Penerapan Materi Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Posted on

Penerapan Materi Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya – Menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris menjadi hal yang penting untuk kehidupan. Bahasa internasional ini dapat menjadi bekal Anda ketika bercakap dan berinteraksi dengan para turis atau ketika berkesempatan studi di luar negeri. Sebuah conversation atau percakapan menjadi hal dasar dalam menguasai bahasa Inggris, terutama dalam berkenalan.
Perkenalan dalam Bahasa Inggris Sebagai Siswa di Kelas

Penerapan Materi Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Penerapan Materi Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Contoh perkenalan diri sebagai siswa baru dalam bahasa Inggris di depan kelas yang singkat bisa dilakukan dengan cara berikut.

Hello my new friends. Nice to meet you all. My name is Raisa Laura Mikha. My nickname is Raisa. I am 15 years old. I am from Yogyakarta. Now, I living at Imogiri Timur Street 7 kilometers number 26X. I live with my parent, my grandma, and one brother. My hobbies are jogging, reading books, and travelling. My favorite food are sate and fried rice.

Perkenalan tersebut menjelaskan nama lengkap, nama panggilan, umur, alamat rumah, hobi dan makanan kegemaran. Hal dasar itulah yang biasanya digunakan sebagai materi perkenalan diri dalam bahasa Inggris paling umum. Anda bisa memodifikasinya sesuai dengan fakta diri Anda selama berada pada situasi tersebut.

Perkenalan dalam Bahasa Inggris Ketika Masa Orientasi Siswa

MOS atau Masa Orientasi Siswa atau OSPEK ketika menjadi mahasiswa baru, pada umumnya juga terdapat sesi perkenalan diri. Meski tidak semua siswa diminta maju ke depan, tetapi perkenalan diri dalam bahasa Inggris ketika masa orientasi siswa juga bisa dijadikan sebuah ajang latihan mengasah pronunciation dalam bahasa Inggris.

Bagaimana contohnya?

Good morning, everyone. My Nama RakaBumi Ilyasa. You can call me Raka. This year, i’m officially 17 years old. My birthday on October 22th. I came from Jakarta. I live here in Bandung with my uncle and aunty. This is my first time I come to Bandung. This wonderful city, i hope i can get a good memory when i live here. My hobbies are singing and reading books. I love crime investigation genre. Thank you for the time given to me to introduce myself here.

Gaya bahasa yang santai tetapi cukup formal bisa dijadikan pilihan dalam menyampaikan perkenalan diri Anda. Dengan memberikan informasi lengkap, maka teman-teman akan mendapati gambaran umum diri Anda, kemudian bisa menjalin persahabatan lebih akrab.

Perkenalan dalam Bahasa Inggris untuk Wawancara Kerja

Meski tak semua wawancara kerja membutuhkan skill bahasa asing, alangkah baiknya bila Anda juga mempersiapkan materi perkenalan dalam bahasa Inggris sebagai standar kompetensi dasar. Komponen yang harus dipersiapkan dalam interview pekerjaan ada 3 hal. Pertama, tunjukkan siapa dirimu (who are you), kedua tentang mengapa kamu harus dipilih (why you’re qualified), ketiga tentang alasan perusahaan harus mempertahankan Anda (why you’re here).

Berikut ini terdapat contoh perkenalan dalam bahasa Inggris untuk pekerjaan sebagai seorang guru

Hello, my name is Sandra. I am 22 years old on this month. I am a recent Indonesia MBA graduate, and I have a strong background in teaching English for elementary school’s students. I am so passionate about teaching them to learn vocabulary and tell them to more practise. I enjoy to teach because I want to help them to do something good for their future.

Perkenalan tersebut mengemukakan tentang nama, usia, kegiatan harian tentang mengajar, dan ekspresi rasa bangga Anda dalam mengarungi passion dalam pengajaran. Tak ada tujuan yang lebih mulia dibandingkan rasa ingin menolong anak-anak agar memiliki kehidupan yang lebih baik untuk masa depan mereka.
Perkenalan dalam Bahasa Inggris sebagai Moderator dalam Rapat

Meteri perkenalan diri dalam bahasa Inggris juga harus Anda kuasai bila berhubungan dengan klien asing atau turis dalam sebuah rapat. Hal ini diperlukan agar semua informasi awal bisa dipahami oleh semua orang yang hadir di ruangan tersebut. Berikut ini contoh perkenalannnya.

Good morning, everyone. Thank you for coming this day. I hope all of you is healthy now. My Name is Rani Inasha. I am standing here for being moderator of this meeting. This morning we are going to discuss more issues about the curriculum development in our country. We are invite Mr. Chen and Miss Reyna for giving opinion and give us solutions about the problems.

Sebagai moderator, Anda bisa berterima kasih kepada para hadirin terlebih dahulu kemudian memperkenalkan diri. Setelahnya, Anda bisa menjelaskan tujuan rapat dan memperkenalkan narasumber  yang diundang dalam rapat.
Beberapa jenis materi perkenalan diri dalam bahasa Inggris di atas masih bisa dikembangkan lebih jauh. Contoh tersebut hanya merupakan gambaran tentang teknik dan pembahasan yang bisa disampaikan berdasarkan momen dan kegiatan yang terjadi. Anda akan semakin lihai ketika jam terbang dalam berbahasa Inggris juga semakin tinggi. Terus berlatih menjadi salah satu kunci untuk memperlancarnya. Terimaksih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *