Contoh Job Description Lengkap dengan Struktur dan Tipsnya!

Posted on

 

Contoh Job Description
Contoh Job Description

Contoh Job Description LengkapContoh job description banyak dicari oleh para perusahaan atau instansi yang membuka lowongan pekerjaan. Memang, menulis job description tidak bisa sembarangan. Karena job description tersebut yang nantinya akan menjadi pintu gerbang masuknya pegawai yang sesuai.

Nah, oleh karena itu Anda perlu untuk memahami apa itu job description, bagaimana strukturnya, tips menyusun dan contoh job description. Dengan demikian Anda bisa membuat job description yang efektif dan tepat. Simak yuk, artikel yang membahas tentang job description ini!

Pengertian, Struktur dan Tips dalam Menulis Job Description

Job description adalah suatu dokumen atau narasi yang berisi gambaran umum dan gambaran khusus pada suatu role pekerjaan. Maksud dari penyusunan job description adalah agar para pegawai atau calon pegawai mampu memahami apa perannya dalam perusahaan.

Oleh karena itu, dalam penyusunan job description haruslah bersifat deskriptif dan jelas. Sehingga tidak ada kerancuan dan misinformasi di kemudian waktu. Hal lain yang tidak boleh terlewatkan saat menyusun job description adalah kesederhanaan. Pastikan bahwa Anda membuatnya secara singkat dan padat.

Memang tidak dapat terelakan bahwa menyusun job description itu agaknya sedikit tricky. Hal ini karena job description bersifat singkat dan padat, namun isinya harus lengkap dan jelas. Nah, supaya Anda tidak bingung maka Anda bisa mengikuti struktur job description yang telah kami rangkum di bawah:

– Nama Pekerjaan (Posisi)
Ketika Anda sedang membuat job description, maka jangan lupa untuk menulis nama posisi pekerjaan secara jelas dan mudah terbaca. Anda bisa menaruh nama posisi pekerjaan di bagian paling atas dan Anda cetak dengan huruf tebal.

– Ringkasan Pekerjaan (Posisi)
Tidak cukup menuliskan nama posisi saja, namun sebuat job description yang baik harus mampu memberi ringkasan role pekerjaan. Anda bisa membuat ringkasan tersebut sebanyak 1 atau 2 kalimat saja.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kerangka berpikir dan ekspektasi yang terarah mengenai role tersebut kepada para pelamar. Dengan cara ini, pelamar akan lebih paham apa posisi yang mereka lamar.

– Tugas dan Peran

Bagian ini adalah inti dari sebuah job desk. Anda harus mampu memberikan informasi terkait tugas dan peran dari posisi pekerjaan yang sedang Anda buka. Hal yang terpenting pada penulisan tugas dan peran adalah dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami secara umum.
Akan lebih baik lagi jika Anda mampu memilih diksi yang bersifat lebih profesional. Sebab hal ini akan lebih menunjukkan kredibilitas perusahaan Anda

– Kriteria yang Relevan

Sebelum Anda mengakhiri job description, Anda bisa memberikan informasi terkait kriteria yang Anda cari. Beberapa kriteria seperti mudah beradaptasi, mampu bekerja individu atau bekerja dalam tim, dan mampu mengoperasikan produk Google bisa Anda masukan sebagai informasi tambahan.
Hal berikutnya yang akan sangat membantu dalam penyusunan job description adalah dengan mengetahui tipsnya. Salah satu tips untuk bisa membuat job description yang bagus adalah dengan banyak menyimak contoh job description.
Dengan banyak melihat, menyimak, dan mencermati berbagai job description, Anda akan mendapatkan lebih banyak referensi. Pastikan pula bahwa referensi job description Anda adalah kredibel. Maka dari itu, Anda bisa melihatnya dari perusahaan dan instansi besar.

Di samping itu, untuk memberikan Anda gambaran yang lebih jelas maka di artikel ini kami juga telah menyediakan cara membuat dan contoh job description yang bisa Anda jadikan bahan berlatih.

Contoh Cara Membuat Job Description

Sebagaimana struktur yang telah dijelaskan, maka untuk membuat job description hal pertama yang harus Anda tuliskan adalah nama dari pekerjaan yang ingin Anda buatkan job descriptionnya. Anda bisa memilih untuk menuliskannya dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris karena saat ini memang bahasa Inggris sangat umum dalam dunia kerja.

Contoh penulisan nama posisi dalam bahasa Inggris / bahasa Indonesia adalah:
– Finance Staff / Staf Keuangan
– Administration Staff / Staf admin
– Digital Content Creator / Pembuat Konten Digital
– Content Writer / Penulis Konten
– Civil Engineering / Teknisi Sipil
– English Teacher / Guru Bahasa Inggris
– Customer Service / Layanan Pelanggan

Beberapa posisi mungkin lebih familiar jika Anda tulis dalam bahasa Inggris, maka Anda dapat memilih bahasa Inggris untuk job description tersebut.

Setelah menentukan hal tersebut, Anda kemudian dapat meneruskan pada bagian ringkasan pekerjaan. Bagian ini adalah pembuka sebelum Anda menulis bagian inti, yakni tugas dan peran. Dalam ringkasan ini Anda bisa pula memasukan nama perusahaan. Berikut adalah ringkasan pekerjaan untuk yang bisa Anda jadikan contoh:

Posisi HR
● Bahasa Indonesia:
PT Cerah Semesta membutuhkan seorang HR yang akan berperan dalam proses rekrutmen karyawan dan pengembangan SDM. Seorang HR akan bertanggungjawab terhadap karyawan dan organisasi.

● Bahasa Inggris:
PT Cerah Semesta needs an HR who will play a role in the employee recruitment process and HR development. An HR will be responsible for employees and the organization.

Posisi Finance Staff
●Bahasa Indonesia:
PT Makmur Semesta Sentosa (MSS Group) sedang membutuhkan 3 orang Staff Finance. Seorang Staff Finance akan memiliki tanggung jawab terhadap keuangan perusahaan dan alur keluar – masuk dana. Staff Finance wajib membuat laporan keuangan secara berkala.

● Bahasa Inggris:
PT Makmur Semesta Sentosa (MSS Group) is in need of 3 Finance Staff. A Finance Staff will have responsibility for the company’s finances and the flow of funds in and out. Finance staff are required to make periodic financial reports.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan penyusunan Job Description ke bagian inti, yaitu menguraikan apa saja tugas dan peran yang akan menjadi tanggung jawab seorang pegawai. Berikut adalah contohnya:

● Bahasa Indonesia

1. Melakukan seleksi pegawai baru. Hal ini termasuk ke dalam seleksi administrasi, wawancara, dan proses pendataan.

2. Bertanggung jawab terhadap aktivitas pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia). HR dapat memberikan input terkait aktivitas pengembangan skill karyawan.

3. Membantu administrasi karyawan dalam tiap divisi di perusahaan.

4. Terlibat dalam promosi, transisi, dan demosi tiap karyawan.

5. Bertanggung jawab untuk menyusun peraturan baru perusahaan atau SOP dan aktivitas training.

6. Membantu menyusun kontrak kerja
7. Membantu mengelola mekanisme punishment pada kelalaian karyawan

● Bahasa Inggris

1. Conducting selection of new employees. This includes the administrative selection, interview, and data collection process.

2. Responsible for HR development activities (Human Resources). HR can provide input related to employee skill development activities.

3. Assisting the administration of employees in each division in the company.

4. Engage in the promotion, transition and demotion of each employee.

5. Responsible for drafting new company regulations or SOPs and training activities.

6. Assist in drafting employment contracts

7. Help manage the punishment mechanism for employee negligence

Setelah itu, sebagai tambahan Anda juga bisa memberikan keterangan kriteria yang relevan untuk mengisi posisi tersebut. Contohnya, untuk posisi HR Anda bisa menyusunnya sebagai berikut:

● Bahasa Indonesia:
Untuk mengisi posisi ini, seorang kandidat harus mampu bersikap analitis dan kritis. Kemampuan untuk mengoperasikan perangkat komputer dan menyusun dokumen secara rapi juga akan sangat diperlukan.

● Bahasa Inggris
To fill this position, a candidate must be able to be analytical and critical. The ability to operate computers and arrange documents neatly will also be very necessary.
Nah, itu dia penjelasan dari cara membuat dan contoh untuk job description di suatu perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *