Penjelasan Lengkap Asking for Direction

Posted on

 

Pengertian dan Contoh Asking for Direction
Pengertian dan Contoh Asking for Direction

Pengertian Asking for Direction – Pernahkah kamu bermaksud mengunjungi suatu tempat, namun justru yang terjadi malah kamu tidak sampai ke tempat yang dituju. Kamu salah mengambil jalur transpotasi, dan menyasar di suatu tempat yang begitu asing dan tak kamu kenal? Jika kejadian ini menimpamu, pasti kamu akan mencari jalan keluar dengan bertanya kepada masyarakat tentang petunjuk arah.

Materi Asking for Direction

Menanyakan tentang petunjuk arah tidak saja dilakukan ketika tersesat di suatu tempat, tetapi juga ketika kamu berkunjung seolah seperti wisatawan yang baru saja datang pertama kali ke lokasi, atau menjadi warga yang baru saja pindah ke tempat baru yang sebelumnya tak begitu ia kenal.
Apabila semua hal tersebut terjadi, tindakan pasti yang akan kamu lakukan adalah bertanya tentang petunjuk arah suatu lokasi yang menjadi tujuan. Dalam bahasa Inggris, kegiatan menanyakan tentang petunjuk arah disebut dengan istilah “Direction.”
Direction, atau asking for direction adalah sebuah tindakan dimana seseorang bertanya tentang petunjuk tempat, letak dengan pasti tempat yang akan ia tuju.

How to Asking for Direction

Asking for direction sebagai suatu cara meminta petunjuk arah suatu tempat dan petunjuk akan kejelasan terhadap suatu hal. Kamu bisa memperhatikan beberapa penggunaan kalimat “Asking for direction” dalam bahasa Inggris yang biasanya ditemui dalam percakapan sehari-hari, antara lain:

– Where is An Nur Mosque located?
(Dimana letak masjid An Nur?)
– Where is right way to goes to home?
(Dimanakah jalan benar untuk pulang ke rumah?)
– How does she finding several gold in The River
(Bagaimanakah dia bisa menemukan beberapa emas di dalam sebuah sungai.)
– Where’s Frans at this time?
(Dimanakah Frans di waktu sekarang ini?)
– What’s the best way to forget people who hurt us?
(Apa langkah terbaik untuk melupakan seseorang yang menyakiti kita?)
– Where are you know? I’m still looking for you
(Dimanakah kamu sekarang? Aku masih mencarimu.)
– Where is the nearest post office located?
(Dimanakah letak kantor post terdekat?)
– Do you know, where Victoria caffe is?
(Apakah kamu tahu, dimanakah Kafe Victoria berada?)
– How do I get to your house on the coast?
(Bagaima perjalanan yang aku lakukan untuk ke rumahmu dipinggir pantai)
– Are they on their way to Jakarta?
(Apakah mereka sedang ada di jalan menuju Jakarta?)

Sekilas informasi bahwa dalam penggunaan “Asking for direction,” biasanya juga dibarengi dengan penggunaan “Giving direction.” Jika dalam pembelajaran dalam bahasa Inggris, dua hal ini adalah hal yang berperan penting, dan sama-sama terkait satu sama lain.
Pada pembelajaran bahasa Inggris, “Giving direction” bisa digunakan pada pihak-pihak yang bermaksud memberikan respon jelas tentang tempat maupun peristiwa yang pernah terjadi. Respon ini diberikan kepada pihak-pihak yang sama sekali belum pernah mengenal peristiwa maupun tempat yang ia maksudkan. Ada beberapa ilmu dalam memberikan “giving direction” yang terdiri dari respon baik, maupun respon buruk.
Untuk itu, perhatikan penjelasan lebih lanjut mengenai giving direction berikut ini!

Berikut beberapa respon positif dari “giving direction” antara lain:
– Right – Benar
– Yes- Ya
– Yes, of course – Ya, tentu
– That’s true – Itu benar
– Actually for- Sebetulnya untuk
– Agree with you – Setuju denganmu
– Certainly – Tentunya
– Yes, this’s sure – Ya, ini yakin

Sementara dalam hal petunjuk arah, ada beberapa kalimat yang bisa kita temui dalam materi bahasa Inggris. Berikut beberapa kalimat yang perlu Anda perhatikan!
– Menggunakan kata “Turn back and go back, turn back memiliki arti yaitu kembali. Turn back biasanya digunakan sebagai petunjuk atas suatu peristiwa dimana peristiwa tersebut belum selesai. Sementara go back, merujuk pada istilah kembali atau pulang.
– Penggunaan kata untuk petunjuk seperti halnya
Go along yang memiliki arti pergi bersama
Next to yang memiliki arti disebelah
Until you come yang berarti sampai kamu tiba.
Cross, yang berarti seberang
– Menggunakan kata-kata tambah between (diantara), is located (apa lokasinya)

Dialog Asking for Direction

Sekarang waktunya kamu untuk mempraktikkan illmu-ilmu yang sudah dijelaskan sebelumnya. Supaya kamu lebih mudah dalam mempraktikkannya, kamu bisa juga belajar lewat dialog-dialog yang telah kami sajikan berikut ini:

Robert : “Good afternoon, Mr. Sorry I’m Robert. I’m your new neighbor. I think this regency so quiet still I meet with you.”
(Selamat sore, Tuan. Maaf saya Robert. Saya adalah tetangga barumu. Saya berpikir bahwa perumahan ini cukup sepi hingga aku bertemu denganmu)

Mr Lee: Hey, youngest what do you need? Say again!
(Hai, anak muda, apa yang kamu butuhkan? Katakan lagi.)
Robert: “I think this regency so quiet, I want to ask location of this plantation. Where’s located?
(Saya berpikir bahwa perumaham ini cukup sepi. Saya ingin bertanya untuk lokasi dari perkebunan ini. Dimanakah lokasinya?)

Nah, demikian tentang materi Asking for direction yang bisa kamu pahami dan pelajari. Kamu dapat mempelajarinya secara otodidak dan perlahan. Asalkan konsisten, apapun yang kamu pelajari akan lebih ringan dan terasa lebih menyenangkan, karena bisa saja konsistensi membuat belajar lebih ringan dan tidak terasa seperti kewajiban berat yang amat memaksa.
Beberapa contoh penggunaan Asking for Direction ini bisa kamu terapkan untuk menanyakan tempat atau petunjuk suatu hal guna memperoleh kejelasan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *