Penjelasan dan Contoh Dialog Offering Service

Penjelasan dan Contoh Dialog Offering Service
Penjelasan dan Contoh Dialog Offering Service

-Penjelasan dan Contoh Dialog Offering Service-Ketika mempelajari Bahasa Inggris, Anda pasti dihadapkan dengan beberapa ekspresi untuk mengungkapkan sesuatu. Ekspresi tersebut biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari sehingga penting bagi Anda untuk mempelajari cara penggunaan, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan serta bagaimana cara untuk menjawab ekspresi tersebut. Tidak hanya itu, mempelajari ekspresi sangat penting karena bertujuan untuk membantu Anda melakukan percakapan dengan baik dan benar

Ada beragam jenis ekspresi dalam Bahasa Inggris, antara lain bertanya sesuatu (asking something), menjawab (responding), menawarkan (offering), menasehati (suggesting), meminta maaf (apologizing), dan masih banyak ekspresi lainnya. Ekspresi tersebut masih dibagi lagi menjadi beberapa sub bagian. Sebagai contoh, ekspresi menawarkan (offering) bisa dibagi menjadi offering help, offering service, offering food, dan lain lain.

Namun Pada Kesempatan ini fokus pada Penjelasan dan Contoh Dialog Offering Service, dan diharapkan anda dapat memahami ekspresi ini dengan lebih mudah.

Definisi dan Waktu Penggunaan Ekspresi Offering Service

Kali ini Anda akan belajar tentang ekspresi menawarkan bantuan/jasa (offering service). Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan ekspresi ini? Offering service sebenarnya hampir serupa dengan offering help atau menawarkan bantuan. Anda bisa membuat kalimat dengan ekspresi seperti ini jika lawan bicara Anda terlihat membutuhkan bantuan atau pertolongan Anda.

Secara umum ekspresi menawarkan bantuan cukup mudah untuk dibuat karena tidak membutuhkan kalimat yang panjang. Ditambah lagi dengan struktur yang sudah paten sehingga Anda hanya perlu untuk mengingat struktur tersebut berdasarkan tipe kalimat yang ingin Anda buat, baik formal maupun informal. Bagaimanakah cara untuk membuat kalimat dan dialog offering service?

Cara Membuat Dialog Offering Service

Ekspresi offering service sangat umum digunakan dalam percakapan sehari-hari sehingga penting bagi Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang ekspresi offering service. Untuk membantu mempermudah pemahaman, terlebih dahulu akan dibahas mengenai struktur serta cara pengungkapan ekspresi offering service.
Mempelajari struktur kalimat sebelum membuat dialog offering service dapat membantu Anda untuk merangkai kalimat secara baik dan benar.

Setelah mengetahui strukturnya, Anda bisa dengan mudah mengaplikasikan kata demi kata sesuai dengan pola yang telah ditentukan. Inilah mudahnya belajar Bahasa Inggris karena terdapat rumus pasti yang bisa dihafalkan.
Dalam pembuatan kalimat offering service, ada beberapa pola yang bisa Anda gunakan untuk membuat ekspresi baik formal maupun informal.

Secara garis besar, terdapat dua struktur dalam pembuatan kalimat penawaran bantuan, yaitu menggunakan modal verb dan tanpa modal verb. Berikut ini penjelasan mengenai kalimat dengan modal verb dan tanpa modal verb.

1. Offering service dengan modal verb

Modal verb merupakan kata yang biasa digunakan untuk mengekspresikan keperluan, kemampuan, izin, serta kemungkinan. Beberapa modal verb yang bisa Anda gunakan untuk membuat ekspresi offering service antara lain: Can, May, dan Must.

Can dapat digunakan untuk mengungkapkan ekspresi informal sedangkan May dan Must dapat digunakan dalam percakapan formal. Tidak ada perbedaan makna antara modal verb tersebut, hanya saja perbedaan terletak pada tingkat kesopanan atau politeness. May dan Must dianggap lebih sopan untuk digunakan dalam percakapan yang resmi.

Berikut ini adalah contoh kalimat penawaran bantuan menggunakan modal verb Can:
– Can I help you?
– Can I do something for you?
– Can I do you a favor?

Contoh kalimat diatas dapat digunakan untuk percakapan yang tidak terlalu formal/ informal. Untuk menawarkan bantuan dengan lebih sopan, Anda bisa membuat kalimat menggunakan May atau Must seperti contoh di bawah ini:
– May I get the meals for you?
– May I bring the book for you?
– Must I close the door for you?
– Must I write something?

Berdasarkan beberapa contoh di atas, Anda bisa melihat struktur atau pola pembuatan kalimat menggunakan modal verb Can, May, dan Must. Secara umum, pola ekspresi menawarkan bantuan adalah sebagai berikut:

Modal Verb + Subject (I) + Verb + Object / Adverb

2. Offering service tanpa modal verb

Selain menggunakan modal verb, Anda juga mempunyai cara lain untuk membuat sebuah kalimat offering service. Kalimat ini biasanya menggunakan kata “Do you want me” atau “Do you mind if I”.

Untuk lebih jelasnya, simak contoh kalimat berikut ini:
– Do you want me to buy the drink?
– Do you want me to change the schedule?
– Do you mind if I pour the tea?
– Do you mind if I help you?

Dari beberapa contoh kalimat di atas, Anda bisa mengidentifikasi kalimat offering service menggunakan Do you want me serta Do you mind if I. Secara garis besar, pola yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

Do you want me + to + Verb + Object / Adverb, atau
Do you mind if I + Verb + Object / Adverb

Setelah mengetahui struktur umum pembuatan kalimat offering service, kini saatnya untuk membuat dialog offering service. Berikut ini adalah beberapa contoh dialog offering service yang dilakukan oleh 2 orang berdasarkan percakapan sehari-hari.

Dialog 1
James : Hey, Betty. Where have you been?
Betty  : Hello, James. I just bought some books from the bookstore.
James : It sounds great. How many books did you buy?
Betty  : About 8 to 10 books. They are quite heavy, though.
James : Sure, they are. Can I bring the book for you?
Betty  : Of course. That is very kind of you. Thank you so much.
James : Never mind.

Dialog 2
Waiter   : Good evening, Sir. Have you decided the order?
Mr. John: Yes, I would like to have cheese steak with mushroom.
Waiter   : Sure. Do you want me to get the champagne now?
Mr. John: Yes, of course.

Dialog 3:
Harry : Hey, Jane. Do you know the latest news about Marry?
Jane   : No, I haven’t heard anything about her. What is it about?
Harry : She got an accident yesterday. She rode a bicycle and hit a parked car.
Jane   : That sounds terrible. I want to visit her then. What if we go this afternoon?
Harry : That’s a good idea. Do you mind if I pick you up at 3 pm?
Jane   : Sure. Thanks a lot, Harry.
Harry : With my pleasure, Jane.

Demikian Penjelasan dan contoh dialog offering service yang bisa Anda gunakan dalam percakapan sehari-hari. Tidak sulit untuk membuat kalimat offering service karena pada dasarnya kalimat ini serupa dengan offering help. Setelah mempelajari cara menawarkan bantuan, ada baiknya jika Anda juga mempelajari cara untuk merespon atau menjawab tawaran tersebut dengan baik dan benar. Selamat mencoba! Untuk melihat contoh lainya dapat dilihat disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *