Fungsi Dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Posted on

Fungsi Dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense– Tenses satu ini merupakan suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan aksi atau perbuatan yang telah selesai pada suatu titik di masa lalu atau aksi tersebut telah dimulai di masa lalu dan terus berlanjut hingga sekarang. Aksi pada tenses ini biasanya memiliki durasi waktu tertentu dan ada relevansinya dengan kondisi yang terjadi saat ini.

Fungsi Dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense
Fungsi Dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Secara umum tenses ini hanya terjadi pada perbuatan berupa dynamic verb, tidak stative verb karena umumnya hanya dynamic verblah yang memiliki bentuk continuous. Berikut ini adalah rumus- rumus untuk kalimat positif, negatif, dan interogatif:

• Kalimat positif (+): S + have/has + been + -ing/present participle

Contoh: She has been eating, The toddlers have been sleeping.

• Kalimat negatif (-): S + have/has + not + been + -ing/present participle

Contoh: She has not been eating, The toddlers haven’t been sleeping.

• Kalimat interogatif (?): have/has + S + been + -ing/present participle

Contoh: Has she been eating, Have the toddlers been sleeping.

Fungsi dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Adapun contoh kalimat Present Perfect Continuous Tense adalah sebagai berikut:

• The construction labors are thirsty since they have been removing the scaffoldings. (Pekerja konstruksi haus karena mereka telah memindahkan perancah.)
• Marsha feels full as she’s been eating a half of the tart. (Marsha kenyang karena dia telah memakan separuh kue tart.)
• I have been working with my laptop all day, and now I want some delicious foods. (Saya telah bekerja dengan laptop sepanjang hari, dan sekarang saya ingin beberapa makanan yang lezat.)

Adapun fungsi kalimat Present Perfect Continuous Tense adalah sebagai berikut:

• Present perfect continuous tense digunakan untuk menunjukkan aksi atau perbuatan yang baru saja selesai. Biasanya menggunakan adverb just. Contoh Kalimatnya: It has just been snowing in Jakarta. (Baru saja turun salju di Jakarta.)
• Present perfect continuous tense digunakan untuk menunjukkan aksi atau perbuatan yang telah dimulai di masa lampau dan berlanjut sampai sekarang. Contoh Kalimatnya:
• I’ve been driving a bus through the rain for an hour. (Saya telah sedang mengendarai bus menembus hujan selama satu jam.)
• The passangers have been waiting for the next flight since this evening. (Para penumpang telah menunggu penerbangan berikutnya sejak malam ini.)

Contoh Penerapan Present Perfect Continuous Tense Dalam Percakapan

Setelah mempelajari contoh-contoh kalimat, kini Anda dapat mempelajari present perfect continuous tense dalam contoh percakapan. Contoh percakapan yang terdapat pada poin ini memiliki arti bahasa Indonesia dalam tiap baris dialognya, tanda bold pada present perfect continuous tense, garis bawah pada keterangan waktu, serta penjelasan present perfect continuous tense di akhir contoh percakapan. Contoh percakapan di bawah ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mempelajari Present Perfect Continuous Tense. Berikut ini adalah contoh percakapannya:

Andra: I’ve been concentrating on this puzzle for a long time, this was so difficult!
(Andra: Aku sudah pernah sedang berkonsentrasi pada puzzle ini untuk waktu yang lama, ini sangat sulit!)
Rani: That puzzle was surely too hard! Has Maura arrived, though?
(Rani: Puzzle itu memang susah dipecahkan! Omong-omong, sudahkah Maura tiba?)
Andra: I doubt it. After all, she hasn’t been visiting our home lately!
(Andra: Mungkin, ya. Lagipula, dia belum pernah sedang mengunjungi rumah kami belakangan ini!)
Rani: Eh…? Has she been training herself since last month?
(Rani: Eh…? Dia ‘kan sudah pernah sedang melatih dirinya sendiri sejak bulan lalu?)
Andra: Wow, I think that’s new information for me.
(Andra: Wah, itu informasi yang baru untukku.)

Melalui baris pertama contoh percakapan di atas, Anda dapat melihat adanya bukti bentuk positive pada present perfect continuous tense, yakni “’ve been concentrating” (sudah pernah sedang berkonsentrasi, dari asal verb “concentrate”, konsentrasi) yang melebur dengan subject “I” (aku) dan menyambung dengan keterangan waktunya, yaitu “for a long time” (untuk waktu yang lama).
Selanjutnya, di baris ketiga contoh percakapan, Anda dapat menemukan bentuk negative dari kalimat dialog present perfect continuous tense. Bentuk negative ini ditunjukkan dengan adanya “hasn’t been visiting” (belum pernah sedang mengunjungi, dari asal verb “visit”) yang menyambung dengan subject-nya, yakni “she”, dan keterangan waktunya, yaitu “lately”.

Di Baris keempat contoh percakapan menunjukkan kepada Anda kalimat dialog present perfect continuous tense yang berbentuk interrogative. Bentuk ini dibuktikan dengan adanya “has” yang diletakkan di awal kalimat, kemudian menyambung dengan “she” sebagai komponen subject, dan “been training” (sudah pernah sedang melatih, dari asal verb “train”) sebagai komponen present perfect continuous tense lainnya.
Sementara itu, “since last month” (sejak bulan lalu) menjadi keterangan waktu yang membuat kalimat dialog ini menjadi semakin jelas.
Demikian artikel tentang fungsi dan contoh kalimat Present Perfect Continuous Tense. Semoga mudah dimengerti dan bermanfaat untuk Anda ya! Mohon maaf jika ada kekurangan. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *