Rangkuman Materi “There is/There are” Lengkap: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Posted on

 

Perbedaan There is & There are
Perbedaan There is & There are

Rangkuman Materi  There is/There are – Dalam bahasa Inggris, terdapat berbagai perbedaan dari bahasa Indonesia. Baik itu dari segi bahasa dan kosa kata yang digunakan, maupun dari segi kaidah dan grammar-nya itu sendiri. Nah, dalam artikel ini akan dibahas secara lebih menyeluruh mengenai materi ‘There is’ dan ‘There are’.

Apa itu There is dan There are?

Secara bahasa, ‘there is’ dan ‘’there are’ adalah frasa yang digunakan untuk menunjukkan keberadaan, kehadiran, atau eksistensi. Di dalam bahasa Indonesia, ‘’there is’’ dan ‘there are’’ dapat diartikan sebagai ‘ada’, atau sebagai ‘terdapat’.

Jadi, frasa ‘there is’ maupun ’there are’ bisa digunakan contohnya untuk menanyakan keberadaan orang, keberadaan benda, keberadaan stok produk, dan lain sebagainya. Adapun, memang dalam penggunaan atau penerapannya dalam suatu kalimat, there is dan there are memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Silakan simak perbedaan antara ‘there is’ dan ‘’there are’ pada sub bagian artikel ini, berikutnya.

Perbedaan There is dan There are

Dari segi susunan kata yang dipakai, memang sudah terlihat jelas bahwa ‘there is’ dan ‘there are’ memang berbeda. Maka dari itu, penggunaan there are dan there is juga sangat jauh berbeda meskipun jika dari segi arti sama-sama berarti ‘ada’

Untuk there is, frasa ini berarti ‘terdapat’ atau ‘ada’, namun menunjukkan objek atau benda yang singular. Benda singular / singular noun maksudnya adalah benda tunggal yang berjumlah hanya 1. Benda tunggal ini dapat berupa orang (seorang), hewan (seekor), atau benda lainnya (sebuah, dll.)

Contoh penggunaan there is dalam kalimat adalah seperti di bawah ini;

  • There is one guy in the room, he is sleeping on the desk. (ada / terdapat satu orang pria di ruangan, dia sedang tidur di atas meja.)
  • There is a book titled “1,2,3 for You” in my bag, you can read it if you want. (ada sebuah buku berjudul “1,2,3 for You” di dalam tas saya, kamu dapat membacanya jika kamu mau)
  • There is an apple pie for you in the kitchen. (Ada sebuah kue apel untukmu di dapur)

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika menggunakan ‘’there is’, adalah penggunaannya terhadap noun. There is dapat digunakan untuk countable noun (kata benda yang dapat untuk dihitung) dan bisa juga digunakan pada uncountable noun (jenis kata benda yang tak dapat dihitung).

Pada berbagai kesempatan, penggunaan frasa ‘there is’’ juga sering sekali disingkat menjadi ‘there’s’’. di samping itu, jika untuk membuat kalimat negatif, maka dapat diubah menjadi there is not. Kemudian, untuk kalimat interogratif, maka menjadi is there, contohnya;

(+) There is a tasty cake in the kitchen. (Ada kue yang enak di dapur)
(-) There is not a tasty cake in the kitchen. (Tidak ada kue yang enak di dapur)
(?) is there a tasty cake in the kitchen? (apakah ada kue yang enak di dapur)

Kemudian, untuk “there are”, penggunaannya adalah selalu diikuti dengan kata benda jamak yang dapat dihitung atau plural countable noun. Contoh pengggunaan “there are” dalam suatu kalimat adalah seperti;

  • There are four new cars in front of our house! (terdapat 4 buah mobil yang berada di depan rumah kita)
  • There are three days away until the new year! (Hanya ada tiga hari lagi sebelum tahun baru!)
  • There are 35 people in the ballroom, they are wearing nice clothes. (Ada 35 orang di ballroom, mereka mengenakan pakaian yang bagus.)

Sama seperti bentuk “there is”, frasa “they are” juga dapat digunakan untuk membuat kalimat negatif dan kalimat interrogative (kalimat tanya). Contohnya adalah seperti di bawah ini;

(+) There are seven cakes on the table. (Ada tujuh buah kue di meja)(
(-) There are not seven cakes on the table. (Tidak ada tujuh buah kua di meja).
(?) Are there any cakes on the table? (Apakah ada beberapa kue di meja?)

Contoh Percakapan Menggunakan “There is” dan There Are”

Nah, setelah mengetahui apa itu yang dimaksud dengan frasa ‘there is’ dan ‘there are’, juga mengetahui perbedaan dari keduanya, maka untuk lebih memantapkan pemahaman mengenai cara penggunaan kedua frasa tersebut, silakan dimak contoh percakapan ‘there is’ dan ‘there are’ di bawah ini;

Haykal: Hi! How are you doing? (hai, apa kabar?)
Zoltan: Hello! Yeah, I am alright, what about you? (halo, yeah, saya baik, bagaimana dengan kamu?)
Haykal: Sure, me too. But, wait… are you really alright? (tentu, saja juga. Tapi tunggu.. apa kamu benar-benar baik-baik saja?)
Zoltan: Yeah, why? (Yeah, kenapa?)
Haykal: But your face look so pale today, what happened? (tapi wajah kamu terlihat sangat pucat, apa yang terjadi?)
Zoltan: Ah.. yeah, actually I did not take breakfast in the morning, so I feel kind of weak … (ah.. ya, sebenarnya saya tidak sarapan tadi pagi, maka dari itu saya merasa lemas…)
Haykal: Oh, that’s terrible. I have some food in my bag, there are banana, bread, and also milk. You can take it. (oh, it sangat buruk. Saya punya beberapa makanan di dalam tas saya, ada pisang, roti, dan juga susu. Kamu dapat mengambilnya)
Zoltan: Really? (benarkah?)
Haykal: Sure, please eat them. (tentu, makanlah..)
Zoltan: No, Haykal. They are yours, I can not eat them… (tidak Haykal, mereka adalah milikmu, saya tidak bisa memakannya …)
Haykal: Don’t worry, my father will come after an hour, I can ask him to buy something else for me. (Jangan khawatir, ayah saya akan datang setelah satu jam, saya bisa meminta dia untuk memberi sesuatu yang lain untuk saya)
Zoltan: Alright then, I owe you Haykal. (Baiklah kalau begitu, saya berhutang budi padamu Haykal)
Haykal: Don’t worry! (jangan khawatir!)

Demikian materi tentang penggunaan there is dan there are yang benar. Sekarang, pastikan kamu tidak lagi salah saat menerapkannya dalam kalimat. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *