Pengertian dan juga contoh kalimat conditional sentence type 3

Posted on
Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 3

Pengertian dan juga contoh kalimat conditional sentence type 3Conditional Sentence type 3 ini merupakan kalimat yang mengandung sebuah penyesalan. Namun, untuk memahami kalimat conditional sentence type 3 ini memang tidak semudah kalimat conditional sentence lainnya.

Untuk itulah, konsep conditional sentence type 3 dalam bahasa Inggris ini dibuat agar lebih mudah untuk dipahami. Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa contoh dari kalimat conditional sentence type 3 yang bisa Anda pelajari dan pahami lebih lanjut.

Pengertian Conditional Sentence Type 3

Conditional Sentence type 3 atau biasa disebut dengan third conditional merupakan conditional sentence yang digunakan pada saat result atau consequence yang merupakan hasil dari sebuah kondisi atau syarat yang sudah jelas tidak akan ada kemungkinan untuk terwujud karena kondisinya yang sebenarnya harus sudah dipenuhi di masa lalu.

Nah, untuk condition ini sendiri berada didalam subordinated clause dan juga subordinated conjunction “if”. Sedangkan untuk result atau consequence dari pernyataan “if” tadi berada didalam main clause.

Contoh kalimat conditional sentence type 3 ini merupakan bentuk kalimat yang digunakan ketika mengungkapkan sebuah penyesalan dari apa yang sudah terjadi di masa lalu. Nah, kalimat pernyataan tersebut kemudian akan diikuti dengan kalimat keyakinan yang menyatakan bahwa kondisi pada saat ini akan berbeda jika hal yang berbeda terjadi di masa lalu pada kala itu.
Hal semacam ini berarti bahwa pernyataan dari kedua sisi clause, baik itu dari “if clause” atau pun “main clause” sudah tidak mungkin terjadi.

Kalimat Conditional Sentence Type 3

Contoh kalimat conditional sentence type 3 ini adalah if you had told me that you love me, I would have dated you. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa subject “I” tidak jadian dengan subject “You”. Hal ini dikarenakan si subject “I” tidak mengetahui bahwa subject “You” sebenarnya memiliki rasa suka.

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mengapa subject “I” ini tidak mengetahui bahwa “You” menyukainya? Karena subject “You” ini tidak pernah menyatakannya waktu itu.

Namun, perandaian pun dibuat jika subject “You” memberitahukan terlebih dahulu bahwa tengah menyukai “I”, maka kemungkinan besar subject “I” sudah jadian saat ini dengan subject “You”.

Untuk kondisi yang sedang terjadi pada contoh kalimat conditional sentence type 3 ini menyatakan bahwa tengah merujuk pada hal yang ada dan terjadi di masa lalu. Kemudian kalimat tersebut disanggah dengan sebuah perandaian, jika saja kondisinya berbeda waktu itu, mungkin hasilnya juga akan berbeda saat ini.

Rumus Kalimat Conditional Sentence Type 3

Dari contoh kalimat diatas, tentu bisa ditarik sebuah rumus yang dapat membuat Anda menjadi lebih paham akan struktural dari kalimat conditional sentence type 3 ini. Mari perhatikan kembali bagaimana pola kalimat dari conditional sentence type 3 yang perlu Anda ketahui.

Rumus Conditional Sentences Type 3

Rumusnya adalah if (+) condition, result atau bisa juga sebaliknya yakni result, if (+) condition. Penjelasannya adalah if (+) past perfect tense, past future perfect tense. Untuk lebih detil nya adalah if (+) [subject + had + past participle], [subject + modal auxiliary verb (would, could, might, should) + have + past participle].

Sebagai contohnya adalah if I had made dinner, I could have watched my favorite show. Ada juga tips untuk lebih meringkas rumus dari kalimat conditional sentence type 3 ini, yakni had (+) verb 3, would atau could + have + verb 3.
Jika Anda sudah memahami terkait rumus dan juga konsep dari kalimat conditional sentence type 3 ini, maka Anda bisa langsung melihat beberapa rekomendasi contoh kalimat conditional sentence type 3 ini.

Baca juga : Penjelasan lengkap If conditional tipe 123

Contoh dari Kalimat Conditional Sentence Type 3

Berikut ini ada beberapa contoh dari kalimat conditional sentence type 3 yang bisa Anda baca dan pelajari bagaimana pola kalimatnya ditulis. Untuk contoh kali ini, rumus yang akan digunakan adalah if (+) condition, result.

Contoh pertama adalah If you had given me a cake on my birthday, I would have been very happy. Yang artinya jika saja Anda memberikan ku kue di hari ulang tahun ku, aku pasti akan senang.

Contoh kedua adalah if you had studied seriously, you would have won the Science Olympiad. Yang artinya jika Anda belajar dengan serius, Anda pasti sudah bisa memenangkan olimpiade sains itu.

Contoh kalimat conditional sentence type 3 selanjutnya adalah if you had bought the tickets, we would have watched the concert. Yang artinya adalah jika Anda sudah membeli tiket waktu itu, kita sudah pasti bisa menonton konser pada waktu itu.

Contoh keempat adalah if Putri hadn’t forgotten to lock the garage, the thief wouldn’t have entered the house so easily. Yang artinya adalah jika Putri tidak lupa mengunci garasi, pencuri itu tentu tidak akan masuk ke rumah dengan mudah.

Contoh kalimat conditional sentence type 3 yang kelima adalah if I had thrown the trash outside, the rats wouldn’t have come into my house. Yang artinya adalah jika saja aku telah membuang sampah keluar, maka tikus-tikus itu tidak akan masuk kedalam rumahku.

Contoh keenam adalah if you hadn’t warned me, I would have stepped into a trap. Yang artinya adalah jika Anda tidak memperingatkan saya, pasti saya sudah masuk kedalam perangkap.

Contoh ketujuh adalah if Ayu had been aware of the stalker, she wouldn’t have done it. Kalimat tersebut memiliki artian bahwa jika saja Ayu mengetahui keberadaan dari penguntit tersebut, dia tentu tidak akan melakukan hal tersebut.

Untuk contoh kalimat conditional sentence type 3 dibawah ini diambil dengan menggunakan rumus result, if (+) condition.

Contoh yang pertama adalah the train wouldn’t have been late, if the accident hadn’t happened. Arti dari kalimat ini adalah kereta itu tidak akan terlambat, jika kecelakaan tersebut tidak terjadi.

Contoh yang kedua adalah uncle Aldry would have bought a yacht, if he had won the lottery. Kalimat tersebut memiliki artian bahwa paman Aldry pastinya sudah membeli sebuah kapal pesiar, jika saja dia memenangkan undian tersebut.

Contoh yang ketiga dari kalimat conditional sentence type 3 ini adalah your piggy bank would have been full, if you hadn’t stopped saving your money. Kalimat tersebut memiliki arti bahwa tabungan atau tabunganmu pastinya sudah penuh, jika saja kamu tidak berhenti untuk menabungkan uangmu.

Contoh yang keempat adalah this assignment would have been finished, if we hadn’t played the game to long. Arti dari kalimat tersebut adalah tugas ini pastinya sudah selesai, jika saja tidak bermain game tersebut terlalu lama.

Kesimpulannya adalah contoh kalimat conditional sentence type 3 ini memiliki 2 rumus bolak-balik yang bisa Anda gunakan sesuai keinginan. Rumus tersebut sebenarnya sama, hanya saja penempatannya yang berbeda. Rumus pertamanya adalah dengan if didepan kemudian diiringi dengan condition, barulah ada result yang didapatkan. Namun, untuk rumus yang kedua ini resultnya didepan, kemudian baru if dan juga condition yang menjadi alasan dari penyebab diawal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *