Friday, November 24, 2017
Home / Kinds Of Text / Penjelasan Anecdote Text, Ciri-Ciri, Tujuan dan Contohnya

Penjelasan Anecdote Text, Ciri-Ciri, Tujuan dan Contohnya

Penjelasan Anecdote Text, Ciri-Ciri, Tujuan dan Contohnya
Penjelasan Anecdote Text, Ciri-Ciri, Tujuan dan Contohnya

ANECDOTE TEXT

Penjelasan Anecdote Text, Ciri-Ciri, Tujuan dan Contohnya-Dalam Bahasa Inggris An anecdote is a short story, usually serving to make the listeners laugh or ponder over a topic. Generally, the anecdote will relate to the subject matter that the group of people is discussing. Anecdotes cover a wide variety of stories and tales, especially since they can be about basically any subject under the sun. Source : http://www.anecdoteexamples[dot]com

Anecdote Text adalah sejenis teks berbahasa Inggris di kalangan Narration, dimana merupakan penjelasan menceritakan kembali mengenai kejadian yang tak biasa atau ganjil, entah itu berupa fakta ataupun berbentuk imajinasi. Istilah dari anecdote sendiri berasal dari kata Anekdota, dimana artinya “tak diumumkan atau tak dipublikasikan. Jadi sebenarnya istilah yang satu ini digunakan pada sebuah cerita pribadi atau rahasia. Akan tetapi, hingga akhirnya terjadilah yang namanya pergeseran makna, serta pemahaman istilah dari Anekdot yang menjadi cerita lucu.

Tujuan Komunikatif Dari Anecdote Text

Tujuan komunikatif dari Anekdot text dalam Englishclass sendiri yaitu menceritakan tentang kejadian di masa lampau, bertujuan menghibur para pembaca maupun pendengar melalui cerita yang tak lazim atau tak biasa yang bisa membuat orang terhibur atau tertawa.

Generic Structure dari Anecdote Text

Ada beberapa struktur kebahasaan dalam Anekdot text itu sendiri, diantaranya meliputi :

1.Abstract

Dalam bagian abstract ini, umumnya penulis memulai tulisannya lewat memperkenalkan sesuatu hal yang sifatnya ganjil atau unik dengan singkat, sehingga mampu mengundang perhatian pembaca atau pendengar serta membuat penasaran pendengar bagaimana hal tersebut dapat terjadi. Umumnya meskipun bersifat tidak mutlatk, maka penulis pun memulainya dengan cara mengajukan pertanyaan.

2.Orientation

Jika penulis sudah mampu membuat pembaca atau pendengar merasa penasaran, selanjutnya penulis mulai memperkenalkan tentang pelaku, setting tempat, dan waktu sebuah cerita. Pada bagian ini mempunyai fungsi yang serupa seperti dalam Narration Text.

3.Crisis

Di bagian ketiga struktur generic dari Anecdote Text yaitu Crisis. Sesudah di bagian abstract, sang penulis menceritakan peristiwa yang unik dengan singkat, maka di bagian inilah penulis pun mempertegas keganjilan dan keunikan yang terjadi, dengan begitu grafik curiosity atau penasaran pembaca pun meningkat.

4.Reaction/Incident

Di bagian ini, biasnaya penulis pun mengakhiri penasaran hal ganjil maupun unik lewat cerita tersebut, melalui penjelasan tentang bagaimana si pelaku memecahkan keganjilan atau masalah yang terjadi. Selain itu, di bagian ini pulalah umumnya pencengar atau pembaca memperoleh pemecahan masalah tersebut dengan lucu atau menggelitik.

5. Coda (opsional)

Coda merupakan sebuah kesimpulan yang dapat ditarik pada sebuah cerita lucu, dimana umumnya mengundang gelak tawa dari para pembaca atau pendengar semakin maksimal. Akan tetapi, pada bagian ini tak selalu ada di cerita anecdote.

Karakter Kebahasaan Dari Anecdote Text

Tiap jenis teks yang berbahasa Inggris umumnya mempunyai ciri khas kebahasaan tertentu, di samping dapat dilihat struktur kebahasaannya atau generic structure yang dijelaskan di atas. Berikut ini beberapa ciri atau karakter kebahasaan di mana umumnya dijumpai dalam tiap Anecdote Text :
• Memakai kalimat past tens (pernyataan masa lampau), seperti misalnya : I found the book last night.
• Memakai pertanyaan retorika atau rhetoric question, seperti misalnya “Do you know why?”
• Mamakai kata sambung waktu atau conjunction of time, misalnya afterward, then, after, etc.
• Memakai action verb atau kata kerja aksi, misalnya writed, went, etc.
• Memakai imperative sentence atau kalimat perintah, misalnya listen!
• Memakai exclamation (kata seru) misalnya : It’s so Lucky Day!
• Memakai noun spesifik (kata benda) khusus.
Contoh Anecdote Text Lewat Bahasa Indonesia

Diceritakan tentang seorang wanita berusia tua memiliki masalah kesehatan lalu memeriksakan dirinya ke dokter. Lalu wanita tua tersebut menerima resep obat langsung dari dokter, serta tak disangka-sangka dimana wanita tua tersebut meminum obat tak sesuai anjuran yang sudah diresepkan oleh dokter. HInga hasilnya, terjadilah keanehan pada bagian tubuhnya, lalu mengeluh ke dokter tersebut. Dimana dirinya meminum obat tak sesuai aturan, dengan begitu menyebabkan munculnya bau yang tak enak. Akhirnya dokter tersebut pun menenangkannya lalu menyuruhnya tenang.. Lalu wanita tua tadi pun bertanya apakah yang kamu katakan. Lalu dokter pun menjawab, kamu harus tenang sebab sekarang kitasudah mencampur sinusnya lalu kita pun akan bekerja dengan tatap muka.

Adapun contoh lain teks pendek anecdote dalam Bahasa inggris beserta terjemahanya adalah sebagai berikut;

Contoh 1

woman is explaining the kind of man she wants at a dating service:
“He has to be polite, he has to have various interests, he has to know how to have a good conversation, he has to know whats going on around the world, and he has to never interrupt me.”
“You dont need a man, madam, you need a TV!”
Source : http://www.anecdoteexamples[dot]com

Terjemahan:

Seaorang Wanita sedang menjelaskan tentang tipe pria yang dia inginkan untuk teman kencan: “Dia harus bersikap sopan, dia harus memiliki berbagai kepentingan, dia harus tahu bagaimana melakukan percakapan yang baik, dia harus tahu apa yang terjadi di seluruh dunia, dan dia tidak boleh mengganggu saya.” “Anda tidak membutuhkan seorang pria, Sist, Anda butuh TV!”

Contoh 2

I remember spending long hot sunny Summer holidays at the seaside or at the park. As young and adventurous children, we would spend hours climbing trees in the nearby woods or scouring the beaches for seashells. It was glorious.
Source : http://www.anecdoteexamples[dot]com

Terjemahan:
Aku ingat waktu menghabiskan liburan musim panas yang cerah di pantai atau di taman. Sebagai anak muda dan petualang, kita akan menghabiskan berjam-jam memanjat pohon di hutan terdekat atau menjelajahi pantai untuk kerang. Itu mulia.

Contoh 3

Cary Grant is said to have been reluctant to reveal his age to the public, having played the youthful lover for more years than would have been appropriate. One day, while he was sorting out some business with his agent, a telegram arrived from a journalist who was desperate to learn how old the actor was. It read: HOW OLD CARY GRANT? Grant, who happened to open it himself, immediately cabled back: OLD CARY GRANT FINE. HOW YOU?
Source : http://www.anecdoteexamples[dot]com

Terjemahan:
Cary Grant dikatakan enggan mengungkapkan umurnya kepada publik, setelah bermain sebagai kekasih muda selama bertahun-tahun lebih dari yang seharusnya sesuai. Suatu hari, saat dia sedang melakukan bisnis dengan agennya, sebuah telegram datang dari seorang wartawan yang sangat ingin tahu berapa umur aktor itu. Bunyinya: BERAPA UMUR GRANT? Grant, yang kebetulan membukanya sendiri, segera melepaskan teleponnya: UMUR GRANT BAIK-BAIK SAJA. BAGAIMANA ANDA?

 

Itulah penjelasan singkat tentang Anecdote Text beserta contoh-contoh cerita Anecdote yang bisa dipelajari. Sebenarnya, masih banyak lagi contoh anecdote text lainnya yang lebih menggelitik, tentunya dengan menggunakan bahasa Inggris melalui struktur yang sudah disampaikan di atas. mungkin dilain kesempatan saya berikan contoh lainya. Terimakasih, Semoga bermanfaat

Pencarian Terkait:

  • anekdot text dalam bahasa inggris
  • anecdote text
  • anecdote text 2017
  • teks anecdote
  • ciri dan tujuan anecdote

Check Also

Example of Explanation Text (Tsunami)

Penjelasan dan Contoh Explanation Text tentang Tsunami beserta Terjemahanya

EXPLANATION TEXT –Penjelasan dan Contoh Explanation Text tentang Tsunami beserta Terjemahanya -Hai sobat EC bagaimana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!