Tes Bahasa Inggris Masuk Kerja yang Perlu Dipersiapkan

Posted on
Tes Bahasa Inggris Masuk Kerja yang Perlu Dipersiapkan
Tes Bahasa Inggris Masuk Kerja yang Perlu Dipersiapkan

Tes Bahasa Inggris Masuk Kerja yang Perlu Dipersiapkan-Bagi Anda yang akan melamar suatu pekerjaan di perusahaan Internasional, maka wajib hukumnya untuk mempersiapkan tes bahasa Inggris masuk kerja. Kemampuan tersebut menjadi salah satu parameter penting untuk menentukan layak atau tidaknya seorang pelamar untuk direkrut. Jadi sebaiknya siapkan sejak dini dengan matang.

Kegunaan Tes Bahasa Inggris Masuk Kerja

Di zaman yang sudah modern dan melibatkan persaingan internasional dalam hal persaingan kerja, maka kebutuhan akan bahasa asing seperti layaknya Inggris juga harus ditingkatkan. Tujuannya adalah untuk membekali para pekerja, agar mereka mampu berkomunikasi dengan baik secara global. Jika pelamar kerja memiliki kemampuan bahasa Inggris baik pasif maupun aktif secara lancar, maka mereka berkesempatan untuk lolos dalam perekrutan. Dalam melaksanakan tesnya, biasanya kebanyakan peserta akan merasa kesulitan jika memang mereka masih dalam level basic.

Maka dari itu, jika Anda berambisi untuk bekerja pada perusahaan besar berskala nasional, asing, maupun internasional, maka persiapkan terlebih dahulu tentang skill bahasa sebelum memasukkan lamaran. Jika tidak menyiapkan semua hal itu, bisa jadi kesempatan diterima sangatlah kecil.

Tes Bahasa Inggris Masuk Kerja yang Sering Keluar dalam Wawancara

Saat dalam tahapan seleksi wawancara kerja, Anda akan ditanyai menggunakan bahasa Inggris oleh sang interviewer.
Biasanya mereka menanyakan terkait beberapa hal dalam dunia pekerjaan dan juga pribadi pelamar mulai dari data diri, kemampuan, pengalaman serta ambisi dalam menyelesaikan pekerjaan. Lantas apa saja tes yang dilontarkan?

1. Introduction

Dalam melamar pekerjaan, pasti Anda akan diminta untuk mengenalkan diri dalam bahasa Inggris pada saat interview. Ini bertujuan agar perusahaan atau lembaga dapat mengetahui latar belakang, kepribadian serta kepercayaan diri dari pelamar. Pada tahap ini, usahakan berpenampilan menarik dan meyakinkan.
Gunakan bahasa yang sopan, mudah dipahami serta berbicaralah dengan hati-hati saat Anda mengenalkan diri. Jangan takut dan grogi, karena itu akan berpengaruh terhadap kosakata serta susunan tata bahasa Inggris Anda. Katakan sejujurnya tentang kualifikasi pribadi sepercaya diri mungkin.
Anda juga harus menggunakan mimik serta gaya tubuh yang pas karena pewawancara juga bisa menilai kepribadian seseorang dari kedua aspek itu. Jangan berbicara terlalu cepat dan keras. Usahakan semua hal mengenai data diri dapat ditangkap dengan baik oleh interviewer.

2. Motivation in Applying the Work

Pertanyaan terkait dengan motivasi Anda melamar pekerjaan pada suatu perusahaan juga menjadi hal paling penting dalam tes bahasa Inggris masuk kerja. Di sini pewawancara tidak hanya akan menilai skill berbahasa asing saja, tetapi mereka juga melihat terkait dengan konten pembahasannya.
Jadi, silakan mempersiapkan segala motivasi yang Anda miliki sebelum melamar kerja. Jika perlu, catatlah semua hal itu dalam kertas kecil atau buatlah mind mapping agar mudah dikembangkan saat berbicara.
Gunakan tata bahasa santun serta grammar yang tepat supaya tidak menimbulkan misunderstanding. Hal yang akan dinilai oleh pewawancara saat Anda menyampaikan motivasi bekerja pada perusahaan tujuan tersebut yakni meliputi:

Fluency (kelancaran) pada saat berbicara dengan presentase sebanyak 30%.
Content (Isi) dari jawaban tentang motivasi yang dipertanyakan sebanyak 25%.
Confident (kepercayaan diri) saat berbicara dan mengemukakan pendapat sebanyak 25%.
• Ketepatan penggunaan kosakata serta kesantunan bahasa dengan presentase sebanyak 20%.

3. Discussion Test about Group Work

Dalam dunia kerja, kemampuan Anda untuk bekerjasama dengan rekan sejawat dan pihak lain juga akan dipertimbangkan dalam proses seleksi. Tahapan penyeleksian ini biasanya dilakukan melalui pembentukan grup kecil yang terdiri dari beberapa pelamar.
Di sana Anda akan diberikan suatu masalah dan harus menyelesaikannya bersama anggota grup. Selanjutnya hal tersebut dipresentasikan menggunakan bahasa Inggris. Pelamar juga harus saling berkomentar terhadap hasil kerjasama dari kelompok lain.
Dalam hal ini, aspek yang akan dinilai oleh pihak perusahaan sebelum memutuskan untuk merekrut Anda sebagai pekerja tetap yakni meliputi:

• Kemampuan dalam mengemukakan argumentasi menggunakan bahasa Inggris.
• Kemampuan manajemen emosi saat berbicara .
• Kemampuan menghargai hasil kerja orang lain yang mana itu akan terlihat saat pelamar memberikan tanggapan dalam bahasa Inggris ketika presentasi.
• Kemampuan bekerjasama melalui tim.

Tes Bahasa Inggris Umum Secara Tulis

Selain wawancara, pihak perusahaan juga mengadakan tes tulis dalam rangka mengukur kemampuan bahasa Inggris Anda. Ini lebih mirip dengan TOEFL atau TOEIC test. Tingkat kesulitannya lumayan tinggi, tetapi jumlah soal dan kontennya biasanya lebih sederhana. Berikut ulasannya:

1. Aptitude Test

Aptitude test merupakan jenis tes bahasa Inggris yang bertujuan untuk mengukur kemampuan serta bakat dari tiap-tiap pelamar kerja. Di samping itu, biasanya hal ini juga digunakan dalam rangka mengukur IQ Anda. Semua bahasanya menggunakan bahasa Inggris dan tentunya itu harus dipelajari sebaik mungkin.
Soalan ini membutuhkan konsentrasi tinggi dari pelamar. Dalam mengerjakannya, Anda harus benar-benar melakukan analisis matang dari setiap item karena kadangkala tiap soalnya sangat mengecoh. Level bahasa Inggrisnya pun cenderung formal serta memerlukan pemahaman tingkat tinggi.
Soal-soal yang disajikan pada aptitude test yakni meliputi logika, linguistik, numerik dan pemahaman umum. Agar sukses mengerjakannya, maka kunci utamanya yaitu harus sering-sering berlatih. Anda bisa mencari referensinya di kumpulan buku maupun dari internet.

2. English Proficiency Test

Tes yang sangat sulit dan dianggap mematikan oleh para pelamar yakni English Proficiency Test. Di sini kemampuan berbahasa Inggris Anda akan benar-benar diuji, mulai dari aspek grammar, listening, reading, dan bahkan sebagian juga terdapat speaking. Jumlah soalnya antara 200 hingga 250 item.
Anda akan sangat sulit menaklukkan tes proficiency ini jika belum paham dasar-dasar bahasa Inggris. Oleh sebab itu, berlatih di layanan kursus maupun belajar secara otodidak dengan cara mengerjakan soal latihan merupakan alternatif terbaiknya.
Biasanya, bagian soal yang sangat menguras pikiran para pelamar kerja yakni pada listening serta reading. Kedua hal tersebut sulit dipahami sehingga peserta kehabisan waktu sebelum selesai mengerjakan. Dalam kasus ini, manajemen pengaturan waktu harus dilakukan sebaik mungkin.

3. Test Psikotes dalam Bahasa Inggris

Test bahasa Inggris yang akan diberikan secara tulis kepada pelamar kerja yang terakhir yakni psikotes. Di sini Anda harus ekstra dalam mengerahkan pikiran karena wajib memahami antara bahasanya serta konten tesnya secara menyeluruh.
Dengan kata lain, bahasa Inggris yang digunakan pada psikotes sudah lumayan sulit karena istilah-istilahnya sangat jarang digunakan. Lalu, ditambah lagi dengan konten soal psikologi dimana harus dianalisa secara mendalam sebelum menjawabnya.
Poin yang Anda perlu persiapkan dalam mengerjakan psikotes ini yaitu kepercayaan diri, pemahaman bahasa, memperkaya kosa kata serta tenang pada segala kondisi.

Pembahasan terkait dengan tes bahasa Inggris masuk kerja tersebut kiranya dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada. Di samping itu, semoga semua skill berbahasa dalam artikel ini mampu memacu semangat belajar berbahasa asing sejak dini untuk keperluan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *