Mempelajari Past Future Perfect Tense Dengan Mudah

Posted on
Beasiswa Short Course Ke Luar Negeri=

Mempelajari Past Future Perfect Tense Dengan Mudah -Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dipelajari dengan benar. Di dalam bahasa Inggris terdapat suatu tatanan kalimat yang disebut grammar. Untuk membuat tatanan kalimat ini tidak dapat sembarangan karena jika terdapat perbedaan waktu maka tatanannya berbeda. Mungkin pada awalnya terasa sangat sulit tetapi jika sudah paham akan menjadi mudah.

Mempelajari Past Future Perfect Tense Dengan Mudah
Mempelajari Past Future Perfect Tense Dengan Mudah

Bagi sebagian orang menganggap bahwa belajar membuat kalimat dengan grammar di dalam bahasa Inggris terlalu sulit. Terdapat rumus-rumus dan kunci yang harus dihapalkan agar kalimat menjadi benar. Memang hal ini harus dipelajari dengan benar karena menjadi kunci dalam belajar bahasa Inggris. Jika sudah terbiasa dapat dilakukan dengan sangat mudah dan terasa mengalir saja. Salah satu grammar yang dipelajari dalam bahasa Inggris adalah Past Future Perfect Tense.

Pengertian Past Future Perfect Tense

Past Future Perfect Tense adalah suatu bentuk kalimat dalam Bahasa Inggris yang menjelaskan tentang aktifitas yang mungkin terjadi, aktifitas tidak terjadi atau sebenarnya bisa dijalankan tetapi tidak berhasil untuk dijalankan pada masa lampau. Atau dapat juga diartikan kalimat yang mempunyai fungsi untuk memberikan ekspresi suatu gagasan maupun aktifitas pada masa depan dari sudut pandang di masa lampau tetapi gagasan maupun aktifitas tersebut tidak terbukti dilakukan.

Fungsi Past Future Perfect Tense

Ada 4 fungsi yang harus dipahami untuk membuat kalimat dengan grammar ini. Fungsi pertama dipakai untuk membicarakan aktifitas yang tidak terjadi. Disebut juga sebagai kalimat pengandaian atau conditional sentence type 3. Fungsi kedua dipakai saat ingin membuat kalimat tentang past event atau aktifitas lampau yang seharusnya terjadi tetapi tidak terlaksana.

Fungsi ketiga adalah untuk membuat kalimat tentang aktifitas yang dapat dijalankan pada masa lalu tetapi tidak dijalankan atau tidak berhasil dijalankan. Fungsi keempat adalah untuk membuat sebuah kalimat tentang kemungkinan yang dapat terjadi di masa lampau. Mempelajari dan membuat sebuah kalimat past future perfect tense harus memegang kunci yang merupakan keterangan waktu.

Kunci Past Future Perfect Tense

Kunci dari fungsi yang pertama ini ditandai dengan adanya kata could di dalam kalimat. Could artinya dapat. Kunci dari fungsi yang kedua ditandai dengan adanya kata should di dalam kalimat. Should artinya seharusnya. Kunci dari fungsi yang ketiga ditandai dengan adanya kata could di dalam kalimat. Kunci dari fungsi yang keempat ditandai dengan adanya kata could atau may atau might di dalam kalimat. May atau might artinya seharusnya.

Untuk membuat kalimat past future perfect tense dapat juga menggunakan keterangan waktu sebagai kunci di dalam kalimat. Keterangan waktu tersebut adalah on last week atau on last day atau on last year, in May last year, at two o’clock yesterday dan yesterday. On last week artinya pada minggu yang lalu. On last day artinya pada hari yang lalu atau sehari yang lalu. On last year artinya pada tahun yang lalu atau setahun yang lalu. Two o’clock yesterday artinya pada dua jam kemarin. Yesterday artinya kemarin.

Rumus Past Future Perfect Tense

Rumus dari pembuatan kalimat menggunakan grammar ini sangat mudah. Ada rumus pada kalimat yang positif dan negatif. Untuk kalimat yang negatif ditandai dengan kata not.

  1. Rumus dari kalimat yang positif

Subject + auxiliary verb will + main verb past participle V3

2. Rumus dari kalimat yang negatif

Subject + auxilary verb will + not + main verb past participle V3

3. Rumus kalimat tanya

Will + Subject + auxiliary verb have + main verb past participle V3 + object + ?

Contoh Past Future Perfect Tense

Ketika membuat sebuah kalimat grammar dari bahasa Inggris akan semakin mudah setelah melihat penerapannya dalam contoh. Berikut beberapa contoh kalimat past future perfect tense berdasarkan fungsinya.
Contoh untuk fungsi yang pertama adalah sebagai berikut.
• If you had saved your money in a safety deposit box, they wouldn’t have gone.
• If you had cleaned your house, it will beautiful.

Contoh untuk fungsi yang kedua adalah sebagai berikut.
• You should have needed your boy now.
• I should have cleaned my floor now.

Contoh untuk fungsi yang ketiga adalah sebagai berikut.
• I could have bought that house, but I prefered to save money.
• You could have met him, but he gone with your friend.

Contoh untuk fungsi yang keempat adalah sebagai berikut.
• He looks far from happy. He may have waited your phone for hours.

Membuat sebuah kalimat bahasa Inggris dengan gammar tertentu harus memperhatikan keterangan waktu dan rumus serta kuncinya. Seperti halnya saat membuat kalimat past future perfect tense yang dapat dibuat dengan mudah asal sesuai rumus dan kunci keterangan waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *