Materi Asking and Giving Information dan Contohnya

Posted on

Materi Asking and Giving Information dan Contohnya-Ketika kamu ingin mendalami lebih jauh, untuk menjadi lebih fasih dalam menggunakan bahasa Inggris. Ada baiknya jika kamu mengerti beberapa kalimat ungkapan, yang akan menjadi kunci untuk berkomunikasi, antara kamu dengan orang lain disekitar. Salah satu jenis kalimat ungkapan yang memang sering digunakan, adalah jenis kalimat ungkapan asking and giving information dalah berbahasa Inggris.

Materi Asking and Giving Information dan Contohnya
Materi Asking and Giving Information dan Contohnya

Bukan suatu hal yang mudah, ketika kamu ingin fasih dalam berbahasa Inggris dengan cepat. Pastinya karena bahasa Inggris ini bukanlah bahasa Ibu kita, maka kamu harus mempelajarinya dengan konsisten. Salah satunya adalah dengan mengenal beberapa kalimat ungkapan, yang bisa membantu kamu untuk menjadi lebih megerti, ketika ada beberapa orang yang berbicara menggunakan Bahasa Inggris nantinya.

Apa yang Dimaksud Dengan Asking and Giving Information?

Asking & Giving information adalah Sebuah kalimat eksperesi, memang tidak akan dibutuhkan untuk saat ini, akan tetapi pada masa depan kamu nanti saat berada di keadaan mendesak. Arti dari asking itu sendiri berarti bertanya, atau menanyakan sesuatu yang berartikan kamu menanyakan sebuah informasi, kepada seseorang disaat tertentu. Sedangkan giving, yang memiliki arti memberikan atau menyampaikan informasi kepada orang.

Sebenarnya, ada beberapa ekspresi yang bisa kamu pergunakan, ketika sedang ingin menanyakan sesuatu, atau mengatakan sesuatu kepada seseorang. Jadi, kamu sebenarnya tidak perlu bingung untuk mengatakan sesuatu, asalkan saat atau situasinya tepat dengan apa yang dibicarakan. Bahkan disini akan ada beberapa contoh, dalam penggunaan ekspresi ini yang digunakan dalam bentuk dialok bagi kamu.

Kapan anda Harus Menggunakan Bahasa Formal dan Informal

Pastinya dalam menggunakan bahasa Inggris, kamu harus tahu penggunaan bahasa yang baik dan benar. Dimana nantinya kamu harus bisa membedakan, kapan kamu harus menggunakan bahasa yang formal, juga untuk menggunakan bahasa yang santai atau tidak formal. Semua ini akan bergantung, kepada siapa kamu berbicara juga bahasa apa yang harus kamu pergunakan, sesuai dengan kondisi dan lawan bicara.
Sebenarnya penggunaan ekspresi ini sangatlah mudah dilakukan, apalagi kamu sudah mengerti beberapa perkataan dasar dalam bahasa Inggris. Untuk itu pergunaan dari bahasa ini, memang sangat penting dikuasai bagi kamu, yang sehari-harinya sibuk untuk beraktifitas. Salah satunya mungkin dalam menanyakan waktu, menanyakan tempat, atau memberikan informasi lainnya kepada lawan bicara kamu.

Perhatikan kembali mengenai situasinya, ketika kamu memang akan menanyakan sesuatu kepada seseorang. Ada saat ketika kamu akan menanyakan kepada seorang teman, biasanya kamu akan menggunakan biasa yang lebih informal atau bebas. Sedangkan kepada orang yang lebih dewasa, penggunaan bahasa haruslah menggunakan bahasa yang sopan, atau dalam bahasa Inggris yang formal.

Contoh Asking and Giving Information dan Contohnya

Contoh Kalimat Asking and Giving Information
Contoh Kalimat Asking and Giving Information

Menggunakan bahasa formal:

1. Could you tell me about the exam day?
Artinya: dapatkah anda memberitahu saya tentang ulangan?
Ketika kamu belum begitu akrab dengan beberapa orang disekeliling, maka ada baiknya jika kamu menggunakan bahasa yang formal. Mungkin situasi ini akan jarang terjadi, akan tetapi meskipun terhadap teman, biasanya ada saja yang belum begitu akrab. Sehingga kamu diharuskan untuk memohon, dalam meminta sebuah informasi menggunakan bahasa yang lebih formal, akan berkesan lebih baik lagi.

2. Could you find out where she lives?
Artinya: dapatkah anda memberi tahu saya tempat dia tinggal?
Pertanyaan ini, biasanya akan diberikan kepada seseorang yang belum anda kenal, ketika kamu berada pada suatu tempat atau kondisi yang mendesak. Misalnya, ada seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan atau kantor, kemudian kamu membutuhkan informasi lebih mengenai dirinya. Dengan pertanyaan inilah, kamu bisa mengenal lebih jauh seperti menanyakan lokasi tempat tinggal orangnya.

3. Would you mind to tell me about the story?
Artinya: apakah anda tidak keberatan untuk menceritakan cerita itu?
Menjadi orang yang serba ingin tahu bukanlah hal yang buruk atau baik, karena semuanya akan lebih baik jika kamu bisa mengkondisikannya. Disini, ada sebuah cara yang bisa kamu lakukan, ketika kamu ingin mencari tahu mengenai sebuah cerita. Kemudian kamu memintanya, dari beberapa orang atau seseorang yang belum begitu kamu kenal, penggunaan dari kalimat ini bisa membantu kamu untuk bertanya.

4. I wonder if you could tell me about her lifestyle?
Artinya: dapatkah anda memberitahu saya mengenai cara hidupnya?
Biasanya untuk mengenal lebih seseorang, kamu diharuskan untuk mengetahui cara hidupnya, sehingga kamu bisa menjadi lebih dekat lagi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan, adalah menanyakannya kepada orang terdekatnya, yang memang bisa memberitahu kamu segala hal yang diperlukan. Dengan cara bahasa yang formal, nantinya dalam menanyakan informasi tidak akan berkesan tidak sopan.

5. Would you like to explain about the rules?
Maukah anda memberikan penjelasan tentang peraturannya?
Ketika kamu berada dalam suatu lokasi, mungkin ketika kamu berkunjung ke musium atau kebun binatang, biasanya kamu akan menemukan beberapa peraturan yang harus ditepati. Dalam hal ini, kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan kalimat ini, ketika kamu ingin bertanya mengenai peraturannya, dengan penjelasan yang lebih detail lagi.

Dengan cara Non-Formal:

1. Can you tell me what time it is?
Artinya: bisakah kamu memberitahu saya jam berapa sekarang?
Sesuatu yang sering untuk ditanyakan, adalah informasi mengenai waktu. Yang biasanya akan kamu tanyakan ketika kamu lupa atau tidak memiliki alat, untuk mengetahui waktu. Pertanyaan ini memang sering digunakan, kepada beberapa orang yang memang pada dasarnya sudah kamu kenal dekat.

2. Can you tell me about the schedule?
Artinya:Bisakah kamu memberitahu saya tentang skedulnya?
Biasanya ketika kamu berada di sekolah, kamu akan membutuhkan informasi, mengenai skedul yang akan dipelajari pada hari itu. Dalam hal ini, kamu bisa mencoba untuk menggunakan kalimat ini untuk menanyakan informasinya. Penggunaan kalimat ini, memang akan pantas jika kamu menanyakan ke teman sebaya.

3. Do you know what happen in his room?
Artinya: Apakah kamu tahu apa yang terjadi di ruangan ini?
Sesuatu yang mungkin terjadi, memang tidak bisa di prediksi begitu saja, termasuk pada kalimat yang satu ini. Kamu bisa menggunakan kalimat ini untuk orang yang sudah kamu kenal.

4. Can anyone tell me what happen?
Artinya: bisakah kamu memberitahu saya apa yang terjadi?

Biasanya ketika terjadi sesuatu, yang mungkin membuat kamu bingung, kamu bisa mencoba untuk menanyakannya kepada teman dengan menggunakan kalimat ini. Bisanya kalimat ini memang sering diguanakan, ketika ada sesuatu yang terjadi di suatu tempat, dengan penggunaan kalimat yang dilayangkan untuk orang yang sudah akrab dengan anda, atau untuk orang yang sebaya.

Masih ada banyak lagi untuk contoh kalimat asking and giving information, yang bisa kamu gunakan ketika kamu berada pada situasi tertentu. Hanya saja sebenarnya semua itu bergantung, pada penggunaan kalimat formal dan informal yang harus kamu gunakan, bergantung pada lawan bicara kamu. Sekian artikel dari kami. Semoga bermanfaat dan terimaksih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *