Materi Alphabet Dalam Bahasa Inggris Sekolah Dasar

Posted on

Materi Alphabet Dalam Bahasa Inggris Sekolah Dasar-Jangan pernah menyangka, jika untuk mempelajari bahasa Inggris harus menunggu hingga usia tertentu. Pasalnya jika kamu ingin anakmu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, maka kamu bisa mencoba untuk mengenalkan bahasa Inggris sejak usianya masih kecil. Banyak orang diluar sana, mulai menerapkan cara belajar ini, agar bisa menjadikan anaknya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Materi Alphabet Dalam Bahasa Inggris Sekolah Dasar
Materi Alphabet Dalam Bahasa Inggris Sekolah Dasar

Salah satu jenis pelajaran bahasa Inggris dasar yang harus diketahui sejak dini, adalah dengan mempelajari tentang alphabet dalam bahasa Inggris. Jangan salah dengan mengenal alphabet, apalagi anak kamu sudah mampu mempelajari juga menghafalnya dengan baik, maka nantinya proses belajarnya bisa menjadi lebih cepat lagi. Ada beberapa cara, untuk mengenalkan alphabet pada anak kamu saat ini.

Pentingnya Mempelajari Alphabet Sejak Usia Dini

Pembelajaran mengenai alphabet, merupakan salah satu hal penting ketika kamu akan mempelajari bahasa Inggris, dimulai dari dasar-dasarnya. Sebenarnya pembelajaran mengenai alphabet ini, bisa dilakukan sejak kecil, sehingga kamu tidak lagi merasa pusing untuk menguasai bahasa Inggris, pada saat sudah menginjak dewasa nanti. Ada beberapa hal, yang menjadi dasar bahwa mempelajarinya sangat penting.
Usia dini merupakan usia, dimana beberapa anak sedang mengalami perkembangan dalam otaknya, sehingga penting untuk mempelajari hal ini. Disaat anak kamu masih dalam usia dini, dirinya tidak akan menolak untuk mempelajari sesuatu, yang memang masih asing atau belum pernah dipelajari olehnya sebelumnya. Dengan demikian, penting untuk orang tua dalam memberikan pembelajaran dasar padanya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sebelum kamu memberikan pembelajaran mengenai alphabet ini kepada anak kamu. Jangan sampai nantinya, anak kamu akan merasa bosan ketika sedang belajar, sehingga segalanya tidak akan menjadi efektif. Dengan demikian ketika kamu akan memberikan pembelajaran, kamu harus membuktikan beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum meberikannya.

Menunjang Kelancaran Berbahasa Inggris Dengan Pengenalan Alphabet

Tahukah kamu, tanpa mempelajari alphabet dalam bahasa Inggris dengan baik, maka kamu tidak akan bisa mendapatkan kelancaran dalam berbahasa Inggris. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari alphabet ini, dengan mudah kamu bisa menguasai bahasa Inggris dasar ini dalam beberapa hari saja. Namun, sebelumnya kamu sudah harus memperhatikan apa yang akan kamu dapat dengan mempelajarinya.

Pastinya ketika kamu akan mempelajari sesuatu, akan ada manfaat yang bisa kamu ambil didalamnya, sehingga bisa menunjang apa yang kamu butuhkan untuk masa depan nanti. Jangan salah, jika kamu ingin lancar berbahasa Inggris, kamu harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan alphabet, dan apa saja yang harus diperhatikan dalam mempelajarinya. Dengan demikian, semua pembelajaran bisa jadi lebih mudah.

Kemampuan berbahasa Inggris memang tidak bisa diukur sejak dini, hanya saja kamu harus tahu bahwa dalam mempelajarinya, kamu bisa mendapatkan apapun dengan memulainya lebih awal. Sebenarnya ketika kamu memulai lebih awal, misalnya ketika anak kamu lahir juga mulai mengenalkan bahasa Inggris, kamu bisa mengenalkan dengan mengajarkan alphabet, Jangan sampai terlambat lalu kamu menyesal.

Pilihan Cara Belajar Alphabet

Ketika kamu sudah merasa cukup untuk mengetahui, mengapa pembelajaran mengenai aplhabet ini memang penting, maka langkah selanjutnya adalah untuk memulai pembelajaran. Dalam hal inilah kamu harus lebih pintar lagi, dalam memilih materi pembelajaran yang memang tidak akan membosankan. Sehingga anak kamu tidak akan merasa cepat bosan untuk belajar, mengenai beberapa hal yang baru.
Untuk cara pembelajaran yang pertama, kamu bisa mencari beberapa video yang mungkin akan lebih baik, untuk mulai diajarkan pada anak kamu nantinya. Dengan demikian, kamu harus tahu bahwa dalam hal ini semuanya bisa menjadi lebih cepat untuk memberikan pembelajaran pada anak kamu. Pembelajaran mengenai materi alphabet, memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan tanpa media perantara.
Untuk yang selanjutnya, kamu juga bisa memberikan pembelajaran melalui materi yang simple, mungkin kamu bisa memberikan beberapa teks bacaan, yang kemudian menyuruh anak kamu untuk membacanya dengan mengeja. Sebenarnya jika berbicara mengenai materi pembelajaran, semuanya akan bergantung pada media apa yang memang kamu gunakan, sehingga pembelajaran menjadi jauh lebih menyenangkan.

Baca juga ===>>> Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 1 SD dan Jawabannya

Materi Alphabet Untuk Anak Sekolah Dasar

Sebelumnya jika kamu ingin menggunakan media video, maka kamu bisa mencari video dasar, atau mungkin kamu sebagai orang tua bisa membuat sebuah video yang akan berguna untuk anak kamu. Salah satunya adalah dengan menyebutkan beberapa benda, dengan alphabet awalan dalam bahasa Inggris ini, sehingga cara belajar akan menjadi jauh lebih seru, ketika kamu menggunakan media ini.

Kamu bisa membawa sebuah barang, kemudian membuat sebuah rekaman, yang kamu lakukan didalamnya adalah dengan menyebutkan nama dari benda tersebut, sehingga anak kamu bisa menjadi lebih mengerti. Contohnya: “ this is an apple” ini adalah sebuah apel sambil kamu membawa sebuah aple di tanganmu, didalam video tersebut kamu juga bisa melakukannya dengan cara berulang-ulang.

Ketika kamu ingin mencari cara lain, ketika akan memberikan pembelajaran mengenai hal ini, mungkin kamu bisa mengajarkannya dengan cara langsung. Atau dengan kata lain kamu bisa menuliskannya pada sebuah buku, atau mungkin membeli beberapa media buku yang bisa dijadikan sebagai salah satu bahan ajaran. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, agar pembelajaran menjadi jauh lebih seru lagi ketika dilakukan.
Kamu bisa mencoba untuk menuliskan kata dalam bahasa Inggris, mengenai sebuah benda yang nantinya anak kamu bisa mengejanya dengan jauh lebih baik. Kamu juga bisa mengajarkannya dengan lebih cepat, apalagi dengan menggunakan cara yang termudah ini. Contohnya:

1. Ambil sebuah buku atau kertas.
2. Tuliskan beberapa kata atau kalimat dalam bahasa Inggris, misalnya kamu bisa menuliskan beberapa kalimat seperti “this is a car”.
3. Setelah menuliskannya, kamu bisa menemukan dua cara untuk mengajarkannya. Kamu bisa mencoba untuk menyuruhnya mengeja huruf yang ada didalamnya, atau mungkin kamu bica mencoba untuk menyuruhnya mengerti bahwa car adalah arti dari sebuah mobil.
4. Cobalah untuk mengaplikasikan pembelajaran menggunakan gambar.
5. Kamu bisa menaruh beberapa gambar, yang nantinya bisa kamu berikan kepada anak kamu, dengan mempelajari bahwa gambar tersebut adalah sebuah aple atau lain sebagainya.
6. Cobalah suruh anak kamu untuk menyebutkan, apa bahasa Inggris dari gambar tersebut, sehingga anak kamu bisa menjadi jauh lebih mandiri untuk mengerti pembelajaran dalam bahasa Inggris ini mengenai sebuah aplhabet.
7. Jangan lupa untuk selalu mengulangi pembelajaran dalam setiap harinya, sehingga anak kamu bisa menjadi lebih mudah untuk menghafalkan apa yang telah dipelajari. Setidaknya kamu bisa meluangkan waktu satu jam dalam sehari, untuk mengajarkan anak kamu berbahasa Inggris.

Berikut adalah daftar alphabet dan Cara membacanya dalam Bahasa Inggris;

Aa = [ei] => Ant = Semut
Bb = [bi:] =>Blood = Darah
Cc = [si:] => Car = Mobil
Dd = [di:] => Date = Tanggal
Ee = [i:] => Energy = Energi
Ff = [ef] => Family = Keluarga
Gg =[dӠi:] => Girl = Anak perempuan
Hh = [eit∫] => House = Rumah
Ii = [ai] => Image = gambar
Jj = [dӠei] => Job = pekerjaan
Kk = [kei] => Kid = Anak
Ll = [el] => language = Bahasa
Mm = [em] => Money = Uang
Nn = [en] => Name = Nama
Oo = [o] => office = Kantor
Pp =[pi:] => Parent = Orang tua
Qq = [kju:] => Question = pertanyaan
Rr = [a:/ar] => Room = ruangan
Ss = [es] => School = sekolahan
Tt = [ti:] => Teacher = Guru
Uu = [ju:] => Umbrella = Payung
Vv =[vi:} => Violet = Ungu
Ww = [‘dΛəlju:] => Wolf = Srigala
Xx = [eks] => X – Ray = Sinar X-ray
Yy = [wai] => Yellow = Kuning
Zz = [zed/zi:] => Zero = Nol

Berikut beberapa contoh penerapanya dalam sebuah kalimat:

1. I have a car = Saya mempunyai mobil
2. We must save energy = Kita harus menghemat energy
3. Anton speaks Germany language = Anton berbicara Bahasa jerman\
4. He goes to office = Dia pergi ke kantor
5. She like yellow color = Dia suka warna kuning.

Semoga artikel tentang Materi Alphabet sekolah dasar diatas bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. .

Pencarian Terkait:

  • CONTOH SOAL ALPHABET UNTUK SD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *