Thursday, November 23, 2017
Home / Kinds Of Text / Penjelasan dan Contoh Explanation Text tentang Tsunami beserta Terjemahanya

Penjelasan dan Contoh Explanation Text tentang Tsunami beserta Terjemahanya

EXPLANATION TEXT

Penjelasan dan Contoh Explanation Text tentang Tsunami beserta Terjemahanya
Penjelasan dan Contoh Explanation Text tentang Tsunami beserta Terjemahanya

Penjelasan dan Contoh Explanation Text tentang Tsunami beserta Terjemahanya -Hai sobat EC bagaimana kabar kalian? Sobat EC pasti pernah mendengar atau mungkin bahkan sudah pernah melihat langsung sebuah kejadian yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam seperti; gunung meletus, gempa bumi, Tsunami, banjir,dll. Tahukah kalian bagaimana proses fenomena-fenomena alam tersebut. Lalu apakah ada hubunganya hal-hal tersebut dengan materi yang akan kita bahas kali ini? Dan jawabanya ada. Kok bisa?

Karena Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah teks yang didalamnya berisi/menjelaskan suatu proses terjadinya sesuatu, salahsatunya yang berhubungan dengan fenomena yang ada diatas.
Teks apakah itu ?

Teks tersebut adalah Explanation Text. Apa itu Explanation Text (What is Explanation Text)? Ada banyak hal yang dapat kita bahas dan pelajari mengenai Explanation Text, antara lain; Pengertian (Definition), Purpose (Tujuan) Generic Structure, Language features dan contohnya. Kita akan mulai dulu dengan definisi/ pengertian Explanation text dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

A. Pengertian (Definition) Explanation Text

Menurut salah seorang ahli Bahasa Inggris, Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena.
Jadi, Explanation Text adalah sebuah teks yang menjelaskan proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya.

B. Tujuan (Purpose) Explanation Text

Tujuan komunikatif (purpose) dari Explanation text adalah untuk menjelaskan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menjelaskan bagaimana atau mengapa hal tersebut bisa terjadi atau dalam Bahasa Inggris (How and Why Phenomenon happened)

C. Struktur Teks (Generic Structure Explanation Text)

     1. General statement
Dalam bagian ini berisi penjelasan secara umum tentang fenomena yang akan dibahas, seperti pengenalan fenomena tersebut.
   2. Squenced of explanation
Dalam bagian ini berisi penjelasan tentang proses mengapa (Why) fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation merupakan jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Didalam squenced of explanation bisa terdiri dari beberapa paragrap.
  3. Closing
Dalam bagian ini berisi tentang akhir (ending) dari proses yang terjadi dalam sebuah fenomena, walaupun sebenarnya hal itu sudah ada di bagian akhir di squenced of explanation.

D. Ciri-ciri Explanation Text (Language features)

1. Dalam Explanation text biasanya berisi sebuah partanyaan dan jawaban dari ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.
2. Karena yang diangkat adalah fenomena maka fokus materinya bukan pada bendanya atau                           orangnya, melainkan pada kejadian atau peristiwa yang terjadi pada orang atau benda tersebut.
3. Menggunakan (Using) Simple Present tense.

E. Example of Explanation Text (Tsunami)

Example of Explanation Text (Tsunami)
Example of Explanation Text (Tsunami)

Tsunami

Tsunami are water waves generated by a huge variety of disturbance on the ocean floor. These disorders may be an earthquake, shifting plates, or a volcanic eruption. Tsunami is not visible when they’re away

at sea, but once it reached shallow areas, this fast moving waves will get bigger.
The tsunami also often mistaken as a tidal wave. This is because when it reaches the mainland, this wave is more like a high tide than usual resemble waves that reach the shore naturally by the wind. However, the actual tsunami wave has nothing to do with the events of the tide. Therefore, to avoid misinterpretation, oceanographers often use the term seismic sea waves (seismic sea wave) to refer to the tsunami, which is scientifically more accurate.

Tsunamis can be triggered by a variety of disorders (disturbance) large scale to sea water, such as earthquakes, shifting plates, volcanic eruption under the sea, or the collision of celestial bodies. Tsunamis can occur when the seafloor moves suddenly and undergo a vertical displacement. (Source: http://alampenuhbencana.blogspot.co[dot]id/)

Terjemahan :
Tsunami adalah gelombang air yang sangat besar yang dibangkitkan oleh macam-macam gangguan di dasar samudra. Gangguan ini dapat berupa gempa bumi, pergeseran lempeng, atau gunung meletus. Tsunami tidak kelihatan saat masih berada jauh di tengah lautan, namun begitu mencapai wilayah dangkal, gelombangnya yang bergerak cepat ini akan semakin membesar.

Tsunami juga sering disangka sebagai gelombang air pasang. Ini karena saat mencapai daratan, gelombang ini memang lebih menyerupai air pasang yang tinggi daripada menyerupai ombak biasa yang mencapai pantai secara alami oleh tiupan angin. Namun sebenarnya gelombang tsunami sama sekali tidak berkaitan dengan peristiwa pasang surut air laut. Karena itu untuk menghindari pemahaman yang salah, para ahli oseanografi sering menggunakan istilah gelombang laut seismik (seismic sea wave) untuk menyebut tsunami, yang secara ilmiah lebih akurat.
Tsunami dapat dipicu oleh bermacam-macam gangguan (disturbance) berskala besar terhadap air laut, misalnya gempa bumi, pergeseran lempeng, meletusnya gunung berapi di bawah laut, atau tumbukan benda langit. Tsunami dapat terjadi apabila dasar laut bergerak secara tiba-tiba dan mengalami perpindahan vertikal. (Source: http://alampenuhbencana.blogspot.co[dot]id/)
Sekian penjelasan singkat tentang Explanation Text, Semoga bermanfaar dan terima kasih telah berkunjung di blog yang sangat sederhana ini. 

Pencarian Terkait:

  • contoh explanation text tsunami
  • explanation text tsunami
  • explanation text about tsunami dan terjemahan
  • explanation tsunami
  • contoh explanation text tsunami dan terjemahannya

Check Also

Penjelasan Spoof dan Contoh beserta Terjemahanya

Penjelasan Spoof dan Contoh beserta Terjemahanya

SPOOF TEXT 1. Definition/ Pengertian Spoof Text Spoof Text adalah Jenis teks dalam Bahasa Inggris …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!