Apa Perbedaan Because dan Because Of?

Posted on
Beasiswa Short Course Ke Luar Negeri=

Apa Perbedaan Because dan Because Of? -Tahukah anda apa perbedaan because dan because of? Atau mungkin anda hanya mengenal salah satu dari kedua kata tersebut? Mungkin mayoritas dari kita lebih sering mendengar kata because daripada because of. Meski terlihat mirip, tetapi sesungguhnya penggunaan keduanya berbeda.

Belajar bahasa Inggris bukan hanya sekedar menguasai speaking saja, tetapi juga writing dan lain sebagainya. Sering kali kita salah dalam menuliskan kata ataupun kalimat di dalam bahasa Inggris, termasuk ketika menulis kalimat yang mengandung kata because dan because of.

Apa Perbedaan Because dan Because Of?
Apa Perbedaan Because dan Because Of?

Perbedaan Because dan Because Of

Because maupun because of sebenarnya sama sama merupakan kata atau frase yang berfungsi untuk menunjukkan atau menyatakan alasan. Namun keduanya memiliki aturan penulisan berbeda dan digunakan dalam kondisi yang berbeda.

Pada kesempatan kali ini, mari kita belajar bersama mengenai apa saja yang menjadi perbedaan because dan because of dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini :

Because

Pertama, kita mulai membahas tentang because terlebih dahulu. Because termasuk ke dalam konjungsi subordinatif atau dalam bahasa Inggris, kita lebih mengenalnya dengan sebutan subordinating conjunction

Artinya, kata hubung (konjungsi) yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan anak kalimat dengan induk kalimat. Selain itu, because juga berfungsi untuk menunjukkan alasan.

Hal yang perlu anda ketahui adalah tulisan “because” selalu ditulis di awal anak kalimat dan ditulis sebelum subjek dan kata kerja (verb). Dengan menggunakan rumus sebagai berikut :
Because + Subject + Verb.

Contohnya :
• Because I woke up late, I was late for school. (Karena bangun kesiangan, saya terlambat masuk sekolah).
• Mother scolded us because we bought the wrong item. (Ibu memarahi kami karena kami salah membeli barang).
• The judge refused the appeal of the defendant because they could not show any new evidence. (Hakim menolak banding dari terdakwa, karena mereka tidak bisa menunjukkan bukti baru).
• Because I answered the questions from the teacher, I was allowed to go home. (Karena saya menjawab pertanyaan dari bu guru, saya diperbolehkan pulang).

Dalam penulisannya, gunakan koma di antara kedua kalimat apabila anak kalimat berada di depan induk kalimat. Itulah kurang lebih penjelasan tentang because dan cara penulisannya.

Because Of

Setelah membahas because, di poin kedua mari kita bahas tentang because of. Berbeda dengan because yang merupakan konjungsi subordinatif, because of termasuk ke dalam preposisi atau kata depan yang berfungsi untuk menunjukkan alasan.

Kata “because of” harus ditempatkan sebelum kata benda, frase kata benda, dan juga kata ganti. Rumusnya adalah sebagai berikut :
Because of + noun/ noun phrase/ pronoun

Contohnya :
• The campus is closed because of flooding. (Kampus diliburkan karena banjir).
• The hospital is closed because of eartquake. (Rumah sakit ditutup karena gempa).
• The culprit got caught because of her. (Penjahatnya tertangkap karena dia)
• The thief can be secured because of one of the residents. (Pencuri bisa tertangkap karena salah satu warga).
• Because of your love and support, I can finally champion. (Karena cinta dan dukungan kalian, saya akhirnya bisa juara)

Selain diletakkan di depan noun (kata benda), because of juga bisa diletakkan di depan kata kerja tipe ing (verb ing). Rumusnya yaitu :
Because of + verb-ing

Contoh :
• I can’t sleep because of drinking coffee. (Saya tidak bisa tidur karena minum kopi).
• I can’t go to the mall because of going to the office. (Saya tidak bisa pergi ke mal karena pergi ke kantor).
• I didn’t go to the market because sleeping. (Saya tidak pergi ke pasar karena tidur).
• Because of feeling ill, he doesn’t go to school today. (Karena merasa sakit, dia tidak pergi ke sekolah hari ini).
• Because of waking up late, I skipped breakfast. (Karena terlambat bangun, saya melewatkan sarapan).

Contoh Lain Penggunaan Because dan Because Of
Supaya semakin paham tentang perbedaan because dan because of, berikut ini saya berikan beberapa contoh kalimatnya untuk anda pahami dan pelajari :

• I was afraid to tell my father because my test score is so bad. (Saya takut memberi tahu ayah saya karena nilai ujian saya sangat buruk).
• Because of you, I never feel like I was alone anymore. (Karena anda, saya tidak pernah merasa sendiri lagi).
• I only cook because he wants me to. Saya hanya memasak karena dia menginginkan saya melakukannya).
• My brother needs to leave our family to war because of his duty as an army. Saudara saya perlu meninggalkan keluarga kami untuk berperang karena tugasnya sebagai tentara).

Demikian pembahasan mengenai perbedaan because dan because of. Untuk selanjutnya jangan sampai salah lagi membedakan dan menggunakan kedua kata tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *