Belajar Jam dalam Bahasa Inggris

Posted on

 

Belajar Jam Dalam Bahasa Inggris
Belajar Jam Dalam Bahasa Inggris

Belajar Jam dalam Bahasa Inggris – Bahasa Inggris merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari pada saat ini. Hal ini karena bahasa Inggris telah menjadi bahasa Internasional, sehingga dapat berguna sebagai alat komunikasi antar masyarakat yang memiliki kewarganegaraan yang berbeda.

Belajar Bahasa Inggris

Ada berbagai macam keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan belajar bahasa Inggris. Keuntungan tersebut antara lain jika kamu lancar atau dapat dikatakan jago dalam bidang bahasa Inggris, tentunya karir akan semakin terbuka lebar. Saat ini tak sedikit perusahaan yang mengutamakan karyawannya yang fasih dalam bahasa Inggris.

Selain itu bahasa Inggris juga sangat bermanfaat buat kamu yang berkeinginan kuat untuk melanjutkan studi dengan beasiswa, studi lanjut atau bahkan bersekolah di luar negeri. Dalam pengambilan beasiswa biasanya para pendaftar akan diminta untuk memenuhi syarat, yakni setidaknya telah lolos dalam tes bahasa Inggris seperti halnya TOEFL, TOIEC, IELTS.
Sebenarnya sudah sedari kecil kita belajar bahasa Inggris, namun tak menutup kemungkinan jika pembelajaran tak dilakukan secara konsisten sehingga lupa akan ilmu yang telah diserap. Jika sudah begini, sudah saatnya kamu belajar kembali,

Belajar Jam dalam Bahasa Inggris.

Ketika memutuskan untuk belajar bahasa Inggris, ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan untuk menunjang pembelajaran seperti kamus Inggris, aplikasi tentang belajar bahasa Inggris maupun web-web yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Inggris.

Beberapa alat tersebut ada yang berbayar, namun ada yang gratis. Jika kamu ingin berhemat tak ada salahnya untuk memilih yang gratis, namun jika kamu menginginkan kelengkapan fitur dan segi kualitas pembelajaran kamu bisa memilih yang premium atau berlangganan.
Kamu dapat memulai belajar dalam bahasa Inggris, mulai dari materi yang paling sederhana seperti belajar jam. Meskipun kelihatannya terdengar mudah, namun sebenarnya materi tentang jam dalam bahasa Inggris cakupannya cukup luas dan detail.

Pada ulasan kali ini akan membahas tentang cara membaca maupun menulis jam dalam bahasa Inggris. Sistem waktu dalam bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia sangatlah berbeda, jika dalam bahasa Indonesia sistem waktu ada selama 24 jam dengan rentan penulisan angka (1 hingga 24), sementara di bahasa Inggris menggunakan sistem P.M (Post Meridiam) dan A.M (Ante. Meridiam)
Terdapat beberapa cara dalam membaca jam dalam bahasa Inggris, agar tidak keliru, maka kamu dapat memperhatikan penjelasan sebagai berikut :

1. Membaca Jam Secara Formal

Membaca jam secara formal dalam bahasa Inggris, terbagi ke dalam beberapa teknik yaitu sebagai berikut :

a. Menggunakan O’clock
O’clock berasal dari singkatan “Of the clock”, yang memiliki makna tepat waktu. Dalam bahasa Inggris “Of the clock” mengarah ketika jarum panjang menunjukan ke angka 12. Adapun cara pengucapannya yakni angka kemudian diikuti kata o’clock
Misalnya:
– 05.00 dibaca “Five o’clock.”
– 06.00 dibaca “Six o’clock.”
– 09.00 dibaca “Nine o’clock.”

b. Penggunaan Quarter Past
Quarter past digunakan ketika jarum panjang menunjuk ke angka 3. Cara membacanya adalah angka diikuti quarter past.
Misalkan,sebagai berikut:
– 04.15 dibaca “Quarter past four.”
– 08.15 dibaca “Quarter past eight.”
– 06.15 dibaca “Quarter past six.”

c. Penggunaan Quarter To
Dalam menggunakan Quarter to adalah kebalikan dari Quarter past, biasanya digunakan ketika jarum panjang jam menunjukan ke angka 9, namun cara membacanya tetap sama hanya kata “Past diganti dengan “Ten.”
Misalnya, sebagai berikut:
– 10.45 dibaca “Quarter to eleven” atau “A quarter to eleven.”
– 8.45 dibaca “Quarter to eight” atau “A quarter to eight.”
– 6.45 dibaca “Quarter to six” atau “A quarter to six.”

d. Menggunakan Half ast
Penggunaan “half past” yakni ketika jarum panjang menunjuk ke arah angka 6. Cara membacanya hampir sama yakni “half past ditambah angka.”
Contohnya, yaitu
– 02.30 dibaca “Half past two.”
– 03.30 dibaca “Half past Three.”
– 01.30 dibaca “Half past one.”

2. Membaca Jam Secara Informal

Pelafalan secara informal biasanya digunakan untuk percakapan yang memiliki kesan lebih santai, dimana orang-orang yang berinteraksi mempunyai umur yang rentangnya sama.
Cara membaca jam secara informal dapat kamu lakukan dengan mengatakan jam yang diikuti dengan menitnya, misalkan:
– 2.16: “Two sixteen.”
– 7.17: “Seven seventeen.”
– 8.19: “Eight nineteen.”

Langkah Penulisan Jam dalam Bahasa Inggris

Terdapat beberapa aturan penulisan jam dalam bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain:
Keterangan siang untuk a.m dan p.m dilakukan dengan menuliskan huruf kecil seperti 6 a.m. Ada informasi tambahan mengenai a.m maupun p.m, a.m menunjuk pada arti “Ante Meridiem” yang digunakan untuk jam mulai dini hari hingga sebelum pukul 12 siang. Sementara p.m menunjuk arti “Post Meridiem” yang digunakan untuk menunjukan jam mulai 12 siang hingga sebelum jam 12 malam.

Jika di dalam bahasa Indonesia, kita bisa menggunakan kata ganti (-) untuk menunjukan keterangan waktu peristiwa masih berlangsung misal: ujian akan dilaksanakan dari jam 14.00-15.00, justru di dalam bahasa Inggris keterangan dash (-) tidak berlaku, yang benar adalah menggunakan kata “Through, until, and, dan to.”

Jika ingin menuliskan keterangan waktu pada tengah malam, maka kamu bisa menuliskan waktu midnight, begitu pula ketika ingin menuliskan keterangan waktu pada siang tengah hari, maka kamu bisa menggunakan kata noon. Ketika kamu menggunakan p.m maupun a.m, maka kamu tidak boleh menambahkan kata “o’clock.”

Nah, bagaimana mudah bukan untuk belajar jam dalam bahasa Inggris? Pastikan kamu bisa mempelajarinya di rumah dengan mudah, dan menyenangkan, sehingga ilmu gampang terserap.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *