Pekerjaan Lulusan Sastra Inggris yang Paling Banyak Dicari

Posted on

Pekerjaan Lulusan Sastra Inggris yang Paling Banyak Dicari-Kabar baik bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan bahasa Inggris, ternyata prospek kerjanya cukup banyak telah menanti di masa depan. Pekerjaan lulusan sastra Inggris memang dipercaya memiliki jaminan sukses kedepanya.

Beberapa Prospek Pekerjaan Lulusan Sastra Inggris

Setiap jurusan yang ada di perkuliahan memang memiliki prospek kerjanya sendiri. Salah satu cukup diminati adalah sastra Inggris atau biasa dikenal dengan sasing. Bahkan program studi ini dikenal high class di sekitaran kampus karena keahlian nya tersebut. Berikut beberapa pekerjaan lulusan nya:

  1. Pengajar
    Prospek pekerjaan yang pertama adalah pengajar. Menjadi lulusan dari sastra Inggris, tentu membuat Anda memiliki keahlian dalam bercakap dan berkomunikasi menggunakan bahasa asing tersebut. Kemampuan ini juga dapat dijadikan sebagai bekal untuk membagikannya kepada bangku sekolah.
    Bahkan Anda tidak hanya mengajar tentang bahasa asing kepada orang Indonesia saja, melainkan juga bisa menjadi pengajar bahasa Indonesia agar menjadi penutur asing yang cakap dan terampil. Oleh karena itu, profesi ini memang dianggap cukup multi fungsi bagi sebagian kalangan.
  2. Penyunting Bahasa
    Prospek kerja selanjutnya adalah penyunting bahasa. Anda bisa menemukan profesi ini pada beberapa industri hiburan. Bahkan kini semakin berkembangnya media digital dan cetak, profesi menjadi editor juga kian bertambah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
    Profesi ini semakin dibutuhkan apabila suatu industri hiburan mendapatkan naskah terjemahan yang berasal dari mancanegara. Nantinya penyunting bahasa akan menerjemahkan nya ke dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, lulusan sastra Inggris cocok untuk mengisi pekerjaan tersebut.
  3. Penulis
    Jika Anda hobi untuk menulis dalam jenis apapun dan memiliki kemampuan dalam sastra Inggris, maka dapat dimanfaatkan agar bisa menjadi penulis. Bahkan, kegiatan merangkai kata-kata akan semakin mudah apabila bahasa asing tersebut sudah dikuasai.
    Penulis akan terlibat dalam mengembangkan karya fiksi maupun non fiksi. Selain itu, banyak beberapa media membutuhkan pekerjaan ini agar para penulis dapat mengisi lowongan, seperti copywriter dan content writer.
  4. Pustakawan Akademik
    Selanjutnya adalah pustakawan akademik. Bagi Anda yang mencintai buku atau pun dunia akademik lainnya, maka profesi ini sangat sesuai sebagai lulusan sastra Inggris. Nantinya akan bertugas mengembangkan pengetahuan khusus seperti di bidang TIK.
    Berbagai macam proyek perpustakaan menjadi hal yang paling berkaitan untuk profesi ini. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan profesi nya akan dihabiskan untuk mengembangkan berbagai pelajaran akademis meskipun hanya mengembangkan pengetahuan khusus saja.
  5. Sastrawan
    Profesi ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang sedang menempuh atau sudah menjadi lulusan sastra Inggris. Sejatinya proses belajar mengajar selama di bangku perkuliahan tidak akan jauh-jauh dari istilah tersebut.
    Walaupun semua lulusan sastra tidak mutlak harus menjadi sastrawan, namun profesi ini dapat dijadikan salah satu impian karena memiliki prospek yang tinggi. Beberapa pilihan seperti novelist, esais, kritikus, cerpenis dalam bahasa Inggris bisa dijadikan referensi ke depannya.
  6. Penerjemah
    Semua lulusan dari sastra Inggris memiliki prospek yang bagus apabila mereka masuk ke dalam dunia penerjemahan. Jasa ini tentunya akan senantiasa dibutuhkan ke depannya baik secara lisan maupun tulisan.
    Bahkan mahasiswa yang sedang menempuh kuliah di sastra Inggris mengaku sering dijadikan kamus berjalan oleh kawan-kawan dari jurusan lainnya. Sederhananya, jika masih berstatus pelajar pun sudah dibutuhkan (apalagi kalau bekerja).
  7. Ahli Bahasa
    Lulusan dari sastra Inggris memiliki kesempatan emas apabila menjadikannya sebagai ahli bahasa. Terutama bagi mereka yang semasa kuliah nya sudah memilih fokus ke dalam bidang linguistik. Pasti selama pembelajaran telah mendapatkan banyak ilmu dan praktik mengenai hal tersebut.
    Ahli bahasa memiliki tugas untuk melakukan logika pembentukan berbagai kata di dalam bahasa, meneliti interaksi penyusunan unsur bahasa, serta meneliti hubungan bahasa satu dengan yang lainnya. Tentu lulusan dari sastra Inggris sudah memiliki keahlian dalam ketiga bidang tersebut.
  8. Asisten Editorial
    Selain menjadi editor, Anda juga bisa menjadikan diri sebagai asisten editorial selepas lulus dari jurusan sastra Inggris. Hingga kini perkembangan penerbitan digital sudah semakin meningkat sehingga membuat kesempatan profesi ini kian melebar.
    Tugas dari asisten editorial adalah mendukung staf editorial senior pada bagian administrasi, melakukan perencanaan serta pengerjaan produksi berbagai karya tulis seperti buku, jurnal, materi online, majalah dan jenis lainnya.
  9. Wartawan Koran
    Prospek pekerjaan lulusan dari sastra Inggris selanjutnya ialah wartawan koran. Semakin berkembangnya zaman, membuat dunia jurnalisme menuntut orang-orang yang bekerja menjadi jurnalis harus multi-platform.
    Hal tersebut membuat keterampilan para jurnalis harus semakin multi-tasking di bidang teknologi informasi. Di Indonesia sudah banyak beberapa media yang mulai menggunakan bahasa Inggris dalam penulisannya seperti Kompas, Tempo dan The Jakarta Post.
  10. Wartawan Majalah
    Selain menjadi wartawan koran, lulusan dari sastra Inggris juga bisa berpeluang menjadi jurnalis untuk majalah. Meskipun tidak jauh berbeda, namun beberapa hal pasti terlihat tidak sama, baik penyusunan artikel, proses produksi hingga tahap editing.
    Tugas dari wartawan majalah ialah menulis sekaligus meneliti artikel berita. Selain itu, juga mengecek ulang berbagai fitur yang biasa digunakan selama proses produksi sampai publikasi. Beberapa konten perlu dicek untuk menghasilkan artikel menarik berbahasa Inggris bagi setiap pembaca-ya.
  11. Eksekutif Periklanan
    Prospek pekerjaan bagi lulusan dari sastra Inggris juga memiliki peluang besar bagi industri Periklanan. Menjadi eksekutif di bidang tersebut memiliki tugas sebagai penghubung klien bersama agen iklan. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk cakap saat berkomunikasi agar tidak salah paham.
    Eksekutif Periklanan harus bisa secara jelas menyampaikan maksud dan tujuan dari klien kepada agen. Bahkan, tidak jarang ditemui pelanggan yang berasal dari luar negeri. Oleh karena itu, profesi ini sangat dibutuhkan guna memperlancar selama komunikasi.
  12. Leksikografer
    Meskipun masih asing di telinga banyak orang, salah satu profesi ini menjadi prospek pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi lulusan sastra Inggris. Tugasnya ialah menulis serta melakukan kompilasi untuk editing kamus.
    Kamus yang biasa diedit ialah bahasa asing, pelajar, bilingual dan istilah. Salah satu pendukung dalam belajar berbahasa Inggris ini cukup penting untuk dipunyai oleh banyak orang sehingga perlu dilakukan editing terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.
  13. Pemandu Wisata
    Prospek pekerjaan satu ini pasti sudah sering Anda dengar bahwa pemandu wisata kebanyakan berasal dari lulusan sastra Inggris. Hal tersebut memang benar adanya. Mereka yang memiliki keahlian dalam berbahasa asing tentu akan dibutuhkan bagi beberapa pihak di sekitar tempat rekreasi.
    Terutama bagi lulusan sastra Inggris yang memiliki ketertarikan dalam hal traveling, tentu profesi ini bisa dijadikan pilihan tepat. Pekerjaan menjadi tour guide memang membutuhkan kemampuan berinteraksi dalam bahasa asing secara lancar dan cakap dengan turis terutama mancanegara.
  14. Entrepreneur
    Prospek selanjutnya bagi lulusan sastra Inggris adalah memiliki peluang yang bagus untuk menjadi seorang entrepreneur. Profesi ini juga semakin di lirik oleh anak muda, karena memiliki kebebasan dan kemandirian dalam berkarya dan menjalani pekerjaan disukai.
    Sebagai lulusan sastra Inggris, maka trend tersebut juga bisa diikuti. Contoh kecil menjadi entrepreneur adalah membuka jas les privat bahasa asing bagi siswa di bangku sekolah atau memulai usaha travel agent. Keduanya membuat Anda memiliki kebebasan dalam mengelolanya sendiri.
  15. Pegawai di Perusahaan Multinasional
    Apabila Anda memiliki cita-cita bekerja di perusahaan besar sekaligus multinasional, maka gelar sastra Inggris sangat membantu untuk dijadikan sebuah keunggulan. Lulusan bahasa asing ini dipercaya bisa fleksibel dalam melamar dimana saja, asalkan kemampuannya berkomunikasi sudah terbilang lancar.
    Apapun posisi Anda selama bekerja di perusahaan multinasional tetap membutuhkan kelancaran dalam berkomunikasi menggunakan bahasa asing. Beberapa di antaranya ialah manajer, direktur maupun staf dapat dicoba.
  16. Petugas Informasi
    Pada beberapa perusahaan, adanya petugas informasi memiliki peran penting dalam mengelola berbagai macam info dari klien atau pihak lainnya. Nantinya akan bertujuan untuk mendorong kebutuhan dan mendukung tercapainya tujuan bisnis tersebut.
    Dalam hal ini, komunikasi masih menjadi hal paling penting untuk menyampaikan segala informasi. Bahkan, kemampuan dalam berbahasa asing sangat diperlukan demi memahami berbagai informasi dari pihak mana saja.
  17. Staf Diplomatik
    Banyak anggapan bahwa untuk memiliki pekerjaan di kedutaan besar harus berasal dari lulusan Hubungan Internasional. Nyatanya hal ini dianggap keliru karena mahasiswa dari sastra Inggris pun juga memiliki kesempatan bekerja di sana.
    Ternyata banyak lulusan sastra Inggris telah diterima di berbagai posisi di kedutaan besar beberapa negara. Biasanya akan ditempatkan sebagai editor, staf penerjemah dan menjadi tenaga pengajar. Hal ini membuktikan jika prospek kerjanya terbukti sangat luas dan menjanjikan.
  18. Pramugari
    Lulusan dari sastra Inggris nyatanya juga memiliki peluang besar untuk menjadi seorang pramugari. Meskipun mengutamakan tampilan yang menarik, namun profesi ini harus dituntut mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa asing.
    Tidak sedikit lulusan dari sastra Inggris memilih Berkarir di beberapa perusahaan maskapai karena ketertarikan nya mengelilingi dunia. Selain terjamin memiliki posisi di kedutaan besar, nyatanya mahasiswa dari bahasa asing juga mempunyai peluang bagus menjadi seorang pramugari.
  19. Bekerja di Lembaga Internasional
    Prospek selanjutnya ialah bekerja di Lembaga internasional atau budaya. Hal ini bisa terjadi didasarkan atas kebanyakan jurusan sastra Inggris berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya atau biasa dikenal FIB. Tentu saja lulusan nya memiliki pemahaman yang luas akan bidang tersebut.
    Berkarir di Lembaga internasional atau budaya bisa menjadi alternatif profesi tepat bagi Anda yang termasuk lulusan sastra Inggris. Selain memiliki pengetahuan luas akan bidang tersebut, nyatanya kemampuan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa asing juga masih diperlukan.
  20. Public Relations
    Prospek kerja selanjutnya ialah bisa menjadikan Anda sebagai public relations. Banyak dari lulusan sastra Inggris sudah membuktikannya bahwa, peluang bekerja menjadi PR memang cukup luas dan dibutuhkan oleh banyak kalangan.
    Public Relations bertujuan untuk memperoleh pemahaman serta dukungan kepada klien dan mempengaruhi pendapat khalayak ramai. Lagi-lagi, komunikasi menjadi hal yang utama diperlukan. Oleh karena itu, lulusan sastra Inggris memiliki peluang besar menjadi seorang PR.
  21. Blogger
    Bagi Anda yang suka menulis serta memiliki keahlian lancar berbahasa Inggris setelah menjadi lulusan sassing, maka profesi menjadi blogger memang cukup disarankan. Bahkan, uang pun akan senantiasa mengalir apabila konten berhasil dibuat secara unik dan menarik pengunjung.
