Memahami Future Perfect Tense Dengan Mudah

Posted on

Memahami Future Perfect Tense Dengan Mudah-Mempelajari bahasa Inggris harus telaten agar dapat memahami dan mengerti. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional sehingga mau tidak mau harus mempelajarinya. Di dalam bahasa Inggris terdapat tatanan tertentu dalam membuat suatu kalimat yang tergantung pada keterangan waktunya. Kuncinya saat mempelajari membuat kalimat dalam bahasa Inggris adalah pada keterangan waktu.

Memahami Future Perfect Tense Dengan Mudah
Memahami Future Perfect Tense Dengan Mudah

Contohnya terdapat perbedaan jika waktu kerja dilakukan dalam masa berbeda. Pekerjaan yang dilakukan pada masa lampau berbeda dengan jika dilakukan di masa mendatang. Untuk mempelajari ini maka ada rumus tertentu yang dapat membantu dalam penyusunan suatu kalimat. Yang terpenting adalah mengerti dan memegang kunci serta rumusnya sehingga ketika diterapkan ke dalam sebuah kalimat tidak bingung. Sebagai contoh adalah Future Perfect Tense.

Pengertian Future Perfect Tense

Future Perfect Tense adalah suatu kalimat yang menggambarkan suatu kata kerja dilakukan pada masa mendatang dengan aktivitas akan selesai. Dapat juga diartikan sebagai sebuah kejadian atau pekerjaan yang sudah terjadi atau telah menyelesaikannya pada waktu tertentu. Keterangan waktu ini merupakan kunci dan sebaiknya dipahami benar.

Fungsi Future Perfect Tense

Ada 2 fungsi yang wajib diketahui. Fungsi yang pertama adalah mengungkapkan sebuah aktifitas akan telah terjadi atau telah selesai sebelum melakukan aktifitas lainnya dan dilakukan pada masa mendatang.
Fungsi yang kedua adalah menunjukkan suatu aktifitas akan sudah selesai di suatu waktu pada masa mendatang.

Agar dapat membedakan antara keduanya maka harus diperhatikan adanya keterangan waktu. Keterangan waktu di antara kedua fungsi tersebut berbeda. Untuk lebih lancar saat membuat kalimatnya dapat dipahami tentang keterangan waktu tersebut. Jika telah mengetahui dan memahami perbedaan keterangan waktu tersebut maka membuat kalimat dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Kunci Future Perfect Tense

Menggunakan beberapa keterangan waktu yang dapat ditandai dengan ukuran. Keterangan waktu tersebut adalah at this time next week/month/year, by this time next week/month/year, by next Sunday dan tomorrow. Keterangan waktu lainnya dapat menggunakan pengukuran angka. Keterangan waktu tersebut yaitu by 8, on the 17th of July dan in 2 years time.

At this time next week/month/year artinya di waktu yang sama di saat sekarang ini pada minggu atau bulan atau tahun. By this time next week/month/year artinya selambatnya waktu yang sama di saat ini pada minggu atau bulan atau tahun. By next Sunday artinya tidak lebih dari minggu depan. Tomorrow artinya besok. By 8 artinya tidak melebihi pukul 8. On the 17th of July artinya pada tanggal 17 di bulan Juli. In 2 years time artinya dalam waktu 2 tahun.

Rumus Future Perfect Tense

Untuk membuat sebuah kalimat dalam Future Perfect Tense tidak bisa sembarangan. Ada rumus tertentu yang harus diterapkan dalam sebuah kalimat.
Rumus ini menjadi pegangan untuk membuat kalimat dengan tepat. Yang harus diingat adalah keterangan waktu itu tadi. Rumus dan keterangan waktu tersebut dapat dihafalkan jika masih kurang mahir dalam membuat kalimat. Tetapi jika nanti sudah terbiasa maka dapat dilakukan dengan lebih mudah. Bahkan terasa mengalir begitu saja tanpa mengingat rumus, kunci dan keterangan waktu.

 Subjek + Will Have + V3 (Past Participle)

Contoh Future Perfect Tense

Untuk mempermudah saat mempelajari kalimat Future Perfect Tense maka akan semakin mudah jika telah memperhatikan contohnya. Kalimat contoh tersebut tidak baku harus sama. Yang paling penting dan harus diperhatikan adalah keterangan waktunya. Rumus pembuatan kalimat juga harus diperhatikan agar tepat.

• Before she comes, the home will have been cleaned.
• We will meet on the road at 9. We will have prepare when you go at 10.
My friend will have painted your wall tomorrow.
• At this time next year, I will have finished my course.
• By this time next month, I will have lived in this city for 5 years.

Mempelajari kalimat yang benar dalam bahasa Inggris sebenarnya sangat mudah asalkan memahami kunci dan rumusnya. Seperti ketika mempelajari kalimat Future Perfect Tense menjadi semakin mudah dengan mengetahui rumus dan kuncinya seperti di atas. Apalagi sudah diberikan contoh untuk menerapkannya di dalam kalimat. Terimakasih sudah berkunjung 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *