Penjelasan dan Contoh Recount Text Holiday

Posted on

Penjelasan dan contoh Recount Text Holiday – Jika pada artikel-artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Descriptive text dan Procedure text kali ini saya akan mengulas tentang Recount Text. Banyak orang menghabiskan waktu libur mereka untuk pergi ke suatu tempat. Ada yang pergi ke puncak, pantai, ataupun sekedar berkunjung ke famili. Kalau saya biasanya menghabiskan waktu liburan dengan pergi kepantai. Dan biasanya jika ada moment –moment yang berkesan saya tuangkan dalam sebuah tulisan. Dalam Bahasa Inggris tulisan seperti itu adalah salah satu bentuk recount text. Lalu apa itu Recount Text?

A. Pengertian Recount Text

Seperti ulasan yang ada diatas secara garis besar bisa kita simpulkan bahwa Recount text adalah sebuah bacaan yang berisi tentang sebuah cerita atau pengalaman dimasa lalu. Recount text is a text which retell events or experiences in the past. Recount text adalah sebuah teks/bacaan yang menceritakan kembali sebuah kejadian atau pengalaman yang telah terjadi di masa lampau. Dan fungsinya untuk memberi informasi atau menghibur pembaca (reader).

B. Fungsi Recount Text

The Function of Recount Text is to inform/entertain the reader. Fungsi atau kegunaan teks recount adalah untuk memberikan sebuah informasi atau menghibur si pembaca tentang sebuah kejadian atau pengalaman seseorang.

C. Generic Structure of Recount Text/ Bagian-bagian Text Recount

Dalam Recount Text terdapat 3 bagian utama yaitu Orienntation, Events, Re-orientation.

1. Orientation/Pendahuluan                                                                                                           –Pada bagian ini berisi tentang pengenalan tokoh yang ada dalam cerita tersebut, waktu (time) dan tempat (place) terjadinya cerita tersebut.
  2. Events/Kejadian                                                                                                                           –Pada bagian ini menggambarkan/menjelaskan urutan cerita/ kejadian yang terjadi dimasa lalu.
  3. Re-orientation/Penutup                                                                                                             –Pada bagian ini berisi tentang penutup/akhir cerita dalam teks tersebut.

D. Language Features/Tata Kebahasaan

• Using linking verb; saw, heard, etc
  • Using action verb; went, played, looked etc
  • Using personal participant; I, my group, etc
  • Using chronological connection; first,then,after that, etc
  • Using simple past tense

Baca : Contoh Teks Recount Tentang Liburan

E. Contoh (Example) Recount Text

contoh recount text tentang liburan

Holiday in Jogjakarta

Last Month I and My Friends spend our holiday in Jogjakarta. On Sunday morning we went to Jogjakarta by train. It’s the fast transportation. On the train We felt cozy because the train is very clean tidy. We arrived at 09.00 am.

First we visited Malioboro market. Malioboro market is one of popular traditional market in Jogjakarta. We bought some traditional food and clothes in there. When we bought a cloth suddenly came a tourist and also bought some clothes. We had sufficient time to ask his name, where his come from and take picture.

After that we had launch at “Warteg”. At 12.05 pm we decided to pray together in a mosque. Second destination we visited Parang Tritis Beach. We arrived in Parang Tritis Beach at 1.00 pm. The waves is very high so we just take walk and play by sand in there.

We went home at 03.00 pm and arrived at 06.00 pm. We were very tired but we were happy and satisfied.

Terjemahan

Liburan di Jogjakarta

Bulan lalu saya dan teman-teman saya menghabiskan liburan kita di Jogjakarta. Tepatnya pada hari minggu kami pergi ke Jogjakarta dengan menggunakan kereta api. Di dalam kereta kami merasa nyaman karena tempatnya yang bersih dan rapi. Kita sampai di sana pukul sembilan pagi.

Pertama kita mengunjungi Pasar Malioboro. Malioboro adalah salah satu pasar tradisional yang terkenal di Jogjakarta. Kita membeli beberapa makanan tradisional Jogjakarta dan baju. Ketika kita membeli baju tiba-tiba datang seorang turis yang akan membeli baju juga. Kita sempat bertanya nama, dari mana dia berasal dan berfoto bersama. Setelah itu kita makan siang pada suatu tempat yaitu “warteg”. Pada pukul 12.05 kita memutuskan untuk sholat berjamaah di sebuah masjid. Lalu kita pergi ke tempat tujuan yang kedua yaitu di Pantai Parang Tritis. Kita sampai disana pukul satu siang. Pada waktu itu ombak sangat tinggi jadi kita memutuskan untuk sekedar berjalan-jalan dan bermain pasir.

Kita memutuskan untuk kembali ke rumah Pada pukul tiga sore dan sampai dirumah pukul enam petang. Kita merasa sangat lelah tapi kita meraasa senang dan puas.

Sekian pembahasan singkat tentang Recount Text dan Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon maaf jika masih ada kekurangan.
Terima Kasih.

Pencarian Terkait:

• contoh recount text tentang liburan lebaran
  • contoh teks recount tentang lebaran
  • contoh recount text holiday beserta artinya
  • https://englishclas com/penjelasan-dan-contoh-recount-text-holiday/
  • recount text holiday
  • contoh recount text tentang liburan lebaran beserta artinya
  • contoh recount text holiday idul fitri beserta artinya
  • contoh recount text tentang liburan ke pantai beserta artinya
  • contoh recount text tentang liburan lebaran dan artinya
  • contoh recount text tentang liburan ke pantai parangtritis