    Anda bisa menentukan salah satu topik blog yang dapat ditulis menggunakan bahasa Inggris. Selain memiliki kemungkinan untuk dibaca oleh orang di seluruh dunia, kini sudah banyak pelajar memanfaatkannya sebagai media belajar. Tentu saja pengunjung akan bertambah banyak.
  22. Freelance Writer
    Selain blogger, ternyata menjadi freelance writer memiliki peluang cukup besar di bidang ke penulisan jika Anda sebagai lulusan sastra Inggris. Bahkan, pekerjaan ini dapat dilakukan dengan waktu yang fleksibel dan bersifat tidak terikat.
    Meskipun tidak dijadikan sebagai pekerjaan utama, namun menjadi pekerjaan ini memang menarik untuk dilakukan demi mendapatkan keuntungan. Dikutip dari PayScale, seorang freelance writer dapat memperoleh gaji sekitar Rp. 365.000 setiap jamnya.
  23. Diplomat
    Tugas diplomat ialah mewakili negara untuk menyampaikan diplomasi atau mewakili nya dalam suatu pertemuan. Tentunya pekerjaan ini dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang lancar dan cakap, agar semua orang bisa memahaminya.
    Oleh karena itu, prospek pekerjaan bagi lulusan sastra Inggris dalam dunia diplomasi memang dibilang sangat terjamin. Tidak hanya melakukan diplomasi saja, mereka juga dituntut untuk bisa cerdik dalam sebuah negosiasi bersama negara lainnya agar memperoleh keuntungan.
  24. Pegawai Negeri Sipil
    Pasti banyak yang bertanya-tanya, mengapa lulusan sastra Inggris bisa bekerja menjadi seorang pegawai negeri sipil. Hal ini dikarenakan beberapa posisi di dalamnya mengharuskan untuk bertemu dengan pihak luar negeri. Secara tidak langsung, kemampuan berbahasa Inggris tentu dibutuhkan.
    Tidak heran jika menjadi seorang pegawai negeri sipil masih di damba-dambakan oleh orang Indonesia, karena memiliki masa tua yang menjanjikan. Walaupun gajinya tidak sebesar jika bekerja di swasta, namun PNS mempunyai tunjangan cukup besar sehingga bisa dijadikan modal untuk wirausaha.
  25. Wirausaha
    Meskipun Anda berpikir bahwa wirausaha hanya mengandalkan keahlian ekonomi saja. Anggapan ini menjadi hal yang salah apabila sebuah usaha sudah berkembang luas sampai ke ranah Internasional. Jika perkembangan tersebut telah tercapai, tentu segala proses jual beli memerlukan komunikasi.
    Komunikasi bersama pihak dari luar mengerti tentunya harus menggunakan bahasa asing. Akan menjadi hal mudah apabila Anda sudah memiliki kemampuan berkomunikasi yang lancar bersama mereka. Pastinya keahlian ini dapat dijadikan sebuah tonggak kesuksesan dari sebuah usaha.
  26. Marketing
    Prospek kerja selanjutnya ialah di bidang pemasaran. Hampir sama seperti menjadi wirausaha, bahwa berkomunikasi dalam mengenalkan berbagai produk atau layanan ke negara lain tentu akan lebih mudah apabila sudah mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.
    Selain ahli dalam bahasa Inggris, Anda juga dituntut untuk menentukan berbagai strategi dalam melakukan pemasaran. Dengan kemampuan komunikasi tersebut, tujuannya pelanggan dari luar negeri pun bisa ikut tertarik membeli sebuah produk.
  27. Interpreter
    Meskipun hampir serupa seperti penerjemah bahasa, namun profesi menjadi interpreter nyatanya cukup berbeda. Perbedaannya terletak pada saat penyampaiannya, karena menerjemahkan secara langsung atau lisan tanpa harus menulisnya kembali.
    Seorang interpreter biasa bertugas pada suatu pertemuan yang menggunakan bahasa Inggris di dalamnya. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk memiliki konsentrasi tinggi selama penerjemahan berlangsung. Alhasil tidak memunculkan kesalahpahaman terhadap berbagai pihak.

Ternyata prospek dalam pekerjaan lulusan sastra Inggris memang cukup luas ke depannya. Oleh karena itu, jurusan ini masih memiliki banyak peminat dari adik-adik di bangku sekolah. Alasannya karena memiliki peluang besar di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *