Pengertian Anecdote Text Dan Contoh Text Singkatnya

Posted on

Pengertian Anecdote Text Dan Contoh Lengkapnya-Hi Sobat Englishclass Anda mungkin pernah mengalami kejadian ganjil atau tidak biasa dan menceritakanya kembali pada orang lain. Hal itu bisa saja terjadi sewaktu-waktu pada diri Anda diluar dugaan. Kalau pernah mengalaminya maka Anda akan mudah memahami Anecdote
Peristiwa-peristiwa tersebut sering kali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sebab peristiwa itu biasanya melekat dalam ingatan. Hal itu sulit dilupakan karena kejadiannya terasa aneh, ganjil, tidak biasa, atau tidak mungkin itu terjadi. Namun pada kenyataannya hal-hal seperti itu sering terulang dan selalu kita dengar. Hal itu pun menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Pengertian Anecdote Text Dan Contoh Text Singkatnya
Pengertian Anecdote Text Dan Contoh Text Singkatnya

Berikut ini adalah penjelasan mengenai materi di atas. Semua materinya dikupas tuntas secara detail sehingga Anda akan merasa mudah memahaminya.

Pengertian Anecdote Text

Pengertian Anecdote Text adalah salah satu dari jenis text bahasa inggris yang berasal dari kalangan Naration, yang menceritakan kembali hal aneh, ganjil, atau tidak biasa baik secara fakta ataupun imajinasi.

Tujuan Anecdote Text

Tujuan dari Anecdote Text yaitu menceritakan kembali kejadian aneh, ganjil, atau tidak biasa untuk menghibur pembaca.

Generic structure dari Anecdote Text

Ada 4 struktur kebahasaan atau generic structure sebagai berikut ini:

• Abstract

Abstact adalah struktur pertama dari kebahasaan Anecdote Text. Pada umumnya, penulis di bagian ini mulai mengenalkan kejadian aneh, ganjil, atau tidak biasa tentang apa yang akan diceritakannya. Ada beberapa Abstaract dari Anecdote Text yang dimulai dengan mengunakan kalimat tanya, namun tidak semuanya menggunakan kalimat tanya.

• Orientation

Orentation adalah struktur kedua dari kebahasaan Anecdote Text. Orentation
di Anecdote Text sama seperti di Narrative Text, yaitu menceritakan siapa, kapan, dan di mana kejadian aneh, ganjil, atau tidak biasa tersebut terjadi.

• Crisis

Crisis adalah struktur kebahasaan ketiga dari Anecdote Text. Penulis menceritakan kejadian aneh, ganjil, atau yang tidak biasa pada bagian ini. Penulis tersebut menceritakanya secara detail.

• Reaction/Incident

Reaction/Incident adalah bagian teks anecdote yang berisi bagaimana reaksi tokoh dalam cerita.

  • Coda

Coda adalah struktur kebahasaan yang terakhir dari Anecdote Text. Penulis menceritakan bagaimana pelaku atau subjek memecahkan masalahnya. Dan merupakan akhir dari kejadian aneh, ganjil, atau tidak biasa tersebut.

Ciri kebahasaan dari Anecdote Text

Selain bisa dilihat dari struktur kebahasannya atau generic structure, semua teks dari jenis teks bahasa inggris mempunyai ciri kebahasaan tertentu. Beberapa ciri kebahasaan yang biasa dijumpai pada setiap Anecdote Text seperti di bawah ini:
• menggunakan waktu lampau atau Past Tense. Misalnya I heard it last night.
• Menggunakan pertanyaan retorika atau rhetoric question. Do you see what?
• Menggunskan waktu sambung atau conjunction of time. Misalnya afterward, then, etcetera.
• Menggunakan kata kerja aksi atau action verb. Misalnya came, swept, take, etsetera.
• Menggunakan kalimat perintah atau imperative sentence. Misalnya come here, see to this, etcetera.
• Menggunakan kalimat seru atau exclamation sentence. Misalnya it’s amazing, it’s awful, and its weard, etcetera.

Contoh Anecdote Text

Snake in the Bath

Abstract
Bath is the place to clean your body. But how would you like to find the snake in your bath. It is very terrifying and nasty too!

Orentation
We had the good and the new house. Then we had just moved to it too. This house had been empty for the long time so everything in a very mess and dirty. That day, Anna and I wanted to clean the bath first. Therefore we set to and turn on the tap.

Crisis
Suddenly there was a horror because there was a head of the snake appeared in the plug-hole. Then the snake out slithered that we can see the rest of his long and thin body. After that the snake twisted and turn on the slippery bottom of the bath. Then he was spitting and hissing to Anna and I.

Reactional or Incident
At that moment I stood quite paralyzed. After that, I yelled to my husband who came running. He as fast as possible killed the snake by using the handle of the broom. While Anna who was there at the time, she was quite interested in the whole business. Really I had to pull her out of the way other wise she would likely have leant over to the bath to get the better look.

Coda
After that experience I become more careful. So I have always put the plug in firmly before running the water of the bath.

Nah, sekarang Anda semakin paham dan semakin mengerti apa itu Anecdote Text. Walaupun pada kenyataanya Anda sendiri belum pernah mengalaminya, tetapi Anda bisa membuat cerita menarik seperti di atas. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *