Materi “Number” Sekolah Dasar Kelas 1

Posted on
Materi “Number” Sekolah Dasar kelas 1
Materi “Number” Sekolah Dasar Kelas 1

-Materi “Number” Sekolah Dasar Kelas 1-Dengan banyaknya pembelajaran bahasa Inggris, kamu harus tahu bahwa sebenarnya, ada beberapa pembelajaran yang memang membutuhkan bahasa Inggris dasar. Salah satu cara berbahasa Inggris dasar, yang baik dan benar adalah pengenalan dari akarnya, sehingga kamu bisa tahu apa saja yang harus dikuasai kedepannya. Materi Numbering, menjadi akar dari dasar pembelajaran berbahasa Inggris.

Dalam mempelajari materi bahasa Inggris, apalagi untuk anak sekolah dasar kamu harus tahu, bahwa ada beberapa metode pembelajaran yang bisa digunakan. Saat ini mempelajari Numbering dalam bahasa Inggris, sangatlah menjadi hal yang sangat penting. Apalagi jika kamu ingin menguasai berbahasa Inggris dengan sangat baik, sehingga kedepannya kamu menjadi lebih mudah untuk menghafal segalanya.

Cara Termudah Untuk Mempelajari Materi Number

1. Mempelajari dengan gambar
Kemampuan seseorang untuk menerima sesuatu memang berbeda-beda, kamu juga harus tahu kemampuan kamu dalam mempelajari sesuatu. Terkadang ada beberapa orang, yang memang lebih baik untuk mengajari sesuatu, melalui sebuah gambar. Dengan demikian dalam memberikan pembelajaran bahasa Inggris, kamu harus tahu kemampuan kamu dalam menghafal sesuatu sebelum memulainya.
2. Mempelajari dari jumlah benda
Tentunya salah satu materi pembelajaran yang akan mengasikan, adalah dengan mempelajari sesuatu sesuai dengan apa yang kamu sukai. Ketika kamu memang memahami apa yang harus kamu pelajari, maka semua itu akan menjadi lebih mudah. Mempelajari angka dari jumlah sebuah benda, memang sering kali menjadi salah satu cara paling efektif, untuk memastikan bahwa kamu memang bisa menguasainya.
3. Mempelajari hitungan angka
Jika kamu merupakan orang yang suka dengan angka, mungkin kamu bisa mencoba untuk mempelajari angka mengenai hitungannya. Dengan demikian semuanya bisa menjadi jauh lebih baik lagi, apalagi jika kamu bisa dengan cepat menghafal angka dalam bahasa Inggris, tanpa menggunakan media lain. Cara belajar inilah yang sering digunakan pada tempat umum seperti lokasi belajar sekolah atau kursus.

Media Alternatif Pembelajaran Number

Sebelum kamu mencoba untuk menggunakan beberapa pembelajaran number, kamu bisa memulainya dengan mencari media pembelajaran. Yang biasanya hal inilah, yang akan dilakukan terlebih dahulu oleh beberapa orang, agar nantinya bisa mempelajari sesuatu dengan mudah dan cepat. Jika kamu sudah bisa menemukan media pembelajaran yang tepat, kamu bisa menjadi lebih baik lagi untuk mempelajari sesuatu.
Untuk media yang pertama, adalah dengan belajar menggunakan sebuah video, yang bisa ditemukan dengan mudah. Saat ini tersedia banyak sekali video anak-anak, yang menunjukan materi pembelajaran dalam berbahasa Inggris dasar, sehingga kamu bisa mencoba untuk mengaplikasikannya. Dijamin anak anda, yang masih bersekolah di sekolah dasar, akan menyukai pembelajaran video ini karena menyenangkan.
Untuk cara yang terakhir, mungkin kamu bisa mencoba untuk membeli buku bahasa Inggris untuk sekolah dasar. Biasanya dalam buku bahasa Inggris sekolah dasar, didalamnya ada beberapa cara menarik yang bisa kamu gunakan, sehingga pembelajaran mengenai bahasa Inggris dasar menjadi lebih mudah. Kamu juga bisa mencoba untuk mengaplikasikannya, ketika sedang berada diluar dan mecoba berhitung.

Jenis Number Dalam Bahasa Inggris

Dalam berbahasa Inggris, mengenal beberapa number memang bukanlah hal yang mudah, kamu harus tahu beberapa jenis number dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, number dibedakan menjadi dua, ada Cardinal dan Ordinal number.
Note:  Cardinal Numbers – 1 (one), 2 (two) etc. (Used mainly for counting).Digunakan untuk menghitung
          Ordinal Numbers – 1st (first), 2nd (second) etc. (Used mainly for putting things in a sequence). Digunakan untuk             sesuatu hal yang berurutan. (sumber: www.vocabulary.cl)

• Cardinal Numbers

Untuk yang pertama adalah pengenalan number cardinal, dimana number ini menyatakan berapa banyak benda, orang, atau hewan. Biasanya number ini merupakan number yang memang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan digunakan langsung pada pembelajaran bahasa Inggris dasar pada sekolah Dasar. Seperti halnya, ketika kamu menghitung seperti one, two, three, four, five, dan seterusnya.
Penggunaan pembelajaran ini, memang merupakan salah satu cara termudah, untuk memberi perkenalan dalam berbahasa Inggris. Salah satu cara yang paling mudah, untuk mengenal angka adalah dengan mempelajari cardinal numbers. Sehingga setelah kamu mempelajari cardinal numbers, kamu bisa mengetahui beberapa jenis number lainnya dalam bahasa Inggris.
Berikut adalah daftar cardinal numbers dalam bahasa inggris:
1 – one
2 – two
3 – three
4 – four
5 – five
6 – six
7 – seven
8 – eight
9 – nine
10 – ten
11 – eleven
12 – twelve
13 – thirteen
14 – fourteen
15 – fifteen
16 – sixteen
17 – seventeen
18 – eighteen
19 – nineteen
20 – twenty
21 – twenty-one
22 – twenty-two
23 – twenty-three
30 – thirty
40 – forty
50 – fifty
60 – sixty
70 – seventy
80 – eighty
90 – ninety
100 – one hundred*
101 – one hundred and one
200 – two hundred
300 – three hundred
1000 – one thousand
1,000,000 – one million
10,000,000 – ten million
Contoh lain: 
51 – fifty one
101 – one hundred and one
2019 – two thousand and nineteen
Contoh lain dalam kalimat:
1. I have three sisters .(Saya mempunyai tiga saudara perempuan)
2. My sister is twenty-five years old. (Saudara perepmpuan saya berumur 25 tahun.)
3. He was born in nine teen ninety nine. (Dia lahir tahu 1999)

• Ordinal Numbers

Setelah kamu tahu apa yang dimaksud dengan cardinal number, maka yang selanjutnya adalah mempelajari tentang ordinal number, sebagai salah satu jenis number juga dalam bahasa Inggris. Untuk saat ini ordinal number, memang sering diartikan sebagai angka yang menunjukan peringkat atau posisi. Nantinya number ini akan memberikan kejelasan, tentang peringkat atau posisi dari orang atau benda, yang dicontohkan dengan penulisan first, second, third, fourth, fifth, dan selanjutnya dengan menambah th.
Biasanya dalam pengguanaannya, number ini akan menambahkan angka th pada ujungnya, dengan demikian kamu harus tahu beberapa cirinya. Jika nanti number yang kamu temukan berakhiran angka 1, maka penulisan hanya perlu untuk ditambahkan st di akhirnya, sedangkan jika angkanya 2 akan berakhiran nd, yang selanjutnya jika berakhiran angka 3 akan menggunakan rd. Sedangkan untuk angka yang berakhiran nol atau puluhan kamu harus menambahkan tieth atau ieth, untuk menulis beberapa angkanya.
Berikut daftar ordinal number dalam Bahasa inggris:
1st – first
2nd – second
3rd – third
4th – fourth
5th – fifth
6th – sixth
7th – seventh
8th – eighth
9th – ninth
10th – tenth
11th – eleventh
12th – twelfth
13th – thirteenth
14th – fourteenth
15th – fifteenth
16th – sixteenth
17th – seventeenth
18th – eighteenth
19th – nineteenth
20th – twentieth
21st – twenty-first
22nd – twenty-second
23rd – twenty-third
30th – thirtieth
40th – fortieth
50th – fiftieth
60th – sixtieth
70th – seventieth
80th – eightieth
90th – ninetieth
100th – hundredth
101st – hundred and first
200th – two hundredth
300th – three hundredth
1,000th – thousandth
1,000,000th – ten millionth
Note: untuk membuat Ordinal Number selalu diakhiri Th, kecuali untuk:
One -first (1st)
Two -second (2nd)
Three -third (3rd)
Contoh dalam kalimat:
1. Arsenal came second in the English football league last year. (Arsenal berada di urutan kedua di kompetisi sepakbola liga Inggris tahun kemarin.)
2. My birthday is on the 11th of July. (Ulang tahunku tanggal 11 juli.)

Contoh Materi Number Untuk Sekolah Dasar

Jika kamu masih bingung untuk memberikan cara pembelajaran, misalnya untuk mengaplikasikan beberapa jenis angka dalam bentuk ordinal atau cardinal numbers, kamu bisa mencoba beberapa triknya. Kamu hanya perlu untuk tahu bahwa, dalam penggunaannya pembelajaran dalam hal ini memang cukup simple untuk dilakukan. Apalagi jika kamu mencari beberapa bahan, untuk materi bagi anak sekolah dasar.
Contoh: menggunakan soal cerita
Misalnya kamu ingin membantu salah seorang anak, untuk belajar menggunakan angka dalam bahasa Inggris, maka kamu juga bisa melakukannya dengan mudah. Salah satunya adalah dengan pengaplikasian dalam soal cerita, yang mana dalam soal ini kamu bisa melakukan berbagai trik untuk mencari kreasi soal. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencari soal cerita apa yang memang mengasikan, juga dapat digunakan pada numbering ini.
Misalnya:
Jhony want to buy a pen in the bookstore, but he knew that he aalready has enough pen in his pencilcase. He decided to buy 1 red erraser, 1 green erraser, 4 yellow erraser, because he lost his erraser at school.
Artinya: Jhony ingin membeli pulpen di toko buku, tetapi ia tahu bahwa ia sudah memiliki banyak pensil di kotak pensilnya. Maka ia memutuskan untuk membeli 1 penghapus berwarna merah, 1 penghapus berwarna hijau, 4 penghapus berwarna kuning karena penghapusnya hilang di sekolah.
Pertanyaan: how many erraser that Jhony bought?
Berapa banyak penghapus yang dibeli Jhony?
Kamu bisa mencoba untuk memberikan pertanyaan seperti ini, ketika ingin memberikan materi pembelajaran number. Dengan memberikan pertanyaan melalui jalan cerita, pastinya segala sesuatunya bisa menjadi lebih mudah. Kamu bisa mendapatkan banyak referensi, serta mengasah daya ingat anak dengan menggunakan soal ini.
Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa dilakukan, ketika akan memberikan soal atau pembelajaran number untuk anak sekolah dasar. Semua itu bergantung kepada, bagaimana kamu bisa menempatkan sebuah soal, yang memang mengasikan untuk dipelajari.
Demikianlah Materi Number untuk sekolah dasar kelas 1, Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berlatih dan berlatih. Terimaksih. )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *