Friday, November 24, 2017
Home / Kinds Of Text / Penjelasan singkat 13 jenis Teks dalam Bahasa Inggris

Penjelasan singkat 13 jenis Teks dalam Bahasa Inggris

KINDS OF TEXT

Penjelasan singkat 13 jenis Teks dalam Bahasa Inggris
Penjelasan singkat 13 jenis Teks dalam Bahasa Inggris

Penjelasan singkat 13 jenis Teks dalam Bahasa Inggris – Halo sobat EC? Are you ready go on to study English? Masih semangat untuk belajar Bahasa Inggris Bukan? Pada Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Kinds of English Text atau macam-macam text dalam Bahasa Inggris. Dalam pelajaran Bahasa Inggris Ada 13 Macam/Jenis Text atau type of text yang sering kita temui, khususnya dalam Lesson Reading (Membaca). Dalam Bahasa Inggris jenis-jenis teks tersebut dijadikan sebagai bahan pembelajaran dalam Bahasa Inggris. Pengklasifikasian Kinds of Text dalam bahasa Inggris dipengaruhi dalam beberapa hal, antaranya: Tujuan teks (Purpose) tersebut, fungsi teks (Function), (Generic Structure) atau struktur kebahasaan yang dipakai, dan yang terakhir ciri-ciri kebahasaan (Language Feature).

Terdapat 13 macam teks bahasa Inggris yang kita sering temui, walaupun sebenarnya masih ada jenis teks lain. Diantaranya adalah; Narrative Text, Descriptive Text, Recount Text, Report Text, Analytical Exposition Text, Hortatory Exposition Text, Procedure Text, Explanation Text, Discussion Text, News Item Text, Spoof Text Review Text, Anecdote Text. Dari beberapa jenis text diatas biasa dipakai untuk materi pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di semua tingkatan (biasanya terdapat pada materi tingkat SMP-SMA).

1. Narrative Text
2. Recount Text
3. Procedure Text
4. Report Text
5. Analytical Exposition Text
6. Hortatory Exposition Text
7. Explanation Text
8. Descriptive Text
9. Discussion Text
10. News Item Text
11. Review Text
12. Anecdote Text
13. Spoof Text
Berikut penjelasan singkat tentang ke 13 Teks di atas;

1. DESCRIPTIVE TEXT

Descriptive text adalah sebuah text dalam Bahasa inggris yang digunakan untuk menggambarkan suatu objek (benda,orang, atau tempat) dalam bahasa Inggris.

Generic Structure Descriptive Text
Didalam Generic Structure Descriptive Text ada 2 bagian;

Identification: Dalam bagian ini berisi penggambaran secara singkat mengenai objek yang akan kita                                   gambarkan/deskripsipkan.
Description: Dalam bagian berisi deskripsi/gambaran mengenai objek yang kita amati (penjabaran                                   dari bagian Identification).

2. NARRATIVE TEXT

Narrative Text adalah sebuah text yang berfungsi untuk menceritakan sebuah kisah/cerita di masa lampau dan bertujuan sebagai penghibur.

Generic Structure Narrative Text
Ada beberapa bagian dalam Generic Structure Narrative Text, yaitu;
Orientation: Dalam bagian ini berisi pegenalan cerita yang akan ceritakan,adapun pengenalanya                                       mengenai tempat dan tokoh dalam cerita.
Complication: Dalam bagian ini berisi cerita yang sedang terjadi pada cerita tersebut. biasanya juga                                     ditandai dengan munculnya sebuah konflik/masalah dalam cerita.
Resolution : Dalam bagian ini berisi akhir/ending pada cerita, yang biasanya ditandai dengan                                             selesainya sebuah konflik dalam cerita (Pemecahan masalah)
Reorientation: Pada bagian ini berisi kesimpulan dalam cerita.

3. REPORT TEXT

Report Text adalah sebuah text dalam Bahasa Inggris yang didalamnya berisi mengenai sebuah informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan. Informasi tersebut bisa tentang apa saja yang terjadi.

Generic Structure Report Text
Didalam Generic Structure Report Text ada 2 bagian;

General Classification: Dalam bagian ini berisi klasifikasi secara umum mengenai sesuatu yang                                                              akan kita laporkan dalam teks tersebut.
Description: Pada bagian ini si penulis (writer) mulai mendeskripsikan/menggambarkan apa yang                                   sebenarnya terjadi.

4. RECOUNT TEXT

Recount Text adalah sebuah text dalam Bahasa Inggris yang mrempunyai fungsi menjelaskan/menceritakan sebuah cerita di masa lalu. Recount text berbentuk Past Tense atau lampau.

Generic Structure Recount Text
Ada beberapa bagian dalam Generic Structure Recount Text, yaitu;
Orientation: Didalam bagian ini berisi paragraf pembuka dari suatu text, berisi pengenalan terlebih                                 dahulu (Pembukaan/ awal sebuah cerita).
Events: Dalam bagian ini mulai menceritakan peristiwa atau pengalaman apa yang sudah dialami                            (urutan sebuah cerita).
Reorientation: Dalam bagian ini berisi sebuah kesimpulan terhadap isi cerita tersebut.

5. PROCEDURE TEXT

Procedure Text adalah sebuah text dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menjelaskan/menceritakan cara-cara atau tahap-tahap membuat sesuatu baik benda atau yang lainya. In English (How to make or How to do something).

Generic Structure Procedure Text
Ada beberapa bagian dalan Generic Structure Procedure Text, yaitu;
Aim/Goal: Dalam bagian ini berisi tentang pemaparkan tujuan dari proses pembuatan/melakukan                                 sesuatu.
Materials/ Equipment: Dalam bagian ini berisi barang-barang atau benda (alat) yang akan                                                                     digunakan untuk membuat/ melakukan sesuatu.
Steps: Dalam bagian ini berisi langkah-langkah atu cara-cara dalam membuat atau melakukan                                sesuatu.

6. ANALYTICAL EXPOSITION

Analytical Exposition adalah sebuah teks dalam Bahasa Inggris yang berisi tentang suatu pendapat (argumentation text). Tujuan dari jenis teks ini adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang disajikan adalah topik yang penting untuk dibahas atau mendapat perhatian dengan cara pemberian argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok atau topik tersebut.

Generic Structure Analytical Exposition
Ada beberapa bagian dalam Generic Structure Analytical Exposition Text, yaitu;
1. Thesis: Dalam bagian ini memperkenalkan tentang topik atau ide pokok yang akan dibahas. Thesis                         terletak di paragraf pertama dalam Analytical Exposition Text.
2. Argument: Dalam bagian ini penulis memberikan argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang                                mendukung ide pokok penulis.
3. Reiteration: Bagian ini merupakan bagian penutup dari sebuah Analytical Exposition Text yang                                        selalu terletak di akhir paragraf.

7. HORTATORY EXPOSITION

Hortatory Exposition Text adalah teks dalam Bahasa Inggris yang disusun berdasarkan pemikirin/ide penulis terhadap suatu gagasan yang ditujukan untuk memberi nasihat atau saran kepada Si Pembaca.

Generic Structure Text Hortatory Exposition
Seperti jenis teks lainya dalam bahasa Inggris yang mempunyai pola penyusunan pemaknaan yang diwujudkan dengan paragraf per paragraf, sebuah contoh hortatory exposition akan diatur berdasarkan unsur berikut:
1. Thesis: Dalam bagian ini berisi gagasan atau teory yang sedang disampaikan oleh si penulis
2. Arguments: Dalam bagian ini berisi tentang sebuah thesis, kemudian disampaikan beberapa                                              argumen atau alasan yang mendukung terhadap pemikiran si penuis tersebut.
3. Recommendation: dalam bagian ini adalah bagian terakhir yang paling membedakan antara jenis                                                teks exposition yang satu dengan lainnya, dimana penulis perlu memeberikan                                                  sebuah recommdasi yang seharusnya atau tidak seharusnya dilakukan oleh                                                      pembacanya.

8. REVIEW TEXT

Review Text adalah sebuah text dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk memberikan komentar atau mengevaluasi mengenai suatu produk tertentu.

Generic Structure Review Text
Ada beberapa bagian dalam Generic Structure Review Text, yaitu;
Orientation: Dalam bagian ini berisi pengenalan mengenai sesuatu yang akan kita review tersebut.
Interpretation: adala bagian ini berisi interprestasi atau penilaian terhadap sebuah produk yang                                             akan kita review.
Evaluation: Dalam bagian ini berisi evaluasi dan komentar terhadap sesuatu hal.

9. EXPLANATION TEXT

Explanation Text adalah sebuah text dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menjelaskan terjadinya suatu hal secara jelas dan lengkap.

Generic Structure Explanation Text
Ada beberapa bagian dalam Generic Structure Explanation Text, yaitu;
Tittle: Dalam bagian ini berisi judul atau tema yang akan kita jelaskan.
Definition: Dalam bagian ini berisi definisi terhadap text tersebut.
Description : Dalam bagian ini berisi deskripsi terhadap sesuatu hal tersebut
Process: Dalam bagian ini berisi penjelasan mengenai proses yang sedang terjadi.
Application: Dalam bagian ini berisi pengaplikasian nya atau penerapanya.

10. ANECDOTE TEXT

Anecdote Text adalah sebuah text dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menceritakan hal-hal yang ganjil yang terjadi pada masa lampau. Anecdote juga berfungsi untuk memberikan hiburan kepada pembacanya (entertain the reader).

Generic Structure Anecdote Text
Ada beberapa bagian dalam Generic Structure Anecdote Text, yaitu;
Abstract : Dalam bagian ini berisi awal cerita terjadinya suatu peristiwa
Orientation: Dalam bagian ini berisi tentang setting atau latar terjadinya suatu peristiwa.
Crisis: Dalam bagian ini berisi keganjalan yang terjadi pada cerita tersebut.
Reaction: Dalam bagian ini penulis mulai mengakhiri keganjilan yang terjadi.
Coda: Dalam bagian ini berisi kesimpulan atau amanat dalam cerita.

11. SPOOF TEXT

Spoof Text adalah sebuah text dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menjelaskan peristiwa atau kejadian lucu yang terjadi pada masa lampau.

Generic Structure Spoof Text
Ada beberapa bagian dalam Generic Structure spoof Text, yaitu;
Orientation : Pada bagian ini berisi pengenalan terhadap cerita tersebut
Event : Pada bagian ini berisi tentang penjabaran cerita dari yang akan diceritakan
Twist: Pada bagian ini berisi ending atau akhir dari cerita tersebut.

12. NEWS ITEM TEXT

News Item Text adalah sebuah text dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menyajikan/memaparkan sebuah berita yang sedang Hot. Tujuan nya yaitu untuk memberikan informasi yang terjadi.

Generic Structure News Item
Ada beberapa bagian dalam Generic Structure News Item Text, yaitu;
Main event: Dalam bagian ini berisi tentang berita utama mengenai suatu hal yang terjadi.
Background : Dalam bagian ini berisi dari mana peristiwa tersebut terjadi
Source :  Dalam bagian ini berisi sumber dari mana berita tersebut berasal.

13. DISCUSSION TEXT

Discussion Text adalah sebuah text dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk memaparkan suatu diskusi atau perdebatan akan suatu tema atau masalah yang terjadi. Dalam teks ini muncul Pro dan Kontra sesuai tema yang dibicarakan.

Generic Structure Discussion Text
Ada beberapa bagian dalam Generic Structure Discussion Text, yaitu;
Issue : Dalam bagian ini berisi tentang isu yang terjadi saat ini
Arguments: Dalam bagian ini berisi alasan-alasan mengenai tema yang di bahas.
Elaboration : Dalam bagian ini mengungkapkan pendapat mana yang akan dipilih
Conclusion: Dalam bagian ini berisi kesimpulan terhadap tema yag sedang diangkat.

Sekian Sobat EC tentang 13 teks dalam Bahasa Inggris beserta penjelasan singkatnya. Untuk lebih detail tentang masing-masing teks tersebut. Silahkan sobat masuk ke tiap-tiap materi yang terdaftar diatas. Terima kasih…… 😉

Pencarian Terkait:

  • macam macam teks dalam bahasa inggris
  • jenis jenis teks dalam bahasa inggris
  • https://englishclas com/penjelasan-singkat-13-jenis-teks-dalam-bahasa-inggris/
  • 13 jenis teks dalam bahasa inggris beserta contohnya
  • Jenis teks bahasa inggris

Check Also

Penjelasan Spoof dan Contoh beserta Terjemahanya

Penjelasan Spoof dan Contoh beserta Terjemahanya

SPOOF TEXT 1. Definition/ Pengertian Spoof Text Spoof Text adalah Jenis teks dalam Bahasa Inggris …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!