Belajar Bahasa Inggris, Mengenal Kalimat Possessive Adjective

Posted on
Advertisements
Kalimat Possessive Adjective

Belajar Bahasa Inggris, Mengenal Kalimat Possessive Adjective – Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan secara international. Tidak heran jika dari sekolah tingkat dasar kita sudah dikenal kan dengan mata pelajaran bahasa Inggris. Pelajaran ini akan selalu kita terima hingga pada jenjang sekolah menengah atas. Banyak sekali yang akan anda pelajari dalam mengenal bahasa Inggris, salah satunya ialah kalimat possessive.

Kalimat possessive ini salah satu kalimat yang sering digunakan untuk menyatakan kepemilikan. Mungkin sebagian dari orang-orang mengenal bentuk kata dan kalimatnya tetapi tidak mengetahui nama dari kalimat possessive ini. Untuk memperdalam pengetahuan mengenai belajar bahasa Inggris khususnya kalimat possessive, perhatikan hal-hal di bawah ini.

Apa Itu Kalimat Possessive Adjective?

Dalam bahasa Inggris, possessive adjective ini merupakan determiner atau special adjective yang digunakan untuk menyatakan kepemilikan atau possession terhadap kata benda (noun). Penggunaan contoh kalimat possessive adjective ini sangat sering digunakan dalam belajar bahasa Inggris, tidak hanya itu dalam berkomunikasi pun terkadang juga menggunakan kalimat possessive adjective.

Possessive adjective terdiri dari my (-ku), your (-mu), her (-nya), his (-nya) , its, our, dan juga their yang sering digunakan dalam percakapan. Masing-masing penggunaan kata possessive adjective ini juga berbeda tergantung konteks kalimat yang digunakan. Hal ini dalam bahasa Indonesia biasa dikenal dengan kata ganti seperti -ku, -mu, -nya, dan lain sebagainya.

Baca : Penjelasan dan Jenis-jenis Pronoun

Perbedaan Possessive Noun Dan Possessive Adjective

Selain, possessive adjective ada juga possessive noun. Pronoun ini berfungsi untuk menggantikan noun atau kata benda yang berupa singular seperti mine, yours, hers, his, dan its dan plural seperti ours, yours, dan theirs. Dalam hal ini jika pronoun berperan sebagai subjek dalam kalimat yang berupa singular, maka kata kerja atau verb yang mengikuti harus berbentuk singular, hal ini juga bekerja pada bentuk plural.

Sedangkan semua bentuk possessive adjective bisa digunakan oleh singular maupun plural noun. Jadi ketika noun atau kata benda yang berperan sebagai subjek kalimat berupa singular, maka juga diikuti dengan bentuk singular. Hal ini tidak jauh berbeda dengan konsep possessive pronoun, hanya saja bentuk katanya yang berbeda.
Perbandingan kalimat possessive adjective dan possessive pronoun bisa diamati pada contoh kalimat possessive adjective sebagai berikut.

Contoh Kalimat possessive adjective

  1. My bedroom is the biggest one. (Kamar tidurku adalah yang terbesar)
  2. The village is my hometown. (Desa itu adalah kampung halamanku)
  3. Your email was replay yesterday. (Emailmu dibalas kemarin)
  4. Her face is cute. (Wajah dia imut)

Contoh Kalimat possessive noun

  1. Mine is the biggest one. (Milikku adalah yang terbesar)
  2. The village is mine. (Desa itu milikku)
  3. Yours was replay yesterday. (Punyamu dibalas kemarin)
  4. Hers is cute. (Wajahnya imut)

Posisi Possessive Adjective dalam Noun Phrase

Posisi possessive adjective dalam noun phrase ini berada di depan simple noun, atau mudahnya berada di sela-sela determiner lain maupun adjective (berfungsi sebagai modifier) di noun phrase. Possessive adjective ini merupakan salah satu central determiner, yakni determiner yang diletakkan dianatara pre dan post-determiner pada noun phrase .

Contoh kalimat possessive adjective dalam noun phrase.

Your journey

Keterangan: Kata “your” berperan sebagai possessive adjective atau determiner. Sedangkan kata “journey” ini merupakan noun atau kata benda sebagai pelengkap pembentukan kalimat.

Two third her salary
Keterangan: Kata “Two third” berperan sebagai pre-determiner atau awalan, sedangkan kata “her” ini memiliki posisi sebagai central determiner “possessive adjective”. Lalu, kata “salary” ini merupakan noun atau kata benda sebagai pelengkap pembentukan kalimat.

My cute cat
Keterangan: kata “My” berfungsi sebagai determiner “possessive adjective”, sedangkan kata “cute” ini berfungsi sebagai modifier “adjective”, dan kata “cat” ini merupakan kata benda yang dijadikan objek dalam pembentukan kalimat.
Setelah memahami apa itu possessive adjective dan bagaimana contoh kalimat possessive adjective serta perbedaannya dalam bentuk possessive yang lain seperti possessive pronoun. Anda bisa memahami rangkaian kalimat possessive adjective, berikut ini ada beberapa contoh kalimat yang masuk dalam kategori possessive adjective.

Pembentukan kalimat ini sesuai dengan peletakan posisi possessive adjective terhadap noun di atas. Anda bisa mendalami materi ini dengan mencermati dengan seksama contoh kalimat possessive adjective.

Baca juga : Contoh Possessive Pronoun dalam Kehidupan sehari-hari

Bentuk dan Contoh Kalimat Possessive Adjective

Kalimat Possessive Adjective

Bentuk dari possessive adjective ini terdapat dalam beberapa kata seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas. Di sini Anda akan belajar lebih dalam mengenai kegunaan dari masing-masing bentuk possessive adjective yang digunakan dalam pembentukan kalimat. Sebelum membuat contoh kalimat, pertama-tama Anda harus memahami pengertian masing-masing bentuk. Simak dengan seksama penjabaran contoh kalimat possessive adjective berikut ini.

1. My
Kata “My” merupakan salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “I”. Pada bentuk ini memiliki arti kepunyaanku atau (-ku).

Contoh possessive adjective bentuk “My”:

  1. Dessy is my best friend. (Dessy adalah teman baikku)
  2. This is my home and I have many cat. (Ini adalah rumahku dan aku memiliki banyak kucing)

2. Your
Kata “your” merupakan salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “you”. Pada bentuk ini memiliki arti kepunyaanmu atau (-mu).

Contoh kalimat possessive adjective bentuk “Your”:

  1. Where is your home address? (Dimana alamat rumahmu?)
  2. She is your sister? (Apakah dia ini adalah saudara perempuanmu?)

3.His

Kata “His” merupakan salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “he”. Pada bentuk ini memiliki arti milik dia laki-laki atau (-nya (laki-laki)).

Contoh possessive adjective bentuk “His”:

  1. His home is very big and clean. (Rumahnya sangat besar dan bersih)
  2. She ask me to take his phone. (Dia perempuan memintaku untuk mengambil HPnya)

4.Her

Kata “Her” merupakan salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “She”. Pada bentuk ini memiliki arti milik dia perempuan atau (-nya (perempuan)).

Contoh kalimat possessive adjective bentuk “Her”:

  1. Danis said to Lisa, will come to her birthday. (Danis berkata kepada Lisa, akan datang ke ulang tahunnya)

5.Its

Kata “Its” merupakan salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “It”. Pada bentuk ini memiliki arti kepemilikan suatu benda atau suatu hal.

Contoh kalimat possessive adjective bentuk “Its”:

  1. The Cow is shaking its tail. (Sapi itu menggoyangkan ekornya)

6.Their

Kata “Their” merupakan salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “They”. Pada bentuk ini memiliki arti milik mereka.

Contoh kalimat possessive adjective bentuk “Their”:

  1. I like their team work. (Aku suka kerja sama mereka)

7.Our

Kata “Our” merupakan salah satu bentuk possessive adjective yang berasal dari subject “We”. Pada bentuk ini memiliki arti milik kami.

Contoh possessive adjective bentuk “Our”:

  1. Our class is very big. (Kelas kami sangat besar)

Nah, itu tadi sedikit pengetahuan mengenai kalimat possessive adjective dalam belajar bahasa Inggris. Berbicara mengenai kepemilikan pastinya sering dilakukan dalam berbicara dalam sehari-hari. Pastikan Anda tidak salah lagi saat menggunakannya dalam bahasa Inggris. Anda bisa mencermati beberapa contoh kalimat possessive adjective yang telah di berikan di atas.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *