Pengertian dan Contoh Compound Complex Sentence

Posted on

Pengertian dan Contoh Compound Complex Sentence-Pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai compound complex sentences beserta contoh-contohnya. Materi ini tergolong ke dalam grammar, sehingga anda harus benar-benar membaca materi ini hingga selesai supaya semakin mudah dalam memahaminya.

Compound complex sentences merupakan salah satu tipe kalimat dalam bahasa inggris. Selain ini, ada beberapa tipe kalimat lainnya yaitu simple sentence, compound sentence dan juga complex sentence. Namun, kita tidak membahas semuanya, hanya compound complex sentences yang dibahas.

Pengertian dan Contoh Compound Complex Sentence
Pengertian dan Contoh Compound Complex Sentence

Pengertian Compound Complex Sentence

Compound Complex Sentences merupakan perpaduan antara compound sentence dan juga complex sentence. Tipe kalimat ini mempunyai tiga atau lebih klausa di dalamnya dan terdapat minimal dua independent clause dan satu dependent clause.

Independent clause merupakan kelompok kata yang mengandung subject, verb (kata kerja), dan komponen-komponen lain sehingga menjadi utuh. Sering juga disebut sebagai induk kalimat

Sementara dependent clause adalah kelompok kata yang mengandung subjek dan kata kerja namun tidak bisa mengungkapkan suatu pikiran secara utuh. Kelompok kata ini sering disebut sebagai anak kalimat.

Karena compound complex sentence merupakan gabungan dari compound sentence dan complex sentence, maka saya juga akan membahas keduanya. Apa perbedaan kedua jenis kalimat ini?

Compound Sentence

Compound Sentence merupakan tipe kalimat yang terdiri dari dua independent clause atau lebih dan digabungkan dengan menggunakan coordinating conjunction. Coordinating conjunction sendiri merupakan kata yang menghubungan kata, klausa, atau frasa secara positif, negatif, atau netral. Contohnya yaitu for, and, but, yet, or, so, dan nor. Beberapa contoh compound sentence yakni sebagai berikut;

• He wanted to go to England, so she applied for a Visa. (Dia ingin pergi ke Inggris, jadi dia mengajukan permohonan Visa).
• Rudi will be late for he get stuck in the traffic jam. (Rudi sepertinya akan terlambat karena ia terjebak dalam kemacetan).
• I can smell the aroma of fried rice from afar and I feel hungry now. (Saya bisa mencium aroma nasi goreng dari jauh dan saya merasa lapar sekarang).
• I will let Robi drive me or I will take the taxi. (Saya akan membiarkan Robi mengantar saya atau saya akan naik taksi).
• I promise to cook pizza for my children but I am so busy right now. (Saya berjanji untuk memasak pizza untuk anak-anak tetapi saya sangat sibuk sekarang ini).

Complex Sentence

Kemudian mari kita bahas tentang complex sentence. Tipe kalimat yang satu ini terdiri atas satu independent clause dan satu atau lebih dependent clause. Nantinya depedent clause ini akan di hubungkan dengan subordinating conjunction dan relative pronoun.

Untuk subordinating conjunction, anda bisa menggunakan after, as, as if, since, when, although, before, because, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sementara itu untuk relative pronoun, yang dapat anda gunakan adalah who, whom, which, whose, dan that. Contoh dari complex sentence antara lain yaitu :

• Because he had free time during last holiday, he cleaned her house). (Karena ia memiliki waktu luang selama liburan lalu, ia membersihkan rumahnya).
• I like the ice cream that he just eat. (Saya suka es krim yang baru saja dia makan).
• I will give you a call after I get the news. (Saya akan menghubungi anda setelah saya mendapat berita tersebut).
• I will not give up until I achieve my goal (Saya tidak akan menyerah hingga saya menggapai tujuan).
• If you talk too loud, I will be deaf. (Jika anda berbicara terlalu keras, saya bisa jadi tuli).
• After you finish cooking for launch, you can call me. (Setelah anda selesai memasak untuk makan siang, anda bisa memanggil saya).

Lalu Bagaimana dengan Compound Complex Sentence?

Sesuai apa yang sudah saya jelaskan pada bagian pengertian compound complex sentence di atas, tipe kalimat ini merupakan gabungan dari compound sentence dan complex sentence. Atau tipe kalimat yang memiliki dua atau lebih independent clause dan satu atau lebih dependent clause. Supaya makin paham, mari simak beberapa contohnya berikut ini :

• My sister doesn’t like K-drama because it is boring, so she ignore it. (Adik perempuan saya tidak suka K-drama karena membosankan, jadi dia mengabaikannya).

Pada kalimat tersebut, kalimat “My sister doesn’t like K-drama” merupakan indepedent clause pertama, sedangkan kalimat “so she ignore it” adalah independent clause yang kedua. Kalimat “because it is boring” adalah dependent clause.
• I visited the place that you told me, and I bought some souvernir. (Saya mendatangi tempat yang Anda katakan kepada saya, dan saya membeli beberapa suvenir).

Kalimat “I visited the place that you told me” merupakan indepedent clause 1. Kalimat “I bought some souvernir” adalah independent clause 2. Sementara itu, kalimat “that you told me” adalah dependent clause.

Demikian materi pembahasan mengenai pengertian compound complex sentence dan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *