalimat ini. Ada beberapa cara yang bisa kamu ambil untuk mempelajarinya, dengan melihat contoh dari kalimat passive voice ini.

Hal-hal Diperhatikan Ketika Membuat Kalimat Passive Voice?

Membuat sebuah kalimat passive voice, memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, pastinya kamu harus mengetahui aturan yang memang terdapat didalamnya. Dengan demikian kamu bisa menjadi lebih mudah untuk mempelajarinya, disinilah kamu harus tahu bahwa, pembelajaran mengenai passive voice haruslah dibarengi dengan grammar yang baik sebagai salah satu modal utama pembelajaran.

Ketika kamu akan mempelajari passive voice, past tense merupakan salah satu jenis grammar yang akan kamu gunakan, dengan menggunakan paduan untuk melakukannya. Maka dari itu kamu harus tahu, jika kamu sebelumnya harus sudah menguasai apa yang dimaksud dengan past tense. Sehingga nantinya pembelajaran bisa menjadi lebih mudah dan cepat, dengan menguasai grammarnya terlebih dahulu.

Setelah menguasai past tensenya, kamu bisa melanjutkan pembelajaran selanjutnya. Karena dengan membuat kalimat ini, kamu akan menggunakan past tense sebagai salah satu aturan utama, untuk membuat kalimat yang memang cocok untuk digunakan didalamnya. Dengan demikian, kamu harus mengetahui bahwa, dengan mempelajari kalimat ini grammar kamu bisa menjadi jauh lebih baik lagi.

Rumus Passive Voice berdasarkan Tenses

Rumus Umum Passive Voice
S + Auxilary + Verb III (past participle) + By Agent

Keterangan :
S              : Subjek (diambil dari objek daalm kalimat aktif)
Auxilary : is, am, are , was ,were,will, can,dll
Verb III : Kata kerja bentuk III dalam bahasa Inggris
By agent : Pelaku yang dikenai aksi

Catatan: Auxilary ada dua jenis yaitu Primary Auxilary verb/tobe (is, am, are,dll) dan modal Auxilary verb (will, can, dll)

1. Simple Present Tense

Rumus:
S + tobe (is, am,are ) + Verb III + By agent

Contoh:

  • Active Voice : Arnik writes a letter. (Arnik menulis surat)
  • Passive Voice: A letter is written by Arnik. (Sebuah surat ditulis oleh Arnik)
  • Active Voice : The boy kicks the ball. (Anak laki-laki itu menendang bola)
  • Passive Voice: The ball is kicked by The boy. (Bola itu ditentang oleh anak laki-laki itu)

2. Simple Past Tense

Rumus:
S + tobe (was/were ) + Verb III + By agent

Contoh:

  • Active Voice : Budi called Andi. (Budi menelpon Andi)
  • Passive Voice: Andi was called by Budi. (Andi di telpon oleh Budi)
  • Active Voice : They cleaned a room. (Mereka membersihkan sebuah ruangan)
  • Passive Voice: A room were cleaned by them. (Sebuah ruangan dibersihkan oleh mereka)

3. Present Future Tense

Rumus:
S + modal (will/shall) + be + Verb III + By agent

Contoh:

  • Active Voice : I will clean the class. (Saya akan membersihkan kelas itu)
  • Passive Voice: The class will be cleaned by me. (kelas itu akan saya bersihkan)
  • Active Voice : he is going to buy fried rice tonight. (Dia akan membeli fried rice malam nanti)
  • Passive Voice: Fried rice is going to be bought by him tonight. (Nasi goreng akan dibeli olehnya nanti malam)

4. Present Continuous Tense

Rumus:
S + tobe (is,am,are ) + being + Verb III + By agent

Contoh:

  • Active Voice : My mother is washing clothes. (Ibu saya sedang mencucu pakaian)
  • Passive Voice: Clothes are being washed by My mother [her]. (Pakain sedang dicuci oleh ibuku)
  • Active Voice : My father is drinking a glass of water. (Ayah saya sedang minum segelas air)
  • Passive Voice: A glass of water is being drunk by him. (Segelas air sedang diminum ayahku)

5. Past Continuous Tense

Rumus:
S + tobe (was/were ) + being + Verb III + By agent

Contoh:

  • Active voice : We were learning Procedure Text last week. (Kita sedang mempelajari Procedure Text minggu kemarin)
  • Passive Voice: Procedure Text were being learned by us last week. (Procedure Text sedang dipelajari oleh kita minggu kemarin)
  • Active voice : Mr. Ahmad was studying English last night. (Tuan Ahmad sedang belajar Bahasa Inggris tadi malam)
  • Passive Voice: English was being studied by him last night. (Bahasa Inggris sedang dipelajari oleh Mr. ahmad tadi malam)

6. Present Perfect Tense

Pengertian Passive Voice (sentence) dan Contoh Kalimat
Pengertian Passive Voice (sentence) dan Contoh Kalimat

Rumus:
S + modal (has/have) + been + Verb III + By agent

Contoh:

  • Active Voice : She has finished English’s home work. (Dia telah menyelesaikan pekerjaan rumah Bahasa Inggris)
  • Passive Voice: English’s home work has been finished by her. (Pekerjaan rumah Bahasa Inggris telah diselesaikan olehnya)
  • Active voice : They have cleaned the school hall. (Mereka telah membersihkan halaman sekolah itu)
  • Passive Voice: The school hall have been cleaned by them. (Halaman sekolah telah dibersihkan oleh mereka)

 

BACA : 50 contoh kalimat passive voice simple present dan terjemahanya

Contoh lain Untuk Kalimat Passive Voice beserta pembahasanya

Ada beberapa contoh untuk kalimat passive voice, yang memang bisa kamu gunakan sebagai salah satu referensi. Didalam contoh ini, ada beberapa situasi dan kondisi yang bisa kamu gunakan, untuk melakukan sebuah penulisan menggunaan kalimat ini. Dengan demikian kamu bisa menjadi lebih cepat, untuk menguasai jenis kalimat ini dengan menggunakan kalimat past tense yang sudah kamu kuasai tadi.

1. The house is cleaned by Manda twice a week.
Artinya: rumah dibersihkan oleh Manda seminggu dua kali.
Dalam kondisi ini, Manda merupakan salah satu orang yang melakukan aksi, sedangkan orang yang menceritakannya hanya menjadi salah seorang yang menceritakan kejadian tersebut. Dengan demikian kamu bisa mengganti subjek atau objek dalam kalimat ini, ketika akan membuat sebuah contoh kalimat menggunakan pasive voice.

2. Right now, the book is being read by Chacha.
Artinya: saat ini, buku sedang dibaca oleh Chacha.
Kalimat ini bisa kamu gunakan, ketika ada seseorang yang akan meminjam buku kamu, akan tetapi buku yang kamu miliki sedang digunakan oleh orang lain. Maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan kalimat ini, sebagai salah satu cara menjawab menggunakan passive voice yang baik dan juga benar.

3. The Bike was repaired by Roni yesterday.
Mobil telah diperbaiki oleh Roni kemarin.
Ketika kamu akan mengatakan sesuatu yang sudah dilakukan, juga ingin mengatakannya pada hari berikutnya. Maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan aturan penulisan ini, sehingga kalimat pasisve voice yang kamu sampaikan memang benar. Dengan menggunakannya, kamu bisa menjadi lebih mengerti, untuk menjelaskan apa yang sudah dilakukan seseorang kemarin.

4. That department store has been visited by many people.
Artinya: department store itu sudah banyak dikunjungi oleh banyak orang.

Faktanya ketika kamu sedang atau akan mengatakan sesuatu mengenai sebuah subjek, maka kamu bisa mencoba untuk mengatakannya menggunakan kalimat ungkapan ini. Sehingga kamu bisa menjadi lebih mengerti, tentang bagaimana cara untuk mengatakan hal ini dengan jauh lebih baik lagi.
5. All leassons should be learnt by students.
Artinya: semua pelajaran harus dipelajari oleh semua murid.
Kalimat ini bisa digunakan ketika kamu akan mengungkapkan, sebuah ungkapan menggunakan kalimat passive voice, pastinya kalimat ini memiliki subjek yang banyak. Dengan demikian ketika menuliskannya, kamu harus menambahkan s pada akhir kalimat.
Ada banyak lagi beberapa contoh yang bisa digunakan, untuk menjelaskan tentang kalimat ini, sehingga kamu bisa menjadi lebih paham. Dari beberapa contoh yang ada, kamu bisa mencoba untuk menggunakan kalimat tersebut, dengan mengganti beberapa subjek atau objek yang ada pada kalimat tersebut.

Latihan Soal Passive Voice

Change these sentences into Passive Voice! (Ubahlah kalimat-kalimat dibawah ini kebentuk Passive Voice!)

Questions!

  1. My dad read a Novel. (Ayah saya membaca sebuah novel)
  2. The teacher explained a lesson. (Guru itu menjelaskan sebuah materi pelajaran)
  3. Siska cooks fried noodle. (Siska memasak mi goreng)
  4. Dina borrows a book. (Dina meminjam sebuah buku)
  5. She will bring a flower. (Dia akan membawa sebuah bunga)
  6. The doctor is giving a recipe. (Dokter itu sedang memberikan sebuah resep)
  7. They were eating meatball last night. (Mereka sedang makan bakso tadi malam )
  8. He has watched the movie. (Dia telah menonton film itu)
  9. He puts the key on the Television. (Dia menaruh kunci itu diatas televisi)
  10. My grandma isn’t cooking fish.(Nenek saya tidak sedang memasak ikan )

Answers!

  1. A novel is read by him. (Sebuah novel dibaca olehnya)
  2. A lesson was explained by the teacher. (Sebuah materi pelajaran dejelaskan oleh guru itu)
  3. Fried noodle is cooked by her. (Mie goreng dimasak dia)
  4. A book is borrowed by Dina. (Sebuah buku di pinjam oleh Dina)
  5. A flower will be brought by her. (Sebuah bunga akan dibawa oleh dia)
  6. A recipe is being given by the doctor. (Sebuah resep sedang diberikan oleh dokter itu)
  7. Meat ball were being eaten by them last night. (Bakso sedang dimakan mereka tadi malam)
  8. The movie has been watched by him. (Film itu telah ditonton dia )
  9. The key is put by him on the television. (Kunci itu diletakkan dia di atas televisi)
  10. Fish isn’t being cooked by her. (Ikan tidak sedang dimasak oleh nenek saya)

Sekian penjelasan tentang Passive Voice dan contohnya. Semoga bermanfaat bagi kalian. Terima Kasih telah berkunjung di blog ini.

Pencarian Terkait:

  • contoh passive sentence
  • suara pasif
  • contoh kalimat passive sentence
  • artikel contoh kalimat passive voice
  • contoh passive sentences
  • pengertian passive voice
  • pengertian passive sentence
  • https://englishclas com/pengertian-passive-voice-sentence-dan-contoh-kalimat/
  • apa itu suara pasif
  • passive sentence adalah
  • contoh suara pasif
  • materi passive sentence
  • Kalimat passive sentence
  • contoh kalimat passive
  • pengertian passive sentences
  • kalimat pasive sentences
  • contoh kalimat passive sentences
  • dialog passive voice
  • penjelasan tentang passive voice
  • pengertian sentences into passive vice
  • cara membuat passive sentences
  • contoh change the following sentences into passive voice
  • membuat passive voice
  • kalimat future a little boy is kicking the balls now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *