Thursday, November 23, 2017
Home / Kinds Of Text / Penjelasan Review Text dan Contoh Review Text Terbaru

Penjelasan Review Text dan Contoh Review Text Terbaru

Penjelasan Review Text dan Contoh Review Text Terbaru
Penjelasan Review Text dan Contoh Review Text Terbaru

Penjelasan Review Text dan contoh review text terbaru

-Penjelasan Review Text dan contoh review text terbaru-Englishclass kali ini akan membahas mengenai salah satu bentuk teks yang ada dalam pembelajaran bahasa Inggris yaitu review Text. Sebelumnya Kamu mungkin sudah mengenal beberapa jenis teks yang lain misalnya narrative, news, report, procedure, descriptive, dan bentuk-bentuk teks lainnya. Apa bedanya review text dengan bentuk teks yang lain tersebut? Review Text/Kalau dalam Bahasa Indonesia Teks Review adalah teks yang menyampaikan mengenai analisa dengan berisi berupa kritikan mengenai sebuah peristiwa atau pun sebuah hasil karya yang ditulis untuk para pembaca atau audiensi umum. Untuk menulis sebuah review yang enak dibaca dan mudah dimengerti, biasanya review ditulis menurut kerangka yang berurutan dan pakem mulai dari pengenalan topik hingga ke kesimpulan. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lebih lanjut struktur atau yang disebut dengan generic structure dari sebuah review text.

Introduction

Introduction adalah bagian pengenalan topik. Pada bagian ini Kamu bisa memperkenalkan topik apa yang akan jadi bahasan pada review text yang Kamu buat. Di bagian ini Kamu juga bisa sedikit bercerita mengenai mengapa topik ini menarik untuk jadi sesuatu yang ingin Kamu bahas dan memberikan sedikit opini dari sudut pandang diri sendiri mengenai topik yang akan dibahas. Pada bagian introduction Kamu juga bisa menyinggung secara singkat apa saja poin-poin utama yang akan dibahas sebagai pancingan bagi pembaca untuk membaca teks hingga akhir.
Evaluation
Pada bagian review text yang kedua, Kamu sudah bisa mulai masuk ke objek yang jadi topik pembahasan. Misalnya Kamu akan menulis review mengenai buku yang sudah dibaca. Mulailah dengan menjelaskan mengenai judul, penulis, dan tema dari isi buku tersebut. Pada bagian ini sebisa mungkin hanya menjabarkan mengenai fakta dan bukan opini. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan kepada pembaca objek yang jadi topik bahasan review dan menempatkan pembaca pada posisi yang netral sebelum melanjutkan pada bagian review setelahnya.

Interpretation

Baru pada bagian ketiga inilah Kamu mulai menulis mengenai penilaian dari sudut pandangmu mengenai objek bahasan. Untuk memperkuat opinimu, Kamu bisa mencari data fakta yang berhubungan dengan analisa di luar konteks objek. Kamu juga bisa membandingkan objek review text dengan objek lain yang serupa misalnya untuk buku A dengan buku B, Kamu lebih suka dengan gaya penulisan pada buku B meski cerita dan konsep temanya mirip karena pada buku B Kamu bisa lebih merasakan emosi dari si karakter dari penyampaian narasinya, atau yang lainnya. Pada bagian interpretation, Kamu juga bisa menyebutkan apa yang menjadi nilai plus dan minus dari objek yang dijadikan bahan review text.

Summary

Summary adalah bagian paling akhir dari sebuah struktur review text yang merupakan kesimpulan dari review pada bagian pertama hingga bagian ketiga. Pada bagian kesimpulan ini Kamu kembali menegaskan mengenai posisimu sebagai reviewer dengan menyampaikan kembali opini yang sudah Kamu sebutkan sebelumnya namun menggunakan pilihan kata dan struktur kalimat yang lebih sederhana. Tujuannya adalah untuk menyampaikan poin-poin utama kepada para pembaca mengenai pendapatmu tentang objek review. Pada bagian ini, Kamu juga bisa memberikan rekomendasi atau saran baik yang diberikan kepada si penulis/pembuat/penggagas objek review text, atau kepada para pembaca. Rekomendasi untuk review film horor misalnya “If you are a person who doesn’t get scared easily, doesn’t even flinch when you see some blood and gore, then maybe this movie may be boring you”. Artinya, film horor tersebut tidak direkomendasikan bagi orang yang tidak takut dengan aksi-aksi yang menyeramkan dan bisa jadi membosankan.

Fitur bahasa yang dominan digunakan

1. Focus on specific participant
Maksudnya adalah konten review text yang ditulis hanya fokus pada satu objek saja sehingga menghasilkan teks         yang terstruktur dan tidak melebar ke mana-mana.
2. Using adjectives
Pada review, Kamu akan menggunakan banyak adjectives atau kata sifat yang berfungsi untuk menggambarkan          sesuatu. Seperti misalnya pada contoh rekomendasi di atas, adjectives yang digunakan adalah scared dan boring.
3. Using long and complex clauses
Review text cenderung menggunakan struktur kalimat yang majemuk dan panjang untuk memberikan penjelasan     dengan detail agar pesannya tersampaikan. Perhatikan contoh kalimat majemuk dan panjang berikut ini “The             galloping pace of the other books has slowed to a trot here, and parts of it do seem long, as if we’re reading all               about Harry “just hanging out” instead of having his usual adventures.”
4. Using metaphor
Kadang, penulis review juga menggunakan metaphor atau peribahasa untuk menyampaikan maksudnya dengan         cara yang lebih dramatis dan mengena di hati para pembacanya.

 

Contoh Review Text (Review Text example)

contoh review text
contoh review text

Sinking Ship Van Der Wijk

Introduction

Film Sinking Ship Van Der Wijk or abbreviated TKVDW an adaptation of the novel works Buya Hamka were then filmed.
This film starring some talented artists like Herjunot Ali, Pevita Pearce, and Reza Rahadian. The film is scheduled to release on December 19, 2013 and can direct you watch in cinemas kesaangan you.
The film is directed by Sunil Soraya went on to become quite popular movie in 2013.

Interpretation

Narrated, 1930 Zainudin played by Herjunot Ali set sail from their homeland toward Batipuh Makassar, Padang Panjang which is none other than his father’s birthplace. He met with the Conservation (Pevita Pearce) is a tribal interest in Minagnkabau. Hayati Zainuddin who falls in love and then give the words that can make a woman carried in every word that is arranged by Zainuddin.

After seeing the flow of the romance of the film, then the audience will begin to be shown conflicts began to emerge, such as the relationship between Zainuddin and Hayati is not approved by the ninik-mamak and tribal elders because of perceived Zainuddin still not established and has no blood Minang.

Before leaving Batipuh Zainuddin, the two wrote a pledge to be faithful to live together someday. But reality returned Zainuddin comes on when in an opera show, he met with Hayati, who was with her husband that Aziz. The love story of both are now experiencing a period of the most severe.

Evaluation

The film lasts 2.5 hours and the property shows artistic style of the 1930s. But less so convincing that the events occurred during the year. It most noticeably is the storyline that impressed lampat and there are some parts that tida kbegitu attractive at all, as shown in a scene when the character Zainuddin and Hayati was correspondence. As a result, the conflict obtained less attractive, only partially rose, but then becomes flat. The use again Nidji in backsound is less fit to accompany the film, this is because the film is set in the 1930s while the song seem modern.

Special effect when the ship sank considered mediocre and seemed a bit forced. We could see when the Titanic went down, which is due to hit the reef, in contrast to the sinking van der wijk is not very clear what was the cause of the sinking.

Summary

Setting aside a few flaws earlier, the film remains interesting to watch. Use of the right word and the costumes were slick from Samuel Wattimena make this film to be one of the best films of 2013 ago. The use poetic phrase that tends to make this film interesting and you can make referrensi to watch with her beloved family. (Sources://http://www.informasibelajar[dot]com)

Itu dulu untuk pembahasan mengenai review text beserta contohnya kali ini, sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya di    englishclass!

Pencarian Terkait:

  • contoh review text
  • contoh review
  • https://englishclas com/penjelasan-review-text-dan-contoh-review-text-terbaru/
  • contoh teks review
  • contoh text review

Check Also

Example of Explanation Text (Tsunami)

Penjelasan dan Contoh Explanation Text tentang Tsunami beserta Terjemahanya

EXPLANATION TEXT –Penjelasan dan Contoh Explanation Text tentang Tsunami beserta Terjemahanya -Hai sobat EC bagaimana …

One comment

  1. Superb inorfmation here, ol’e chap; keep burning the midnight oil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!