5 Universitas Penyedia TES TOEFL Terpopuler

Posted on
5 Universitas Penyedia TES TOEFL Terpopuler

5 Universitas Penyedia TES TOEFL Terpopuler– Mengetahui lebih dulu mengenai 5 Universitas Penyedia TES TOEFL Terpopuler di Indonesia secara online bisa menjadi langkah sebelum menentukan dimana Anda ingin melakukan TES TOEFL. Mengingat harganya yang cukup mahal serta membutuhkan waktu hampir 1 bulan hingga hasilnya keluar, pastinya Anda ingin melakukan tes di tempat terbaik sesuai budget yang dimiliki.

Di era modern seperti ini, TOEFL memang memiliki banyak kegunaan, khususnya untuk hal – hal yang berhubungan dengan pekerjaan international ataupun untuk mendaftarkan diri mengikuti beasiswa short course ke luar negeri.
Kini tes TOEFL juga sudah bisa dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Sebab banyak universitas maupun institusi yang membuka layanan tes untuk mendapatkan sertifikat resmi TOEFL.

Apa itu Tes TOEFL?

Untuk Anda yang belum tahu, menurut collinsdictionary.com TOEFL is an English language examination which is often taken by foreign students who want to study at universities in English-speaking countries. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan ujian bahasa Inggris yang sering diambil oleh mahasiswa asing yang ingin kuliah di perguruan tinggi di negara berbahasa Inggris atau juga bisa sebagai test Bahasa Inggris sebagai orang asing atau orang yang bukan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari – hari, seperti di Indonesia.
Tes TOEFL ini nantinya akan digunakan sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris yang Anda miliki. Sebab untuk bisa mengajukan pendaftaran ke sebuah perusahaan international, Anda perlu membuktikan kemampuan Bahasa Inggris yang dimiliki. Salah satunya adalah melalui sertifikat TOEFL ini.

Apa Beda TOEFL ITP dan IBT?

  • Tes TOEFL sendiri dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu TOEFL IBT (Internet- based Test) dan TOEFL ITP (Institutional Testing Program). Tes jenis IBT lah yang paling dibutuhkan untuk membantu mendaftarkan diri ke perusahaan atau universitas international. Sedangkan tes ITP umumnya dibutuhkan untuk kebutuhan institusi atau pekerjaan saja. TOEFL IBT memiliki 4 jenis soal yaitu :
  • Reading
  • Listening
  • Speaking
  • Reading

Keempat jenis soal ini memiliki durasi pengerjaan yang berbeda – beda dan nilai yang berbeda pula. Jadi Anda perlu mengkalkulasikan semua soal dan nilainya dengan baik. Jangan lupa, nilai maksimal yang bisa didapatkan untuk TOEFL IBT adalah 120 dengan rata – rata nilai yang dibutuhkan adalah di atas 90. Sedangkan untuk TOELF ITP, tesnya akan dibagi menjadi 3 sesi yaitu :
• Listening Comprehension
• Structure and Written Expression
• Reading Comprehension

Ketiga tes ini juga punya nilai dan durasi yang berbeda – beda. Dan untuk TOEFL ITP, total nilai yang bisa didapatkan adalah 677.

Perlu Anda semua ingat juga, tes TOEFL ini berbeda dengan soal ujian Bahasa Inggris SD, SMP, atau SMA yang dibuat sesuai kurikulum di sekolah. Soal – soal yang akan ditanyakan biasanya berupa soal umum baik dari hasil percakapan live di TV maupun dari artikel media international besar seperti BBC dan CNN.

Baca juga : Tips Belajar TOEFL

5 Universitas Penyedia TES TOEFL Terpopuler di Indonesia

Seperti yang telah dibahas diatas tadi, ada banyak lembaga dan institusi yang menyediakan layanan tes TOEFL IBT maupun ITP di Indonesia. Salah satunya adalah universitas dan perguruan tinggi terkenal yang membuka tes untuk masyarakat umum, calon mahasiswa, maupun untuk mahasiswa aktif di sana.

Nah untuk Anda yang juga sedang mencari tempat tes TOEFL yang nyaman dan cepat, kami punya daftar 5 Universitas Penyedia TES TOEFL Terpopuler di Indonesia yang bisa Anda gunakan sebagai perbandingan.

1. TES UNDIP

Undip atau Universitas Diponegoro menjadi salah satu universitas yang menyediakan layanan tes TOEFL paling terkenal di Indonesia. Untuk Anda yang tinggal di wilayah Semarang dan sekitarnya, Undip merupakan salah satu tempat tes terbaik dan terpercaya yang bisa Anda pilih.

Tes TOEFL ITP di Undip sendiri terbuka untuk masyarakat umum, calon mahasiswa dan mahasiswa aktif. Untuk calon mahasiswa dan masyarakat umum, akan ada biaya pendaftaran sebesar Rp.450.000 untuk satu orang. Sedangkan untuk mahasiswa aktif, biayanya hanya Rp.75.000 dengan biaya daftar ulang sebesar Rp.25.000 bila gagal atau ingin melakukan remedial.

Tes TOEFL ITP Undip dilaksanakan 1 bulan sekali dengan jadwal yang dibuat ketika sudah ada peserta yang mendaftar. Lokasi tesnya ada di SEU (Service English Unit) Universitas Diponegoro Jl. HayamWuruk 3. Untuk Anda yang berminat, silahkan langsung datang ke lokasi dan mengisi formulir pendaftaran.

2. TOEFL UNPAR

Untuk Anda yang tinggal di daerah Bandung dan ingin melakukan tes TOEFL, Universitas Katolik Parahyangan membuka bisa menjadi tempat terbaik dan terpercaya. Sebab Unpar sudah membuka layanan tes ini selama hampir 20 tahun, tepatnya sejak tahun 2000.

Unpar menyediakan 2 jenis test TOEFL yaitu IBT atau Internet- based Test dan Paper-based Test. Keduanya juga dibuka untuk masyarakat umum maupun untuk mahasiswa aktif di perguruan tinggi tersebut.

Ujian akan dilakukan setiap 2 minggu hingga 1 bulan sekali, tergantung jumlah pendaftar dan kebutuhan. Sedangkan untuk biayanya, tiap peserta perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.450.000. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi situs resmi TOEFL Unpar di http://cdc.unpar.ac.id/ibt-toefl/

3. TOEFL UNAIR

Perguruan tinggi yang menyediakan tes TOEFL terbaik di Indonesia berikutnya adalah Unair atau Universitas Airlangga. Layaknya Undip dan Unpar, Unair juga membuka layanan tes TOEFL untuk masyarakat umum maupun untuk mahasiswa universitas tersebut.

Unair menyediakan jenis tes ITP alias Institutional Testing Program dengan nilai minimal 450 untuk peserta lulusan SMA ke bawah dan 500 untuk mahasiswa dan lulusan SMA ke atas.

Tes TOEFL Unair dilaksanakan di Jl. Dharmawangsa Dalam, Surabaya. Selain itu, sudah ditetapkan pula jadwal tes yang dilakukan dalam 1 hingga 2 kali dalam sebulan. Silahkan lihat jadwalnya di website resmi Pusat Bahasa Universitas Airlangga. Peserta yang mendaftar juga akan dikenakan biaya sebesar Rp.510.000,- termasuk sertifikat dan score report resmi.

4. TES TOEFL UNNES

Unnes menjadi universitas terkenal lainnya di Semarang yang membuka layanan tes TOEFL terbuka untuk umum. Jadi bila jarak dari rumah Anda ke Undip terlalu jauh, maka Unair bisa menjadi pilihan alternatif yang lebih dekat.

Tes yang disediakan di Unnes merupakan Paper-based Test dengan mengacu kepada format ETS (Educational Testing System). Dan sama seperti Undip, tes TOEFL ini juga dibuka untuk masyarakat umum maupun untuk mahasiswa aktif di sana.

Biaya test TOEFL di Unnes adalah Rp.100.000 untuk S1 dan mahasiswa aktif Unnes dan Rp.300.000 untuk S2/S3, alumni, dan umum. Sedangkan bila harus dilakukan tes ulang, biayanya menjadi Rp.50.000 untuk mahasiswa S1 Unnes dan Rp.100.000 untuk umum dan alumni.

5. TOEFL UNPAD

Untuk daftar 5 Universitas yang ke-5 adalah di Universitas Pajajaran alias Unpad. Tes juga tersedia di 2 tempat berbeda, yaitu di FIB Unpad Jatinangor dan Pusat Bahasa Unpad Dipati Ukur.

Baca juga : Tes Bahasa Inggris Masuk Kerja

Biaya test TOEFL di sini adalah sebesar Rp.500.000 untuk masyarakat umum dan calon mahasiswa yang ingin mendaftar. Kemudian ujiannya akan dilakukan setiap bulan pada minggu kedua di hari senin dan kamis. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan cek website resmi TOEFL Unpad.

Demikianlah sedikit ulasan 5 Universitas Penyedia TES TOEFL Terpopuler Versi English class untuk masyarakat umum dan mahasiswa. Unnes menjadi salah satu tempat dengan biaya pendaftaran paling terjangkau. Hanya saja hanya bisa diikuti bila Anda juga tinggal di daerah Jawa Tengah. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *